Lowongan Kerja (Loker) Rekrutmen Alumni ISI 2024/2025


Lowongan Kerja (Loker) Rekrutmen Alumni ISI 2024/2025 - merupakan bidang yangsangat luas cangkupan materinya. Jika kebanyakan orang menerjemahkan seni dengan kegiatan melukis, menari, bernyanyi, bermain instrumen musik, peran, dan sastra maka hal itu masih sebagian kecil atau dapat dikatakan belum sepenuhnya lengkap. Begitu pula dengan pekerjaan-pekerjaan yang ditawarkan dalam bidang seni. 

Saat ini, tak hanya lulusan ekonomi, kesehatan, teknik, dan politik yang memiliki peluang besaruntuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus atau wisuda. Jurusan seni, misalnya seni rupa kini banyak dicari dan dibutuhkan oleh sebuah perusahaan besar. Tak hanya peluang, bahkan gaji yang ditawarkan pun cukup fantastis mencapai puluhan juta Rupiah dalam satu kali proyek.



Untuk yang pertama akan dibahas yakni peluang kerja lulusan Seni Rupa.

Ilustrator

saat ini, hampir seluruh kantor perusahaan membutuhkan ilustrator. Bayangkan saja, bagi perusahaan yang menciptakan produk, entah itu makanan, kosmetik, iklan, dan lain-lain pastilah membuthkan yang namanya desain visual. Mulai dari packaging, logo, ilustrasi pengiklanan, model dan bentuk produk, dan hal lain yang biasanya digunakansebagai kekuatan menarik minat konsumen dari segi fisik produk. Bahkan tidak sedikit saat ini perusahaan yang khusus berdiri untuk layanan desain visual bagi perusahaan lain yang membuthkannya.

Perancang Grafis

Terdapat lagi pekerjaan yang biasanya disebut dengan perancang grafis. Lebih luas dari ilustrator, desain grafis biasanya dibutuhkan dalam pembuatan tipografi, fotografi, grafis motion, atau ilustrasi yangsudah pasti dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan kantor terutama dalam hal pemasaran produk. Jika ilustrator biasa memegang kendali di bidang produk, packaging, dan logo, maka desain grafis lebih bergerak pada usaha mempercantik tampilan apa pun mulai dari web, flayer, dan brosur. Agar segala sesuatunya memiliki nilai estetis dan dapat menamah nilai ketertarikan konsumen.

Desainer Interior

Tak hanya jurusan arsitektur, saat ini banyak terdapat instansi perguruan tinggi yang memiliki jurusan khusus desain interior. Yang mana kelak lulusannyan dipekerjakan sebagai pengatur seni dalam ruangan atau bangunan. Sebuah ruangan akan memiliki fungsi ganda, yakni nilai fungsi atau nilai pakai, serta memiliki nilai estetika atau keindahan sekaligus. Jadi jangan heran jika para desainer interior banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk mempercantik tatanan ruangan mereka. 

Mulai dari perabotan yang dipilih, warna ruangan, hingga keefisienan ruangan tersebut. Tidak hanya perusahaan atau kantor, pemilik rumah pribadi juga banyak yang menggunakan jasa para desainer interior untuk memperindah hunian mreka. Bahkan gaji yang ditawarkan pun cukup fantastis karena bidang ini bergerak di bidang jasa.

Kurator

Adakah diantara Anda yang pernah mendengar tentang pekerjaan ini?. Kurator merupakan pengurus atau pengawas yang bertanggung jawab  mengelola dan mengawasi institusi warisan seni atau budaya, seperti museum dan galeri. Tugasdari seorang kurator adalah memilih dan mengurus objek sebuah museum atau galeri yang akan dipamerkan. Oleh karena itu, dibutuhkan seseorang yang benar-benar memiliki jiwa seni.

Peluang Kerja Lulusan Seni Tari

Guru Tari


Sebelumnya, bagi Anda lulusan jurusan seni tari tidak perlu khawatir, karena Anda saat ini sedang berada di negara yang memiliki beragam macam seni dan kebudayaan yang harus tetap dilestarikan. Hampir setiap sekolah membuthkan guru seni tari untuk pelajaran tari, terutama tari tradisional. Lulusan jurusan seni tari juga dapat membuka sanggar tari.

