Beasiswa Mandiri 2017/2018

Beasiswa Mandiri - Info Beasiswa Mandiri 2017/2018 Mengenai Beasiswa Mandiri dan Cara Mengikutinya Apakah ada dari Anda yang sedang sibuk mempersiapkan pendidikan lanjut setelah lulus SMA? Dari waktu ke waktu, standarisasi pendidikan di Indonesia kian meningkat. Membuat sebagian besar orang terus berupaya dapat menempuh pendidikan setinggi mungkin. Sama halnya dengan para pelajar yang sebentar lagi lulus. 

Tidak sedikit yang berpikir untuk langsung bekerja, namun tidak sedikit juga yang berpikir untuk melanjutkan pendidikan kuliah. Bagi yang berpikir dan berkeinginan ingin melanjutkan pendidikan kuliah, biaya kuliah yang cukup tinggi sering menjadi salah satu kendala. Maka program beasiswa seperti beasiswa Mandiri banyak dicari. Selain untuk meringankan pengeluaran biaya, ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan ketika Anda mendapatkan beasiswa tersebut.

Beasiswa Mandiri 2017/2018


Jenis beasiswa serta lembaga atau organisasi yang menaunginya bermacam-macam. Mulai dari beasiswa resmi dari pemerintah, hingga perusahaan-perusahaan. Termasuk salah satunya Bank Mandiri yang rutin sejak tahun 2007 menawarkan program beasiswa. Tentu dengan sejumlah tujuan positif. Bagi Anda yang berminat mengikuti program beasiswa dari Bank Mandiri,  berikut ulasannya sebagai penambah informasi seputar beasiswa Mandiri yang setiap tahun diadakan. Program ini bekerjasama dengan berbagai instansi dan universitas. Ini juga dapat menjadi salah satu solusi untuk mendapat pendidikan lanjut dengan biaya yang lebih ringan atau bahkan gratis.

Tujuan dan Latar Belakang Program Beasiswa Bank Mandiri

Indonesia merupakan negara berkembang yang masih terus berproses menjadi lebih baik. Tingkat kemiskinan penduduk Indonesia cukup mengkhawatirkan dan hal ini semakin memperkecil penduduk Indonesia untuk menempuh pendidikan yang tinggi. Bahkan masih banyak sekali yang belum duduk di bangku sekolah. Karena itu lah perlu banyak bantuan dari pihak-pihak yang memang menyadari seberapa daruratnya tingkat pendidikan Indonesia. 

Bank mandiri dengan beasiswa Mandiri menjadi salah satu pihak yang memiliki kesadaran akan masalah tersebut. Sebab semakin rendahnya tingkat pendidikan penduduk di sebuah negara, semakin rendah pula tingkat kesejahteraannya. Dari segi pemerataan pun, pendidikan di Indonesia belum masuk dalam tingkat yang baik. Program beasiswa membantu untuk meratakannya dan memberi peluang bagi mereka yang memang memiliki kesadaran untuk menempuh pendidikan lebih tinggi, namun memiliki kendala khususnya di masalah pembiayaan.

Program Beasiswa yang Ditawarkan

Dengan gerakan ‘Mandiri Peduli Pendidikan’ Bank Mandiri menawarkan program bernama Beasiswa Mandiri Berprestasi. Program ini diadakan secara rutin setiap tahun. Untuk menyalurkan beasiswa, Bank Mandiri bekerjasama dengan sejumlah instansi dan universitas di antaranya:

1. Putera Sampoerna Foundation
Beasiswa yang ditawarkan dari program beasiswa Mandiri Putera Sampoerna Fondation ini fokus untuk mengembangkan mereka yang memiliki prestasi untuk menghadapi segala tantangan global. Serta mencetak wirausahawan Indonesia yang siap membantu kesejahteraan penduduk Indonesia. Juga melahirkan calon-calon pemimpin masa depan. Program Putera Sampoerna Fondation sendiri telah berdiri sejak tahun 2001 untuk ikut serta menaikan tingkat pendidikan di Indonesia.

2. Gerakan Nasional Orang Tua Asuh

Geraakan Nasional Orang Tua Asuh atau GNOTA adalah sebuah yayasan yang berdiri dengan tujuan meningkatkan potensi anak-anak Indonesia. GNOTA mendukung program wajib belajar 9 tahun bagi para anak Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 1996. Selain memberi paket pendidikan, mereka juga memberi bantuan berupa biaya untuk membantu anak-anak dan keluarga tidak mampu.

3. Pusat Studi Quran

Sesuai namanya, beasiswa Mandiri yang disalurkan melalui lembaga ini memiliki tujuan utama untuk mengembangkan pendidikan mereka yang berminat dan memiliki riwayat pendidikan Agama Islam. Seperti jurusan pendidikan Tafsir, Guru dan Dosen Agama Islam, Da’i, Huffazh, dan lainnya.

4. Yayasan Karya Salemba Empat

Yayasan Karya Salemba Empat berupa yayasan yang sudah berdiri sejak tahun 1998 oleh mahasiswa Universitas Indonesia dengan tujuan utama meningkatkan tingkat pendidikan penduduk Indonesia. Awalnya yayasan ini berdiri dalam rangka memperbaiki ekonomi negara Indonesia melalui jalur pendidikan, seiring waktu kian berkembang dengan berbagai tujuan positif lainnya. Selain menawarkan beasiswa, yayasan ini juga rutin mengadakan donasi buku.

Bantuan Peningkatan Sistem Pendidikan Dari Bank Mandiri

Bukan hanya program-program berupa beasiswa Mandiri yang disalurkan melalui institusi dan universitas, Bank Mandiri juga melakukan banak program lainnya yang juga memiliki tujuan utama dalam meningkatkan tingkat pendidikan penduduk Indonesia. Bantuan tersebut di antaranya:
  • Mandiri Edukasi
  • Penghargaan Guru Berprestasi
  • Mandiri Sarana Pendidikan

Cara Mengikuti Beasiswa Mandiri

Bagi Anda yang tertarik untuk menempuh pendidikan kuliah dengan beasiswa dari Bank Mandiri dapat mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN umum dengan beasiswa Bidik Misi. Syarat dan ketentuannya:
  1. Mengikuti SNMPTN  dan memenuhi PDSS.
  2. Sekolah yang menaungi wajib telah terdaftar dan memiliki NISN.
  3. Memiliki prestasi yang cukup dan minimal memenuhi rata-rata yang telah ditetapkan.
  4. Nilai rapor telah terisi penuh sampai Semester 7.
  5. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh universitas bersangkutan.
  6. Mendaftar sebagai siswa tidak mampu di program Bidik Misi.
Selama Anda memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan, peluang lulus seleksi beasiswa semakin besar. Anda juga wajib mengikuti peraturan yang telah berlaku. Memang persaingan untuk mendapatkan beasiswa tidak lah ringan, sehingga perlu niat yang kuat dan usaha yang keras untuk menggapainya. 

Biasanya masing-masing sekolah setiap tahunnya akan memberi pengumuman mengenai beasiswa ini. Selain dari Bidik Misi, Anda juga dapat mencari infromasi beasiswa Mandiri lainnya dari institusi yang diajak kerjasama. Semoga ulasan ini menambah informasi dan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.