Beasiswa UB 2018/2019

Beasiswa.ub.ac.id - Beasiswa UB 2018/2019 Kuliah Murah di UB? Bisa! Dengan Beasiswa UB Sekolah merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan oleh anak sampai dengan usia perguruan tinggi jika mampu. Dengan sekolah kita dapat mempelajari berbagai macam hal dan menguasai berbagai kemampuan. Bag sebagian orang melanjutkan studi sampai ke universitas merupakan hal yang sangat sulit karena biaya yang sangat mahal. Banyak uang dibutuhkan untuk dapat bersekolah di perguruan tinggi. 

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada sangat banyak beasiswa yang dapat Anda dapatkan di perguruan tinggi. Berbagai beasiswa tersebut dapat membiayai sebagian bahkan seluruh biaya perkuliahan. Tidak ada alasan Anda tidak dapat melanjutkan kuliah karena biaya, selama Anda berusaha, Anda dapat melakukannya walaupun mungkin tidak semudah yang lainnya. 


Beasiswa UB 

Berbagai universitas menyediakan layanan pengurusan beasiswa sendiri. Bagi Anda yang ingin atau sudah menjadi mahasiswa universitas Brawijaya, Anda dapat mencari berbagai beasiswa UB di situs resminya. Di sana ada bayak pengumuman mengenai beasiswa yang dapat Anda pilih sesuai dengan kriteria.

Jenis Beasiswa yang Ada di UB

Universitas Brawijaya atau yang biasa disebut dengan UB merupakan salah satu universitas besar di Indonesia. Salah satu universitas negeri ini menjadi salah satu universitas favorit di jawa timur. Banyak anak yang menginginkan dapat bersekolah di sekolah tersebut. Ada banyak peluang beasiswa yang dapat Anda temukan di sini. Adapun berbagai macam beasiswa UB yang dapat Anda temukan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Beasiswa PPA dan BBP PPA

Beasiswa ini ada setiap universitas negeri, tidak hanya di UB. Beasiswa ini terbuka bagi siapa saja yang setidaknya sudah menempuh pendidikan 2 semester. Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa yang tidak mampu namun berprestasi. Adapun beasiswa yang diberikan berupa uang sebanyak Rp 350.000,- yang diberikan setiap tahun selama waktu satu atau dua semester. Di universitas Brawijaya, beasiswa ini hanya bisa di berikan kepada mahasiswa S1 atau D4 yang duduk pada semester 2 sampai dengan semester 7. 

Bagi mahasiswa D3 rentang waktu diperbolehkan mendaftar mulai dari semester 2 sampai dengan semester 5. Dalam satu universitas, UB akan menyaring sebanyak 2500 mahasiswa yang akan menerima beasiswa tersebut. Karena ini merupakan beasiswa prestasi, maka Anda harus memiliki IPK yang cukup baik dengan rata-rata IPK 3,0 untuk beasiswa PPA dan 2,75 untuk beasiswa BBP PPA. BBP PPA adalah beasiswa bantuan pendidikan yang ditujukan kepada mahasiswa yang kurang mampu.


2. Beasiswa Ikatan Keluarga Brawijaya Sangatta (IKBS)

Beasiswa lainnya datang dari Ikatan Keluarga Brawijaya Sangatta. Beasiswa ini bisa menjadi salah satu beasiswa yang sangat menarik karena nominal yang diberikan cukup besar. Lebih besar dari beasiswa PPA di atas. Para penerima beasiswa memang tidak akan menerima uang cash, tetapi dapat menerima pemotongan sampai dengan pembebasan uang kuliah per semester dengan kisaran uang semester tidak lebih dari Rp 3.000.000,-. 

Namun, beasiswa ini hanya ditujukan bagi mereka yang kurang mampu saja. Mahasiswa yang dapat mendaftar hanya mahasiswa yang memiliki golongan UKT I sampai dengan III dan masih aktif menjadi mahasiswa UB saat mendaftar. Mahasiswa yang mendaftar minimal telah menempuh sekurang nya dua semester. IPK yang dimiliki sekurang nya 3,0 dan tidak menerima beasiswa apapun dari yayasan atau pihak lainnya.


3. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa ini adalah beasiswa yang paling populer untuk mereka yang tidak mampu. Hal ini karena beasiswa Bidikmisi merupakan salah satu beasiswa yang sangat menguntungkan bagi mereka yang tidak mampu untuk dapat melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dengan berbagai jurusan yang dipilih sesuai dengan keinginan. Beasiswa ini diberikan sejak awal kuliah meliputi pembebasan uang kuliah sampai dengan lulus plus uang saku setiap bulannya. 

Pendaftaran beasiswa ini memang dari SMA masing-masing berdasarkan rekomendasi sekolah namun Anda juga dapat mencari informasinya melalui web resmi beasiswa UB dan mencari tahu apa yang harus disiapkan dan lain sebagainya. Beasiswa ini akan sangat meringankan mereka yang kurang mampu dan berprestasi untuk melanjutkan kuliah sampai jenjang S1.


4. Beasiswa dari berbagai yayasan

Ada banyak yayasan yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi ataupun yang kurang mampu. Beberapa beasiswa bahkan sangat terkenal karena memberikan beasiswa yang cukup banyak bahkan sampai dengan uang saku. Namun, semakin tinggi jumlah uang beasiswa maka akan semakin sulit mendapatkannya. Beberapa yayasan beasiswa tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Beasiswa Astra
  • Beasiswa Djarum Foundation
  • Beasiswa Supersemar
  • Beasiswa yayasan PT Daya Adi Cipta Motora

Dan masih banyak lagi berbagai jenis beasiswa yang dapat Anda pilih sesuai dengan kriteria yang Anda miliki. Dari berbagai jenis beasiswa UB yang dapat kita dapatkan, hampir semuanya mensyaratkan IPK yang cukup tinggi yaitu memiliki kisaran sekurang nya 2,75 sampai dengan 3,0. Oleh karenanya, agar kita dapat lolos sebagai penerima beasiswa, hal yang dapat kita lakukan adalah belajar sungguh-sungguh dan berusaha untuk mencapai IPK tersebut. 

Tidak ada yang mudah untuk mendapatkan beasiswa. Jika tidak memiliki uang untuk bersekolah, setidaknya kita memiliki otak yang dapat kita eksplor dan kita maksimalkan agar dapat mencapai persyaratan yang disyaratkan untuk mendaftar beasiswa. Dengan demikian, kita dapat sekolah hingga jenjang S1 dengan biaya yang minimal atau bahkan gratis dan mendapat uang saku. Siapa yang tahu? Semoga informasi ini menjadi salah satu informasi yang menambah pengetahuan Anda.
GET IT ON Google Play