Beasiswa PMDSU 2017/2018

Beasiswa.ristekdikti.go.id/pmdsu/- Beasiswa PMDSU RistekDikti 2017/2018 Menuju Gelar Doktor Dengan Beasiswa PMDSU Pemerintah Indonesia kini semakin serius dalam menangani persoalan pendidikan di tanah air. Bukan hanya pendidikan dasar dan menengah saja yang tengah menjadi perhatian pemerintah melalui adanya wajib belajar 12 tahun, namun pemerintah juga semakin serius memberikan akses untuk dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. 

Tekad pemerintah agar para penerus bangsa ini dapat melanjutkan sekolah hingga ke jenjang yang tinggi ternyata tak hanya kabar burung. Saat ini pemerintah Indonesia menyediakan banyak beasiswa untuk para sarjana S-1 yang fres graduate untuk dapat melanjutkan studi menuju doktor tanpa harus melewati jenjang master. 

Beasiswa PMDSU 2017/2018


Wah, kedengarannya ini merupakan terobosan pemerintah untuk memperbanyak lagi doktor-doktor muda di Indonesia, karena jumlahnya yang masih sedikit. Upaya pemerintah ini direalisasikan melalui kemeristekdikti atau Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui beasiswa PMDSU. Wah kira-kira apa ya yang dimaksud dengan beasiswa PMDSU?


Tentang Beasiswa PMDSU

Beasiswa PMDSU merupakan beasiswa yang difasilitasi oleh negara dalam hal ini Kemenristekdikti yang diperuntukkan untuk para sarjana muda S1 atau fresh graduate S1 untuk melanjutkan studi menuju gelar doktor tanpa melewati master atau S2. Beasiswa ini khusus untuk mereka yang ingin menjadi dosen atau mereka yang telah menyandang status sebagai calon dosen. Beasiswa PMDSU ini ditempuh selama empat tahun saja dalam menyelesaikan masa studi doktoral. 

Ada beberapa universitas yang menjadi penyelenggara dalam beasiswa PMDSU ini antara lain adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Diponegoro, Universitas Sriwijaya, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Sumatera Utara. Universitas-universitas yang telah ditunjuk oleh pemerintah tersebut merupakan universitas yang dapat menjadi pilihan bagi peserta untuk menempuh jalur beasiswa PMDSU ini. 

Untuk besar beasiswanya, pemerintah menyediakan dana untuk biaya riset maksimal Rp 60 juta per tahun, kontrak fasilitas riset dalam dan luar negeri, biaya seminar, biaya pendidikan kuliah meliputi SPP atau UKT (Uang Kuliah Tunggal), biaya hidup dan tunjangan selama menjadi mahasiswa PMDSU dan biaya administrasi.


Upaya Pemerintah Dalam Memajukan Pendidikan Bangsa

Apa yang menjadi latar belakang pemerintah menyelenggarakan beasiswa PMDSU? Beasiswa PMDSU merupakan upaya pemerintah untuk mencetak para doktor muda lebih banyak untuk dijadikan sebagai tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, mengingat jumlah doktor di berbagai perguruan tinggi di Indonesia masih sangat sedikit, apalagi jumlah doktor muda. Pemerintah mencoba memberikan akses yang mudah bagi para fresh graduate S1 untuk dapat mengakses pendidikan doktoral ini tanpa harus melalui jenjang S2 atau master. 

Setelah lulus nanti, para doktor muda ini akan ditempatkan di universitas-universitas di Indonesia untuk menjadi dosen pengajar. Hal ini sebagai upaya dalam menjawab kebutuhan Indonesia akan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi yang tinggi. Selain itu, hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memajukan pendidikan Indonesia, terutama pendidikan tinggi agar memiliki banyak tenaga pengajar profesional dan kompeten.

Saat ini ketersediaan pengajar muda atau dosen muda di Indonesia sudah semakin sedikit karena banyak dosen yang harus pensiun, padahal kebutuhan akan dosen semakin meningkat. Oleh karena itu, diharapkan beasiswa PMDSU ini dapat menjadi pintu gerbang bagi generasi muda untuk menjadi dosen-dosen dengan kompetensi keahlian yang tinggi dan ditularkan kepada para mahasiswanya kelal sebagai wujud pengabdian kepada bangsa.