Pemain Teater

Dalam sebuah pertunjukan teater musikal, terdapat gerakan-gerakan gemulai dari seorang penari. Baikitu peran langsung, koreografer, hingga penari backgroung pertunjukan.

Penata Rias

Lulusan seni tari pastilah dibekali ilmu tata rias. Karena sejatinya, seorang penari akan banyak membuthkan polesan pada penampilan mereka dalam sebuah pertunjukan. Dari ilmu yang diperoleh tersebut, seorang penari dapat membuka usahanya sendiri sebagai seorang penata rias atau memiliki salon penyewaan baju-baju tari.

Peluang Kerja Jurusan Musik

Penyanyi


Sudah pasti, seorang jurusan musik memiliki pembekalan ilmu vocal atau tarik suara. Jika dapat ditekuni dan terus mengasah kemampuan, Anda dapat menjadikan diri Anda seorang penyanyi profesional dan muncul di banyak pertunjukan dan televisi.

Musisi

Musisi sudah pasti merupakan seseorang yang tahu bagaimana cara bermain nadadan alat musik. Di dunia hiburan, seorang musisi profesional memiliki bayaran yang sangat besar. Selainn itu, nama dan juga karyanya akan dapat dikenal banyak orang.

Produser Musik

Berawal dari musisi, banyak pula terdapat musisi yang beralih dan memperbesar namanya dengan menjadi seorang produser musik. Dengan menciptakan karya sendiri, hingga membangun perusahaan atau industri musik. Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) ISI Yogyakarta merupakan biro layanan online yang menawarkan informasi lowongan pekerjaan bagi para alumni Institut Seni Yogyakarta.

VISI

Menjadi pusat atau lembaga yang kreatif serta inovatif dalam melayani pengembangan karir dan kewirausahaan civitas akademika ISI Yogyakarta dengan stakeholder terkait.

MISI
  1. Meningkatkan kesiapan lulusan agar lebih profesional dan kompetitif memasuki dunia kerja
  2. Meningkatkan kerjasama dengan stakeholder (dunia kerja dan masyarakat)
  3. Mengelola kegiatan kewirausahaan serta mengembangkan budaya kewirausahaan dilingkungan civitas akademika ISI Yogyakarta.

TUJUAN
  1. Mempersingkat masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan.
  2. Mendekatkan lulusan dengan user (perusahaan,lembaga).
  3. Memberikan masukan untuk perbaikan pendidikan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dunia kerja.
  4. Mendorong lulusan untuk memiliki profesionalisme dan jiwa kwirausahaan.
  5. Menciptakan model pendidikan kewirausahaan yang sesuai dengan bidang seni.

Cara pendaftaran lowongan pekerjaan Institut Seni  Indonesia Yogyakarta juga terbilang mudah, Anda cukup mengunjungi situs cedc.isi.ac.id. untuk langkah-langkahnya ada di bawah ini :
  1. Buka situs lowongan pekerjaan ISI Yogyakarta, caranya dengan mengklik https://ppkk.isi.ac.id/cedc/
  2. Pada beranda, akan muncul beberapa informasi lowongan pekerjaan yang ditawarkan dari berbagai instansi atau perusahaan.
  3. Untuk mengetahui persyaratan dan informasi lowongan, klik lowongan dan akan segera muncul keterangan-keterangan yang telah dicantumkan oleh perusahaan atau instantsi terkait.

Apabila terdapat lowongan yangsesuai dengan kriteria Anda (syarat tercukupi) silakan kirim email yang tertera dalam keterangan lowongan atau dapat berupa alamat kontak yang perlu dihubungi. Melalui website resmi ISI para pencari kerja dapat mengajukan lamaran tidak hanya untuk mereka lulusan ISI saja tetapi untuk semua orang terutama yang berkiprah sebagai pelaku seni.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update segala ketentuan terkait dengan Lowongan kerja ISI, terutama berurusan dengan seni, jika dilihat secara rinci maka memang setiap bulan ada saja lowongan kerja baru yang dibuka, maka dari itu kalian wajib melihat lowongan kerja yang dimaksud sesuai dengan ketentuan jangan sampai ketinggalan.