Beasiswa Bakrie 2017/2018

Bcf.or.id - Beasiswa Bakrie 2017/2018 khusus Melalui Bakrie Center Foundation Tidak hanya pemerintah, banyak sekali perusahaan dan institusi yang rutin menawarkan program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia. Tentu saja dengan tujuan utama melahirkan sosok berilmu yang siap melakukan perubahan dan memajukan negara Indonesia dan juga dunia. Salah satu perusahaan yang rutin menawarkan beasiswa adalah Bakrie Group melalui lembaganya yang bernamaBakrie Center Foundation (BCF). 

Beasiswa Bakrie ada berbagai macam dan disebut dengan Bakrie Scholar. Program beasiswa ini bekerjasama dengan banyak pihak baik pemerintah daerah, mau pun lembaga atau yayasan lain. Berikut ulasan singkatnya mengenai beasiswa yang rutin ditawarkan oleh Bakrie Group. Mungkin ada dari Anda yang tertarik ingin mencoba mengikutinya.

Beasiswa Bakrie 20172018

Visi dan Misi Bakrie Center Foundation

Berdirinya lembaga khusus yang bernama Bakrie Center Foundationatau BCF tentu memiliki visi dan misi khusus. Visi dan misi tersebut di antaranya menemukan orang-orang dengan jiwa kepemimpinan untuk melakukan perubahan dan menumbuhkan ekonomi Indonesia melalui jiwa-jiwa yang bertalenta. 

Selain itu visi dan misi dalam beasiswa Bakrie ini sebagai harapan baru dalam mewujudkan masa depan yang lebih cerah. Walau Mereka sendiri juga memiliki penanaman bahwa setiap hasil yang mereka miliki harus berguna bagi bangsa Indonesia. Untuk itu didirikan BCF sebagai media untuk menyampaikannya dengan lebih terbuka dan secara meluas.

Program Beasiswa yang Ditawarkan

Laalu apa saja program-program beasiswa yang ditawarkan oleh BCF? Terdapat dua jenis program beasiswa yaitu:

1. Domestic Program

Program yang dikhususkan dalam negeri ini meliputi program beasiswa BGF atau Bakrie Graduate Fellowship, LDGS atau Leadership Development for Graduate Students, dan Alumni Relation Program.

2. International Program

Program yang lebih fokus ke luar negeri dengan program yang lebih mendunia. Peluang untuk program beasiswa memang lebih besar di program dalam negerinya. Tidak sedikit mahasiswa yang telah diberi beasiswa dan sukses menjalankan profesi dengan tingkat yang tinggi. Berikut sedikit penjelasan tentang masing-masing program dalam negeri dari beasiswa Bakrie Group:

Bakrie Graduate Fellowship

Program beasiswa BGF merupakan program beasiswa yang fokus dengan memberi pendidikan lebih lanjut di 11 universitas pilihan yang telah bekerjasama dengan BCF. Untuk mendapatkan beasiswa ini terdapat proses seleksi yang cukup ketat. Program yang ditawarkan adalah jenjang S2. Kriteria kandidat yang diutamakan ialah mahasiswa dengan IPK minimal 3,5. 

Kriteria kandidat penerima beasiswa juga harus lancar berbahasa asing khususnya Inggris, serta memiliki potensi besar terhadap bidang-bidang tertentu di antaranya ekonomi, bisnis, dan pemerintahan. Beasiswa untuk program BGF membiayai perihal biaya pendidikan, SPP bulanan, biaya buku, dan biaya riset. Mahasiswa yang lulus seleksi adalah mahasiswa yang mendapat nilai tertinggi dari pihak BCF.

Leadership Development for Graduate Students

LDGS merupakan program beasiswa Bakriepelatihan yang fokus untuk melahirkan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan terhadap pembangunan. Programnya berupa melatih nilai kebangsaan dan kebersamaan, memahami potensi kepemimpinan daerah, serta membangun pendirian visi dan misi untuk diri sendiri dan lingkungan.

Syarat dan Ketentuan Mengikuti Program Beasiswa Dari Bakrie

Sama dengan penawaran beasiswa pada umumnya, terdapat sejumlah persyaratan dan ketentuan yang wajib dipenuhi setiap calon peserta beasiswa. Begitu juga dengan beasiswa dari Bakrie.  Syarat dan ketentuan tersebut yaitu:
  • Penerima beasiswa wajib Warga Negara Indonesia.
  • Mahasiswa yang sedang menjalani jenjang S2. Peserta penerima beasiswa wajib merupakan mahasiswa yang sedang menjalani program pendidikan S2 atau Master pada semester 2 di universitas yang bekerjasama dengan BCF.
  • Usia maksimal penerimabeasiswa Bakrie adalah 30 tahun terhitung saat pertama mendaftar.
  • Indeks prestasi yang tinggi. Penerima beasiswa wajib merupakan mahasiswa berprestasi yaitu memiliki IPK minimal 3,0 sampai 3,5 dengan skala 4,0.
  • Bergabung dengan banyak lembaga dan organisasi positif. Penerima beasiswa diharapkan adalah mahasiswa dengan jiwa kepemimpinan besar dan kreatif di mana banyak bergabung dengan lembaga serta organisasi yang positif. Diharapkan mampu menunjukan kartu keanggotaan lembaga atau organisasi tersebut.
  • Dikenal aktif dalam kegiatan sosial. Penerima beasiswa Bakrie juga diharapkan mahasiswa yang dikenal aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat.
  • Menyelesaikan program dengan jangka waktu yang telah ditentukan.
  • Menyiapkan esai khusus yang mebahas tentang kepemimpinan dan pembangunan minimal 700 kata.

Bagaimana Dengan Tahap Seleksinya?

Seleksi yang dilakukan oleh BCF untuk memberi beasiswa ada dua tahap utama. Kedua seleksi tersebut ialah pertama, seleksi administrasi dengan melihat apakah calon peserta memenuhi syarat dan ketentuan, serta kriteria yang menjadi sasaran utama. Kemudian apakah peserta telah mendaftar secara benar melalui situs resmi pendaftaran online yang telah disediakan. 

Tahap kedua ialah seleksi wawancara jarak jauh melalui media telekomunikasi seperti Skype, Google Hangout, dan semacamnya. Untuk tanggalnya akan diberi tahu pihak penyeleksi. Bagi para penerima resmi beasiswa Bakrie yang terpilih akan diumumkan oleh masing-masing program bersangkutan.

Universitas yang Bekerjasama Dengan BCF
Universitas-universitas yang dapat dipilih dan telah bekerjasama dengan BCF. Beberapa universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. UGM merupakan salah satu universitas yang tergabung dalam BCF beserta IPB dan ITB di pulau Jawa. Sedangkan di pulau Sumatera, hanya ada 1 universitas yang tergabung, yakni Universitas Andalas. Adapula Universitas Udayana, di Bali. Universitas Mulawarman di Kaltim, dan Unhas di Makassar.

Semoga ulasan mengenai program beasiswa Bakrie yang diadakan oleh Bakrie Center Foundation ini bermanfaat. Informasi lebih lengkap bisa Anda lihat di situs resminya. Melalui http://www.bcf.or.id/ anda bisa mendapatkan beasiswa dan segera ikuti sesuai dengan petunjuk yang ada pada situs resmi. Semoga informasi ini dapat membantu anda menemukan beasiswa Bakrie terima kasih semoga anda sukses amin.