Beasiswa Kemenag 2017/2018

Scholarship.kemenag.go.id - Beasiswa Kemenag 2017/2018 berikut Beasiswa Kamenag yang Ditawarkan Setiap Tahun Pemerintah Indonesia selalu berupaya meningkatkan tingkat pendidikan warga Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan sistem pendidikan yang terus dibenahi dan dikembangkan. Selain itu pemerintah juga banyak sekali program yang dibuat termasuk beasiswa Kamenag atau beasiswa dari Kementerian Agama. Program beasiswa ini diadakan dan ditawarkan secara rutin setiap tahunnya. 

Mungkin ada dari Anda yang sedang mengincar beasiswa dari Kamenag untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, di bawah ini sedikit ulasannya. Setiap tahun memang selalu ada banyak penawaran program beasiswa yang rata-rata bekerjasama dengan pemerintah. Mulai beasiswa dalam negeri, sampai beasiswa luar negeri. Rata-rata tujuan utamanya sama yaitu meningkatkan tingkat pendidikan di Indonesia.


Beasiswa Kemenag

Beasiswa Tahunan Kementerian Agama
Beasiswa bukan sekadar program yang berupa memberi fasilitas biaya untuk menempuh pendidikan lebih tinggi, tetapi juga bentuk gerakan dalam meningkatkan kesadaran akan pendidikan. Masih banyak warga Indonesia yang belum sepenuhnya sadar betapa penting pendidikan dan menginjak bangku sekolah. Tidak hanya itu saja, beasiswa juga diberikan ke pada mereka yang telah memiliki gelar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. 

Seperti beasiswa Kamenag yang fokus diperuntukan untuk para dosen berstatus tetap dan tenaga pendidikan perguruan tinggi. Beasiswa ini memiliki kegiatan utama yaitu melanjutkan jenjang S3 dengan biaya beasiswa penuh dengan durasi 6 semester, serta 2 semester tambahan (perpanjangan). Ada dua macam beasiswa dari Kamenag yang bernama Beasiswa Program 500 Doktor. Kedua macam beasiswa tersebut adalah:

A. Beasiswa Dalam Negeri

Program beasiswa S3 dari Kamenag dengan tujuan dalam negeri terdiri dari beasiswa penuh. Dengan durasi waktu kuliah 6 semester dan 2 semester perpanjangan. Biaya yang ditanggung pihak Kamenag berupa biaya-biaya yang sesuai dengan SK Rektor universitas bersangkutan, SPP, dan biaya ujian atau dapat digolongkan sebagai biaya pendidikan. Selain itu yang mendapatkan beasiswa ini juga akan mendapat biaya mahasiswa yang berupa biaya pendaftaran, biaya operasional (biaya hidup), uang buku, juga biaya riset. Kuota untuk beasiswa dalam negeri dalam beasiswa Kamenag memang lebih banyak dibanding yang ke luar negeri.

B. Beasiswa Luar Negeri

Program beasiswa S3 dari Kamenag dengan tujuan luar negeri terdiri juga dari beasiswa penuh. Program ini diberi waktu maksimal 4 tahun untuk para peserta beasiswa menyelesaikan pendidikannya. Biaya yang ditanggung dari pihak Kamenag berupa biaya hidup untuk menempuh pendidikan selama 4 tahun, biaya settlement, asuransi, biaya buku, biaya tiket pulang pergi Indonesia dengan negara tujuan, biaya bagi keluarga yang akan dimberikan mulai pada tahun kedua, biaya riset (tidak sepenuhnya), dan biaya untuk bergabung dalam international conference. Beasiswa Kamenag program S3 luar negeri ini juga menyediakan biaya khusus penguatan dalam akademik dan bahasa asing seperti biaya hidup untuk mengikuti pelatihan (saat masih di Indonesia), biaya ujian IELT dan TOEFL, dan biaya-biaya lainnya dalam masa yang sama.

Syarat dan Ketentuan Mengikuti Seleksi Beasiswa Dari Kementerian Agama

Sama seperti program beasiswa pada umumnya, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh para peserta. Syarat dan ketentuan beasiswa Kamenag tersebut meliputi:

Syarat-Syarat
  1. Peserta merupakan dosen tetap PNS Kamenag. Para dosen tetap PNS yang memiliki tempat tugas di PTKI Negeri/Swasta dan DPK pada PTKI Swasta berhak mengikuti program beasiswa ini.
  2. Peserta merupakan dosen tetap non-PNS Kamenag. Para dosen tetap non-PNS yang memiliki tempat tugas di PTKI Negeri (minimal telah bekerja 2 tahun) dan Fakultas Agama Islam di PTU berhak mengikuti program beasiswa ini.
  3. Peserta merupakan dosen tetap PNS atau non-PNS Pendidikan Agama Islam di PTU
  4. Dosen tetap yang memiliki perjanjian kerja.
  5. Tenaga kependidikan di PTKI serta PNS Eselon (Direktorat Pendidikan Islam Kemenag).

Ketentuan
  1. Peserta beasiswa Kamenag mempunyai gelar Magister atau S2 dari program studi dengan akreditasi yang disahkan oleh pihak BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Atau juga yang statusnya sudah disetarakan (bagi perguruan-perguruan tinggi di dalam negeri).
  2. Bidang studi yang ingin dipilih dibutuhkan untuk mengembangkan program studi institusi-institusi yang bersangkutan.
  3. Bersedia untuk menandatangani dan menyetujui kontrak beasiswa.
  4. Usia peserta maksimum 47 tahun, dihitung dari tanggal melakukan pengajuan berkas.
  5. Mendaftarkan diri secara resmi atau registrasi online melalui halaman  pendaftaran resmi beasiswa Kamenag yaitu scholarship.kemenag.go.id.

Tentu saja ada persyaratan khusus yang ditujukan pada masing-masing jenis program yaitu dalam negeri dan luar negeri. Persyaratan tersebut di antaranya bagi pengajuan beasiswa dalam negeri adalah mengirim surat permohonan mengikuti Program 5000 Doktor ke pada pihak Dirjen Pendidikan Islam (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam dan menyertai pengantar dari Rektor atau pimpinan perguruan tinggi. 

Selain itu juga wajib mengirim data-data pribadi yang terdiri dari daftar riwayat hidup, SK pertama dan terakhir, salinan KTP, salinan ijazah dan transkip nilai, NIDN atau NIDK, surat rekomendasi, surat keterangan bahwa tidak sedang mendapat bantuan dari Kamenag dan lembaga lainnya, surat keterangan siap mengapdi dan kembali bertugas, serta surat kesediaan untuk dipindah tugaskan.

Sementara untuk persyaratan pengajuan beasiswa Kamenag program luar negeri hampir sama dengan dalam negeri. Tetapi ada beberapa yang wajib diikuti sertakan seperti sertifikat bahasa asing, memenuhi nilai minimal TOEFL dan TOAFL, lampiran rencana penelitian, rekomendasi dari profesor, dan Letter of Acceptance bila ada yang bisa didapatkan jika Anda adalah peserta prioritas. Apabila ingin mendaftar silahkan akses situs scholarship.kemenag.go.id atau pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id.