Beasiswa BI 2017/2018

GenBI - Beasiswa BI 2017/2018 khusus Beasiswa Bank Indonesia 2017 Beasiswa menjadi suatu hal yang paling diinginkan pelajar, tidak terkecuali mahasiswa. Beasiswa merupakan sebuah bantuan yang diberikan oleh lembaga, instansi atau perorangan dengan cara memperingan biaya pendidikan seseorang. Pintar dan berprestasi menjadi syarat mutlak untuk mendapatkan beasiswa. Namun beasiswa sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. 

Ada beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dan berasal dari keluarga yang kurang berada, dan juga beasiswa yang diberikan kepada semua mahasiswa yang berprestasi baik dari keluarga kaya maupun miskin. Salah satu jenis beasiswa yang dapat diperoleh oleh mahasiswa strata satu yaitu beasiswa Bank Indonesia. Hampir setiap tahun Bank Indonesia mengeluarkan beasiswa dengan syarat dan ketentuan untuk penerima beasiswa.

Beasiswa Bank Indonesia 2017/2018


Informasi beasiswa Bank Indonesia dan Tujuannya


Hampir serupa dengan jenis beasiswa lainnya, beasiswa Bank Indonesia tentu memiliki tujuan dengan adanya beasiswa ini. Tujuan keberadaan beasiswa ini yaitu untuk meningkatkan kualitas generasi muda terutama bagi para mahasiswa. Beasiswa ini juga menjadi bagian kegiatan sosial yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Kisaran beasiswa yang dikeluarkan juga bernilai cukup bervariasi dan terbilang cukup menggiurkan, yaitu sekitar Rp 500.000,- hingga Rp 750.000,- untuk setiap bulan. Beasiswa ini juga termasuk ke dalam jenis beasiswa yang dikeluarkan untuk keluarga dari kalangan tidak mampu yang berprestasi.

Syarat untuk penerima beasiswa Bank Indonesia

Bank Indonesia hanya mengeluarkan beasiswa bagi mahasiswa regular dengan persyaratan seperti berasal dari keluarga tidak mampu, dengan indeks prestasi kumulatif atau IPK minimal 3.00. IPK ini terhitung sejak semester satu. Namun bagi mahasiswa yang memiliki IPK lebih dari 3.50, kisaran beasiswa menjadi sedikit berbeda. Untuk mahasiswa yang memiliki IPK diatas atau sama dengan 3.50 akan menerima beasiswa sekitar Rp 1.200.000,- hingga Rp 1.500.000,- untuk tiap bulan. 

Namun beasiswa ini memiliki jumlah yang cukup terbatas. Beasiswa ini hanya diberikan kepada setidaknya 80 orang mahasiswa dangan IPK sama dengan atau lebih dari 3.50. Menariknya, beasiswa Bank Indonesia dikeluarkan setiap tahunnya untuk mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Persyaratan beasiswa dari Bank Indonesia secara lengkapnya yaitu sebagai berikut;
  1. Mahasiswa aktif dari salah satu universitas yang telah ditentukan Bank Indonesia
  2. Mahasiswa tidak dalam keadaan menerima beasiswa lainnya atau tengah berada dalam ikatan dinas dengan lembaga atau instansi selain Bank Indonesia dalam ketika mengajukan beasiswa.
  3. Mahasiswa setidaknya telah menempuh kuliah minimal 3 semester, atau mahasiswa telah menempuh setidaknya 40 SKS.
  4. Indeks kumulatif prestasi atau IPK minimal 3.00 pada kisaran 4
  5. Mahasiswa penerima beasiswa maksimal berusia 23 tahun untuk menerima beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2017.
  6. Calon penerima beasiswa juga merupakan seorang mahasiswa yang aktif dalam kegiatan sosial yang memiliki manfaat untuk masyarakat. Atau mahasiswa telah mengikuti kegiatan organisasi sosial di kampus.
  7. Mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu
  8. Untuk mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia, mahasiswa calon penerima beasiswa harus bersedia mengikuti serta berperan aktif dalam kegiatan dan komunitas Generasi Baru Indonesia serta ikut serta dalam semua kegiatan yang diadakan oleh Bank Indonesia.
  9. Mahasiswa calon penerima beasiswa mendapatkan surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi seperti rektor atau pembantu rektor.