Syarat Beasiswa PMDSU

Untuk dapat menjadi penerima beasiswa PMDSU ini, calon pendaftar harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu :
  1. Pendaftar adalah lulusan S1 dalam tiga tahun terakhir setelah lulus
  2. Memiliki IPK Minimal 3.25 setelah menempun S1
  3. Mendaftar secara online pada website www.beasiswa.dikti.go.id/pmdsu

Selain persyaratan di atas yang harus dipenuhi oleh pendaftar, adapun beberapa tahap yang harus diikuti oleh pendaftar, yaitu :
  1. Peserta dapat mendaftar pada website www.beasiswa.dikti.go.id/pmdsu.
  2. Di dalam website www.beasiswa.dikti.go.id/pmdsu ini terdapat daftar nama calon promotor. Calon promotor tersebut dapat dipilih peserta untuk menjadi promotor atau pembimbing. Sebelum memilih, peserta dapat melihat beberapa informasi menyangkut mereka seperti profil promotor, jenjang studi, riset yang pernah dilakukan, dan lain-lain.
  3. Sebelum memilih, pendaftar dapat melakukan konsultasi dengan calon promotor yang ingin dipilih untuk menanyakan kesediaannya menjadi pembimbing peserta. Keputusan siapa yang akan dijadikan mahasiswa bimbingan ada di tangan promotor.
  4. Dalam mendaftar program studi, pendaftar harus mendaftar pada universitas dimana promotor berada.
  5. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri ke program pasca sarjana dimana promotor berada. Untuk syarat pendaftaran menyesuaikan persayaratan dari universitas tersebut.

Keuntungan Mengikuti Beasiswa PMDSU

Ada beberpa keuntungan yang dapat Anda peroleh apabila Anda dapat mengikuti beasiswa PMDSU ini, antara lain :

1. Anda dapat melanjutkan kuliah doktor dalam status Anda sebagai fresh graduate S1

Sebagai fresh graduate, banyak orang yang memtuskan untuk bekerja dan tidak melanjutkan kuliah, terlebih sampai ke jenjang S3 atau doktoral. Namun, dengan beasiswa PMDSU ini di usia yang masih muda, Anda dapat mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang S3 atau doktoral.

2. Tidak harus melalui master

Apabila Anda mengikuti tahap reguler atau normal, untuk menuju S3 Anda harus terlebih dahulu melalui jenjang studi master atau S2. Namun, dengan mengikuti beasiswa PMDSU ini, Anda tidak harus melalui jenjang master, namun dapat langsung menuju ke jenjang doktor,

3. Biaya ditanggung pemerintah RI


Dengan mengikuti beasiswa PMDSU ini, seluruh biaya selama Anda studi ditanggung pemerintah Indonesia, mengingat apabila menggunakan dana pribadi untuk sekolah S3 membutuhkan biaya yang cukup mahal.

4. Mengabdi pada bangsa

Ini merupakan kesempatan Anda untuk dapat mengabdi pada bangsa dengan menjadi dosen setelah lulus dari program beasiswa PMDSU ini. Melalui pendidikan Anda dapat memajukan generasi muda dengan mengajarkan kompetensi keahlian Anda untuk mencetak generasi penerus yang cemerlang di masa mendatang.


Penutup

Semua informasi mengenai beasiswa PMDSU sudah dijelaksan diatas pada dasarnya untuk bisa mengikuti pendaftaran peserta harus melengkapi semua berkas pendaftaran jika dilihat secara rinci mengenai hal tersebut maka bisa dipastikan bahwa mereka yang tidak memenuhi syarat atas kelengkapan pendaftaran tidak akan bisa meneruskan pendaftaran.

Perlu dingat bahwa beasiswa PMDSU merupakan beasiswa megister menuju doktor sangat cocok untuk anda meski begitu syarat dan kelengkapan mengenai pendaftaran memang terbilang cukup seleksif apapun itu apabila kita sudah berminat pasti akan terwujud, semoga informasi yang sudah diberikan dapat bermanfaat terutama yang sedang mencari informasi beasiswa ini terima kasih semoga berhasil.