Beasiswa Malaysia 2017/2018

Beasiswa Malaysia - Berita Beasiswa Malaysia 2017/2018 Info Beasiswa Malaysia Terbaru Sepertinya minat untuk menempuh pendidikan di luar negeri kian meningkat di Indonesia. Tidak sedikit yang mengejar pendidikan kuliah di luar negeri dengan berbagai alasan dan dengan berbagai cara. Misalnya melalui beasiswa yang tentunya punya kelebihan tersendiri khususnya bagi kita yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri, namun terkendala akan biaya. 

Ada banyak negara yang menawarkan beasiswa secara resmi melalui pemerintah Indonesia, salah satunya adalah Negeri Jiran, Malaysia. Beasiswa Malaysia banyak dituju karena letak negaranya yang tidak jauh dari Indonesia dan dari segi gaya hidup serta budaya tidak banyak berbeda. Kerjasama antara Indoensia dan Malaysia memang cukup baik termasuk dalam hal-hal yang berhubungan dengan peningkatan kehidupan masing-masing penduduk di negara bersangkutan.

Beasiswa Malaysia 2017/2018

Program beasiswa resmi dari Malaysia berupa MIS atau Malaysian International Scholarship. Beasiswa Malaysia internasional ini ditujukan untuk semua negara termasuk Indonesia. Sasaran utama hampir sama dengan program beasiswa lainnya yaitu untuk membantu mahasiswa berprestasi, baik dari segi akademik, mau pun akademik di mancanegara. Sehingga melahirkan orang-orang berbakat dan berilmu yang menguasai banyak bidang. Nantinya yang terpilih akan mendapat banyak hal positif seperti pemberian fasilitas untuk mendukung meningkatkan kehidupan.

Program Rutin Setiap Tahun

Memang rata-rata program beasiswa resmi dari pemerintah suatu negara selalu dibuka secara rutin setiap tahun. Begitu juga dengan beasiswa Malaysia yang setiap tahun dibuka dengan melibatkan 24 universitas. Kedua puluh empat universitas tersebut di antaranya UTM (Universiti Teknologi Malaysia), USM (Universiti Sains Malaysia), UM (Universiti Malaya), UiTM (Universiti Teknologi Mara), UPM (Universiti Putra Malaysia), IIUM/UIAM (Universiti Islam Antarabangsa Malaysia), UTEM (Universiti Teknikal Malaysia Melaka), USIM (Universiti Sains Islam Malaysia), UNIMAP (Universiti Malaysia Perlis), UTP (Universiti Teknologi Petronas), UKM(Universiti Kebangsaan Malaysia), UNITEN (Universiti Tenaga Nasional), INCEIF (International Centre For Education In Islamic Finance), MMU (Multimedia University), serta universitas-universitas lainnya.

Sasaran Program Beasiswa

Setiap program beasiswa biasanya memiliki sasaran masing-masing. Untuk program beasiswa Malaysia resmi dari pemerintah ini memiliki sasaran utama bagi mereka yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2 (pascasarjana) dan S3 (postdoktoral). Ada pun syarat dan ketentuan yang berlaku dan wajib dipenuhi terdiri dari:
  1. Usia peserta tidak melebihi batas yaitu maksimal 40 tahun (program pascasarjana) dan 45 tahun (program postdoktoral).
  2. Memiliki prestasi berupa: IPK minimal 3,5 sampai 4,0.
  3. Jumlah buku sebagai portfolio tidak sedikit (untuk program postdoktoral).
  4. Mahir dalam berbahasa asing khususnya yang telah ditetapkan PBB sebagai bahasa internasional seperti Bahasa Inggris. Peserta dapat membawa sertifikat IELTS dan TOEFL yang didapatkan maksimum 2 tahun terakhir,
  5. Melampirkan surat keterangan dari dokter bahwa kondisi kesehatan stabil dan prima.
  6. Melampirkan proposal yang berhubungan dengan bidang studi yang dipilih.
  7. Sudah terdaftar dan diterima di universitas yang dipilih.
  8. Mengajukan permohonan beasiswa secara online.
  9. Melengkapi dokumen data pribadi sebagai Warga Negara Indonesia yang ingin bersekolah di luar negeri.
  10. Memiliki kemampuan komunikasi, menulis, dan membaca yang baik dengan Bahasa Inggris.

