Cara Pendaftaran Online AKPRIND 2018/2019

Pmb.akprind.ac.id - Cara Pendaftaran Online IST AKPRIND 2018/2019 Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Sains dan Teknologi Akprind Institut Sains dan Teknologi Akprind adalah salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, perguruan tinggi swasta ini fokus pada pengajaran ilmu di bidang sains dan teknologi. Sedangkan, kata “Akprind” merupakan kepanjangan dari Amanat Keluarga Pejuang Republik Indonesia. 

Universitas Sains Teknologi Akprind atau kerap disebut dengan nama IST Akprind berada di bawah naungan Yayasan Pembina Potensi Pembangunan dan diresmikan oleh Sri Paduka Paku Alam VIII pada tanggal 7 Mei 1970. Proses belajar dan mengajar di IST Akprind didukung oleh fasilitas pembelajaran sains dan teknologi yang modern serta tenaga pendidik yang berkualitas. Tidak heran jika BAN-PT memberikan nilai akreditasi pada perguruan tinggi swasta ini berupa nilai B yang diresmikan pada tanggal 19 Juli 2014.

Cara Pendaftaran Online IST AKPRIND 2018/2019


Sekilas Tentang Institut Sains dan Teknologi Akprind

Sebelum menjadi Universitas Sains dan Teknologi Akprind, perguruan tinggi swasta ini mengalami beberapa kali pergantian nama. Ketika pertama kali berdiri IST Akprind memiliki nama Akademi Perindustrian atau Akprind dengan satu fakultas, yaitu Fakultas Teknik Industri. Fakultas Teknik Industri Akprind memiliki tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Manajemen Industri, dan Jurusan Maintenance Industri. 

Jurusan Teknik Kimia menaungi satu program studi yakni Program Studi Teknik Kimia. Jurusan Manajemen Industri memiliki satu program studi yaitu Program Studi Manajemen. Sedangkan, Jurusan Maintenance Industri memiliki dua program studi yaitu Program Studi Teknik Listrik dan Program Studi Teknik Mesin.

Kemudian, pada tahun 1984, nama Akademi Perindustrian (Akprind) diubah lagi menjadi Akademi Teknologi Industri Akprind. Akademi Teknologi Industri Akprind memiliki motto Jnanadharma yang artinya ilmu pengetahuan dan teknologi yang didapatkan selama proses pembelajaran di dalam kampus akan didedikasikan untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia. 

Setelah menjadi Akademi Teknologi Industri Akprind, fakultas, jurusan, dan program studi yang sebelumnya ada di Akademi Perindustrian (Akprind) mengalami perubahan, seperti peningkatan jenjang pendidikan yang sebelumnya Diploma III (D3) menjadi Strata Satu (S1). Sehingga, lulusan dari Akademi Teknologi Industri Akprind bukan lagi Ahli Madya (Amd), melainkan Sarjana. Hingga saat ini, IST Akprind memiliki tiga fakultas, yaitu: 

  1. Fakultas Teknik Industri (FTI), 
  2. Fakultas Teknologi Mineral (FTM), dan 
  3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). 
  4. Fakultas Teknik Industri (FTI) menaungi lima jurusan yaitu Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Kimia. 
  5. Fakultas Teknologi Mineral (FTM) hanya memiliki satu jurusan yaitu Teknik Geologi. Sedangkan, 
  6. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menaungi tiga jurusan yaitu Kimia, Fisika, dan Matematika.

Syarat Pendaftaran Universitas Sains dan Teknologi Akprind

Tujuan dari berdirinya IST Akprind adalah untuk menghasilkan sarjana yang tidak hanya ahli di bidang sains dan teknologi tetapi juga memiliki berkarakter, bermoral, berpikir kritis, berwawasan luas, dan berjiwa wirausaha. Tujuan lain dari IST Akprind adalah melakukan penelitian dan menciptakan karya di bidang sains dan teknologi yang memiliki kontribusi dalam memajukan industri Indonesia. Oleh karena itu, setiap tahunnya IST Akprind selalu memberikan peluang yang besar kepada seluruh pelajar di Indonesia yang ingin menjadi mahasiswa di Akprind. Tata cara pendaftaran mahasiswa baru di IST Akprind bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini.


Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Sebelum mendaftar, calon mahasiswa baru IST Akprind wajib melengkapi dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen persyaratan untuk calon mahasiswa baru IST Akprind antara lain:
  1. Lulus dari SMA/SMK/MA atau sederajat.
  2. Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat yang sudah dilegalisir.
  3. Fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisir.
  4. Surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit.
  5. Surat keterangan bebas narkoba.
  6. Surat keterangan tidak buta warna.
  7. Surat pernyataan bersedia mengikuti ujian seleksi masuk IST Akprind.

Melakukan Pendaftaran secara Online

Setelah semua dokumen persyaratan pendaftaran mahasiswa baru IST Akprind telah dilengkapi, maka lakukan pendaftaran online pada alamat pmb.akprind.ac.id. Pendaftaran online mahasiswa baru Akprind dibukan menjadi tiga gelombang, yaitu Gelombang I, Gelombang II, dan Gelombang III.

Proses pendaftaran online meliputi pengisian formulir pendaftaran mahasiswa baru IST Akprind, mengunggah pas foto terbaru, mengunggah scan ijazah dan SKHUN, dan memilih jurusan yang diinginkan. Setelah dokumen tersebut berhasil diunggah, maka calon mahasiswa baru IST Akprind mendapatkan informasi mengenai pembayaran biaya pendaftaran dan bukti pendaftaran.


Membayar Biaya Pendaftaran

Calon mahasiswa baru IST Akprind yang telah melakukan pendaftaran online pada alamat website yang sudah disediakan akan mendapatkan pemberitahuan untuk membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran sendiri dialokasikan untuk membiayai proses pendaftaran dan seleksi masuk mahasiswa baru IST Akprind. Besarnya biaya pendaftaran mahasiswa baru IST Akprind adalah Rp 300.000,-. Biaya tersebut dibayarkan dengan cara ditransfer melalui bank yang sudah ditunjuk oleh pihak kampus. Jika biaya pendaftaran sudah dibayarkan, calon mahasiswa baru akan mendapatkan bukti pendaftaran.


Menyerahkan Dokumen Pendaftaran ke Kampus IST Akprind

Calon mahasiswa Akprind yang telah melakukan pendaftaran secara online dan melunasi biaya pendaftaran akan diminta datang ke kampus IST Akprind untuk menyerahkan dokumen pendaftaran seperti yang sudah disebutkan di atas serta kartu bukti pendaftaran dan struk pembayaran biaya pendaftaran.


Mengikuti Ujian Seleksi Masuk IST Akprind

Calon mahasiswa IST Akprind wajib mengikuti ujian seleksi masuk IST Akprind. Ujian ini dilaksanakan pada hari yang sama dengan penyerahan dokumen. Materi yang diujikan pada ujian seleksi masuk Akprind adalah Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Matematika.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan bahwa pendaftaran khusus IST AKPRIND dibuka melalui online bagi yang berminat silahkan kunjungi situs resmi dari masing-masing kampus, demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua pendaftaran terkait dengan kampus yang sama terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play