Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Jayapura 2017/2018

Kabjayapura.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Kabupaten Jayapura 2017/2018 Tips Cerdas Menyikapi Tata Cara Pendftaran PPDB Online 2017 Di tahun ajaran baru 2017 pemerintah di beberapa daerah sudah mulai meresmikan system penerimaan peserta didik baru atau yang lebih akrab disebut dengan PPDB menggunakan pendaftaran online. Banyak alasan yang mendasari penggunaan system ini diantaranya adalah untuk lebih mempersingkat waktu dan mencegah tercecer nya data calon peserta didik. 

Kebijakan baru ini disambut dengan berbagai pro dan kontra bagi masyarakat yang kontra mereka belum tahu betul bagaimana caratata cara pendaftaran PPDB online di tahun 2017 ini sehingga mereka masih kesulitan untuk mendaftar sekolah. Namun bagi masyarakat yang pro menganggap bahwa penggunaan system online dapat mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran sehingga tidak perlu mengulur-ulur waktu.

Cara Pendaftaran Online PPDB Kabupaten Jayapura 2017/2018

Beberapa sekolah bahkan sudah berfikir ketika diberlakukannya system online ini maka dikhawatirkan akan mengalami server error, terutama jika animo pendaftar semakin banyak dan dalam waktu yang bersamaan mereka membuka situs yang sama pula. Untuk mengantisipasi kejadian seperti ini pihak sekolah akhirnya membuka dua system pendaftaran pada tahun ajaran baru yakni menggunakan tata cara pendaftaran ppdb online dengan manual alias offline. 

Tetapi tetap saja pihak sekolah lebih mengutamakan pendaftar yang menggunakan system online karena proses penginputan data lebih cepat menggunakan komputerisasi, tetapi bukan berarti pihak sekolah tidak akan menerima pendaftar yang melakukan secara manual hanya saja waktu yang diperlukan untuk mmeriksa berkas akan jauh lebih lama. Melihat fenomena alur pendaftaran online ini sebetulnya secara garis besar lebih mengacu pada memudahkan calon pendaftar mendaftar sekolah yang mereka inginkan namun letaknya berbeda kota atau provinsi sehingga tidak memungkinkan untuk bolak-balik dengan jarak yang cukup jauh.

Bagi kejadian yang demikian system online sangatlah membantu, tetapi yang terjadi di beberapa sekolah syang bukan berada di pusat kota sebgian besar sudah mulai menerapkan system yang demikian pula tetapi dengan diterapkannya system seperti ini justru malah membingungkan calon pendaftar, meskipun sudah diberitahukan jauh-jauh hari tentang tata cara pendaftaran ppdb online namun tetap saja masih banyak masyarakat yang kurang mengerti bagaimana prosedurnya.

Terlepas dari maraknya pembaharuan system pendaftaran dari manual menjadi online ternyata ada sedikit informasi juga bahwa di tahun 2017 ini calon peserta didik mulai dari jenjang sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah dapat memilih lebih dari satu sekolah tujuan, tata cara pendaftaran ppdb online antara pilihan sekolah pertama dengan pilihan sekolah kedua tidaklah jauh berbeda mungkin ada beebrapa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi tetapi jika tidak ada maka secara umum dan keseluruhan prosedurnya sama saja, dalam hal ini system pendaftaran online dirasa akan sangat membantu mengeefektifkan waktu pendaftaran di dua sekolah yang berbeda.

Untuk dapat memilih dua atau tiga pilihan sekolah tersebut anda tidak dapat serta merta asal memilih begitu saja, diperlukan tips dan trik khusus untuk memilihnya salah satu caranya adalah dengan melihat passing grade tahun lalu setiap sekolah. Pastikan bahwa pilihan pertama adalah sekolah yang memiliki passing grade tinggi alias sekolah favorit kemudian untuk pilihan kedua dan ketiga pilihlah sekolah yang memiliki passing grade biasa saja alias tidak termasuk dalam kategori sekolah favorit. 

Selain memperhatikan tips dan trik memilih pilihan sekolah pertama, kedua dan ketiga anda juga harus memperhatikan beberapa tips cerdas melakukan tata cara pendaftaran ppdb online di tahun 2017 ini. Sebagian besar calon pendaftar membuat kesalahan saat melakukan tata cara pendaftaran ppdb online adalah ketika mereka mengupload berkas-berkas pelengkap, mereka tidak melakukan scan secara lengkap dan melakukan pendaftaran mepet dengan batas akhir pendaftaran. 

Padahal jika menggunakan system online butuh waktu agar data sampai pada pihak panitia yang menyelenggarakan, mereka juga seringkali menganggap mudah pendaftaran system online ini tanpa mempertimbangkan jika sewaktu-waktu terjadi error jika error terjadi secara terus menerus maka akan mempengaruhi jangka waktu pendaftaran anda kebanyakan para calon pendaftar gagal karena mengira bahwa sistemsysteme adalah system satu-satunya yang hanya digunakan dalam pendaftaran tersebut padahal jika server mengalami error anda dapat melakukan pendaftaran secara manual dengan mendatangi langsung pihak sekolah yang dituju.

Berikut ini ada beberapa cara cerdas untuk menyikapi tata cara pendaftaran ppdb online di tahun 2017 yang seringkali mengalami error, agar anda tidak merasa dirugikan dengan system seperti itu:
  1. Melihat waktu pendaftaran, hindari waktu-waktu atau jam-jam yang sekiranya padat oleh para pendaftar karena hal ini akan menyebabkan server error. Carilah waktu yang sedikit lenggang agar proses lebih berjalan lancar
  2. Banyak-banyaklah bertanya pada pihak panitia jika ada prosedur atau persyaratan yang tidak dimengerti hal ini untuk mencegah anda bertindak dua kali yakni mendaftar melalui online dan melengkapi persyaratan melalui manual
  3. Kirim semua persyaratan dan formulir dalam satu waktu dan satu folder agar data anda tidak tercecer dan lebih cepat untuk diolah.

Sebelum system pendaftaran online ini diberlakukan biasnaya pihak sekolah akan memberikan pemberitahuan dan penyuluhan kepada masyarakat terlebih dahulu, mulai dari tata cara pendaftaran ppdb online sampai dengan berbagai macam persyaratannya dapat and abaca dan pahami pada sebuah situs https://kabjayapura.siap-ppdb.com, situs tersebut akan memuat dan menyajikan berbagai macam informasi terkait pendaftaran online dan berbagai informasi pendidikan lainnya yang akan semakin memudahkan anda mendaftar pad asekolah favorit.

Dari sekian banyak uraian tentang tata cara pendaftaran ppdb online terbaru di tahun 2017 ini serta bagaimana cara cerdas menyikapinya dan yang paling penting adalah bagaimana cara anda pandai-pandai mengambil waktu yang tepat untuk melakukan pendaftaran tersebut jika dalam satu sesi atau satu hari server selalu mengalami error maka cepatlah mendatangi pihak sekolah yang anda tuju dan melakukan pendaftaran secara manual.

Dari pada harus kehilangan kesempatan selama prosesi pendaftaran, namun jika server sedang tidak mengalami error maka segeralah mengirim berbagai dan semua data yang anda miliki untuk keperluan pendaftaran tersebut perhatikan secara cermat berbagai prosedur dan sistematika pendaftaran hal ini untuk mengantisipasi jika pihak panitia tidak memberikan pemberitahuan.