Tahap Seleksi Beasiswa Malaysia

Tahapan seleksi terdiri dari beberapa proses. Pada intinya di awal pihak penyeleksi akan memeriksa kelengkapan dokumen dan data, juga melihat apakah syarat dan ketentuan telah dipenuhi peserta bersangkutan. Termasuk dengan kriteria utama yang berhak mengajukan permohonan beasiswa. Berikutnya akan dilihat prestasi yang dimiliki baik secara akademik, mau pun non-akademik. Tahap selanjutnya adalah seleksi dengan proses ujian tertulis dan interview. 

Pihak penyelenggara beasiswa Malaysia biasanya memberi edaran khusus bagi para peserta tentang tahap seleksi yang nantinya akan dihadapi masing-masing peserta. Kebanyakan mencari individu yang memiliki prestasi membanggakan dan dinilai dapat berguna bagi negara atau dapat dibilang individu yang berkualitas.

Prioritas Terhadap Bidang Studi

Program beasiswa yang diadakan secara resmi oleh pemerintah lebih meluas dalam hal bidang studi yang diberikan sebagai pilihan. Untuk beasiswa dari Malaysia sendiri melalui program Malaysian International Scholarshipmemiliki area bidang studi di antaranya Sains dan Teknik, Perikanan dan Pertanian, Keuangan Berbasis Islam dan Ekonomi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Biosekuritas dan Keamanan pangan, Bioteknologi, Infrastruktur dan Utilitas, Kesehatan, serta Studi Lingkungan. Peserta beasiswa Malaysia boleh menyesuaikan bidang studi dengan universitas atau institusi yang dipilih. Karena masing-masing universitas memiliki andalan jurusan masing-masing. Ada baiknya untuk memilih bidang studi yang sesuai dengan jurusan sebelumnya saat menempuh jenjang S1 dan S2.

Kelebihan Memilih Malaysia Sebagai Negara Untuk Menempuh Pendidikan

Sudah yakin dengan keputusan memilih Negeri Jiran sebagai negara untuk menempuh pendidikan lebih lanjut? Kalau belum, berikut kelebihan-kelebihan yang dapat kamu pahami saat memutuskan Malaysia menjadi negara pilihan dalam menempuh pendidikan.
  1. Sistem pendidikan yang berkualitas : Banyak yang menilai sistem pendidikan di Malaysia cukup berkualitas dan terjamin karena pertumbuhan juga perkembangan negaranya yang pesat.
  2. Dapat mengikuti kerja part-time : Kuliah di Malaysia sebagai warga asing diperbolehkan mengikuti kerja part-time untuk menambah penghasilan dan bertahan hidup di Malaysia.
  3. Mudah berinteraksi : Rata-rata pengantar kuliah di perguruan tinggi Malaysia menggunakan Bahasa Inggris sehingga mempermudah komunikasi.
  4. Erat dengan budaya : Kelebihan lainnya tentu karena Malaysia masih memegang teguh budaya asli mereka sebagai Negara Melayu.
  5. Biaya hidup terjangkau : Terakhir, karena biaya hidupnya yang terjangkau dan tidak jauh dari biaya hidup di Indonesia.

Semoga ulasan mengenai beasiswa Malaysia ini menambah informasi bagi Anda. Maka dapat disimpulkan Beasiswa Malaysia ini diberikan langsung oleh pihak kampus dari beberapa kampus yang telah disebutkan untuk bisa mendapatkan beasiswa anda harus mengunjungi situs resmi kemudian cari beasiswa yang diajukan, paling banyak beasiswa yang akan diperoleh adalah khusus Calon dosen dan Guru.

Selain itu sistem masih banyak yang informasi yang lainnya namun untuk bisa mengikuti sesuai dengan ketentuan yang sudah disebutkan maka sesuai dengan ketentuan, semoga informasi yang telah kami berikan bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua informasi Beasiswa yang ada siapa tau bisa ikut serta dalam dan mendapatkan beasiswa ke Malaysia terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play