Beasiswa China 2017/2018

Beasiswa China - Khusus Beasiswa China 2017/2018 Informasi Beasiswa ke China Terbaru Sekarang kuliah di China sudah bukan lagi sekedar mimpi. Saat ini sudah banyak beasiswa ke China yang diperuntukkan untuk pelajar internasional termasuk pelajar Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara yang diberikan berbagai kesempatan bagi warga negaranya yang ingin menuntut ilmu di China. 

Beasiswa yang ditawarkan oleh China ini bervariasi mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3. Beasiswa ke China yang diberikan bukan hnay berasal dari pemerintah atau institusi saja, namun juga dari pihak universitas dan peemrintah daerah yang turur memberikan beasiswa baik secara parsail maupun full scholarship. Sebelum kamu mengajukan diri untuk mendaftar ke salah satu beasisa China, ada baiknya kamu menguasai bahasa Mnadarin terlebih dahulu. 



Hal ini sangat penting karena segala sesuatu yang berhubungan dengan beasiswa ke China akan selalu berhubungan dengan bahasa Mandarin, contohnya untuk mengisi blanko dokumen, mendaftarkan diri, dan mengirim berkas-berkas sudah pasti menggunakan bahasa Mandarin. Walaupun ada juga yang menggunakan bahasa Inggris, namun jumlahnya lebih sedikit dan pastinya akan lebih banyak menggunakan bahasa Mandarin. Jadi sangat penting untuk kamu yang ingin mendapatkan beasiswa ke China untuk belajar bahasa Mnadarin terlebih dahulu sebelum mengajukan beasiswa. Berikut ini adalah beasiswa yang bisa kamu ajukan jika ingin belajar di China.


Jenis Beasiswa China

A. Chinese Government Scholarship


Bagi kamu yang ingin melanjutkan S1, S2, atau S3, dan sedang mencari full scholarship maka dapat mendaftarkan diri ke Chinese Government Scholarship. Beasiswa ini adalah beasiswa yang terkenal dan paling banyk dicari dianatara beasiswa ke China lainnya. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, asrama, buku, uang saku sebesar 1400 hingga 2000 yuan per bulan, serta asuransi kesehatan. Untuk mendaftarkan diri ke beasiswa ini, maka kamua harus mempunyai passport karena ada kolom yang harus mengisikan nomor passport kamu.

Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk mendaftarkan diri. Cara pertama adalah mendaftarkan langsung ke universitas yang kamu inginkan dan cara yang kedua yaitu dengan mendaftarkan diri melalui kedutaan besar China yang ada di Jakarta. Yang dimaksud dengan universitas yang diinginkan kurang lebih mirip dengan SNMPTN di Indonesia dimana kamu akan memilih 3 universitas yang menjadi tujuan kamu dan yang akan menerimamu. 

Nah, di pilihan pertama sebaiknya kamu mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Memang dengan mendaftarkan diri langsung ke universitas yang kita pilih akan menelan biaya yang cukup mahal karena kamu harus mengirim dokumen-dokumen langsung ke China. Namun ada yang mengatakan bahwa jika kita mendaftarkan langsung ke universitas tujuan maka peluang untuk diterima beasiswa tersebut akan jauh lebih besar.

Yang perlu diingat jika mendaftarkan diri melalui cara pertama adalah bahwa kamu harus memperhatikan syarat tambahan yang diminta pihak universitas. Biasanya tiap universitas mempunyai syarat tambahan tertentu. Jadi sering-seringlah cek laman resmi yang bersangkutan untuk mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi. Selain syarat tambahan, perlu diingat juga tanggal penutupan pendaftaran atau deadline. 

Jangan sampai kamu tida tahu kapan pendaftaran beasiswa ini ditutup karena tiap universitas mempunyai batas penutupannya sendiri sesuai dengan kebijakan universitas. Cari tahu juga kontak yang bisa dihubungi dari universitas tujuan tentang cara pendaftaran Chinese Government Scholarship ini. Setelah semua dokumen dikirim ke universitas pilihanmu, maka pihak univeristas akan menyeleksi berkas-berkas yang mereka terima. Akan ada pengumuman bagi peserta yang lolos ke tahapan wawancara. 

Jika kamu lolos tahap selanjutnya, maka tidak perlu khawatir karena kamu tidak perlu terbang ke China. Proses wawancara akan dilakukan melakui Skype, karena tentunya tidak mungkin setiap calon mahasiswa harus datang langsung ke universitas pilihan. Setelah tahap wawancara, maka tunggulah pengumumannya dan jika kamu diterima maka kamu mendapatkan Chinese Government Scholarship.


Cara yang kedua adalah mendaftarkan diri melalui kedutaan China yang ada di Jakarta. Ada juga yang berkata bahwa mendaftarkan diri melalui kedutaan China kemungkinan besar akan diterima. Cara ini memang lebih mudah daripada cara pertama karena tidak akan memakan biaya besar. Kamu hanya perlu melengkapi persyaratan yang tertera di web Chinese Government Scholarship dan tidak ada syarat tambahan seperti apa yang diminta pihak universitas. Untuk proses pengiriman dokumen pun tidak butuh biaya yang besar karena kmau hanya perlu mengirimkan dokumen ke Kedutaan China di Jakarta jadi pengiriman biayanya pun kecil. Karena itulah banyak orang yang memilih cara ini.


B. Chinese University Program

Sama seperti Chinese Government Scholarship, beasiswa ke China yang satu ini adalah full scholarship. Namun jenjang pendidikan yang dicover biayanya hanyalah S2 dan S3 saja. Sama seperti beasiswa sebelumnya, beasiswa ini mencakup biaya kuliah, uang saku, asrama, buku, dan asuransi kesehatan.

C. China/AUN Scholarship Program

Beasiswa yang satu ini adalah beasiswa yang diberikan untuk pelajar di negara ASEAN. Beasiswa ini adalah hasil perjanjian antara China dengan negara-negara ASEAN untuk mendukung pertukatan pelajar, guru, dan dosean antara negara-negara ASEAN dengan China. Beasiswa ini adalah full scholarshop yang diberikan untuk program, S2 dan S3.


D.Tianjin Government Scholarship

Peemrintah Tianjin mengadakan program beasiswa ini dengan tujuan untuk mempromosikan pendidikan perkuliahan bagi mahasiswa internasional di Tianjin, meningkatkan perkembangan pengetahuan di ranah ilmu penelitian sains, dan pertukaran kebudayaan. Karena itulah peemrintah Tianjin pun menyediakan Tianjin Government Scholarship.


Demkian 4 beasiswa ke China yang dapat mewujudkan mimpi kamu yang ingin menuntut ilmu ke negeri China. Semoga apa yang telah diberikan bisa bermanfaat untuk kita semua jangan lupa pastikan anda update semua ketentuan pendaftaran hanya disini melalui informasi ini kita akan terus berikan beberapa beasiswa unggulan baik dalam maupun luar negeri, semoga bisa bermanfaat, dan dapat mewujudkan cita-cita anda dimasa yang akan datang.

Agar semua bisa terealisasi dengan baik peserta harus pastikan beasiswa yang akan diikuti sudah memenuhi syarat agar bisa diikuti, jika beberapa informasi mengenai beasiswa ini dapat menjawab apa yang anda cari maka silahkan segera cek jadwal pendaftaranya, namun jika belum dimengerti anda wajib searcing dari masing-masing beasiswa yang sudah disebutkan kemudian periksa situs resminya. Pendaftaran Beasiswa ke China dapat diakses melalui situs Beasiswa China di link http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/.
GET IT ON Google Play