Ketentuan beasiswa Bank Indonesia

Selain persyaratan yang ditujukan untuk penerima beasiswa Bank Indonesia, beasiswa dari Bank Indonesia ini juga memberikan ketentuan beasiswa sebagai berikut, Untuk dapat mengikuti beasiswa dari Bank Indonesia tahun 2017-2018 harus berasal dari fakultas yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia. Mahasiswa dari fakultas sebagai berikut yang dapat mengikuti beasiswa dari Bank Indonesia. Fakultas tersebut diantarnya yaitu;
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomi yang meliputi berbagai jurusan seperti Manajemen dan Akuntansi, dan jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Ilmu Sosial Politik dengan jurusan Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Pertanian atau Agrobisnis atau Fakultas Peternakan

Dengan jumlahnya yang cukup besar, menerima beasiswa dari Bank Indonesia akan sangat membantu untuk mengurangi beban biaya kuliah. Terutama bagi mereka mahasiswa yang berprestasi. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menerima beasiswa dari Bank Indonesia. Tidak hanya berupa bantuan biaya pendidikan yang didapat setiap bulannya, banyak manfaat lainnya yang dapat diperoleh dengan menjadi penerima beasiswa dari Bank Indonesia.

Tahapan untuk mendapatkan beasiswa

Untuk dapat memperoleh beasiswa ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh mahasiswa, selain tentunya syarat dan ketentuan telah dipenuhi oleh mahasiswa calon penerima beasiswa. Tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menerima beasiswa dari Bank Indonesia yaitu sebagai berikut;


Pengumuman Adanya Seleksi beasiswa Bank Indonesia

Pengumuman ini dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti pengumuman di kampus atau informasi dari internet. Sementara proses seleksi beasiswa ada dua tahap yaitu;

Seleksi pada tahap 1

Seleksi pada tahap satu yaitu seleksi administrasi, dimana calon penerima beasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut;
  1. Mengisi formulir pendaftaran beasiswa
  2. Fotokopi transkrip nilai terbaru
  3. Fotokopi KTP yang masih berlaku
  4. Surat tidak mampu dari RT
  5. Surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi
  6. Surat pernyataan bersedia mengikuti kegiatan Generasi Baru Indonesia

Seleksi tahap 2 penerima beasiswa Bank Indonesia

Seleksi tahap dua hanya dapat diikuti jika lolos seleksi tahap satu. Seleksi tahap dua meliputi;
  1. Menulis essay on the spot “kebanksentralan”
  2. Psikotest
  3. Leaderless group discussion 
  4. Tes wawancara
Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia dilaksanakan melalui perguruan tinggi jadi apabila anda ingin mengajukan beasiswa BI silahkan cek terlebih dahulu apakah kampus anda terdaftar sebagai penyalur beasiswa Bank Indonesia jika tidak sangat disayangkan tidak bisa mendaftar, diluar kampus pendaftaran beasiswa Bank Indonesia dilaksanakan melalui situs resmi www.genbi.org kalian dapat menemukan informasi melalui GenBI.

Dari beberapa uraian diatas maka dapat disimpulkan beasiswa Bank Indonesia merupakan salah satu beasiswa bergengsi di Indonesia untuk bisa mendapatkan beasiswa ini harus mengikuti seleksi dengan ketat. Tidak menetup kemungkin setiap peserta memiliki kesempatan sama untuk bisa lulus terutama mereka yang sedang berkuliah di PTN dan PTS ternama di Indonesia, semoga informasi mengenai beasiswa Bank Indonesia diatas bisa bermanfaat.
GET IT ON Google Play