Cara Pendaftaran SIAP-PPDB.Com Online 2018/2019

Siap-PPDB.Com - Cara Pendaftaran SIAP PPDB Online 2018/2019 melalui Pendaftaran Online SIAP PPDB berikut admin berikan informasi lengkap terkait dengan Pendaftaran SIAP PPDB Online. Bagaimana Alur Pendaftaran SIAP-PPDB Online? Sesuai dengan judul pada tulisan kali ini memang akan fokus untuk menjawab pertanyaan tersebut. Alur dalam pendaftaran SIAP-PPDB Online memang terbilang sulit karena ini berkaitan dengan kota dan kabupaten yang akan menjadi arena pelaksanaan SIAP-PPDB. 

Dalam pendaftaran peserta didik baru alur adalah sebuah hal yang penting anda ketahui. Ini adalah sebuah proses yang harus dilakukan ketika akan mendaftarkan anak anda sebagai peserta didik baru. Berbeda dengan PPDB yang sebelumnya bahwa memang proses seleksi ini prosedurnya secara online. Jadi anda bisa melakukannya dan mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, asalkan dalam jadwal yang telah ditetapkan. 

Makanya sebelum anda mengetahui alurnya, anda harus paham mengenai SIAP-PPDB online itu sendiri. Masyarakat hanya tinggal melakukan akses terhadap situs SIAP-PPDB online. Jelas ini sangat memberikan kemudahan masyarakat akan mengakses informasi yang berkaitan dengan penerimaan peserta didik baru. Mulai dari tata cara, persyaratan dan aturan serta yang lainnya dalam mengikuti seleksi peserta didik baru.

Cara Pendaftaran SIAP PPDB Online


Pendaftaran SIAP-PPDB online ini memang merupakan sebuah barang baru tidak hanya bagi masyarakat tetapi juga bagi sekolah sebagai pilar pendidikan. Tidak semua kota menerapkan mekanisme penerimaan peserta didik baru dengan cara online ini. Meninggalkan cara lama yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga karena untuk mendapatkan informasi dan juga semua hal yang berkaitan dengan pendaftaran peserta didik harus datang ke sekolah yang menjadi pilihannya.

Sebuah kelebihan didapatkan bila mana kota tersebut seperti Yogyakarta misalnya dalam menjalankan SIAP-PPDB online ini. Jadi mesyarakat akan lebih mudah dalam mendaftarkan anaknya. Harapannya, nantinya ini bukan hanya dilakukan di beberapa kota saja tetapi bisa diimplementasikan di seluruh sekolah yang ada di Indonesia. 

Sebenarnya hambatan yang muncul dalam penyelenggaraan penaftaran SIAP-PPDB online ini sangatlah mudah diketahui. Sumber daya manusia dan fasiitas pendukung seperti internet menjadi hal yang harus segera diatasi. Butuh waktu, makanya ini dijadikan sebagai program jangka panjang dalam upaya peningkaran mutu pendidikan di Indonesia.


Alur Pendaftaran Bagian I

Berkaitan dengan alur maka sebagai gambaran anda agar bisa menjadi panduan dalam pendaftaran peserta didik baru ini akan diberitahukan lebih lanjut. Tidak mudah memang asalkan anda tahu yang haarus anda lakukan nanti proses PPDB online ini juga akan lebih mudah anda lakukan. Syarat yang sudah pasti bahwa sekolah yang anda ingin daftarkan adalah sekolah sudah bergabung dalam SIAP-PPDB online. Alur pendaftarannya sebagai berikut:

  1. Pertama, anda harus melakukan langkah dengan berkunjung langsung ke sekolah yang akan anda daftar. Usahakan anda membawa persyaratan yang sudah ditetapkan oleh sekolah.
  2. Di sekolah tersebut anda kemudian meminta kepada pihak sekolah untuk memberikan formulir. Kalau anda bingung anda bisa langsung datang pada bagian informasi yang biasanya formulir disediakan di panitia terebut.
  3. Formulir yang sudah anda terima tadi langsung anda isi berdasarkan panduan dan data yang anda miliki.
  4. Kalau sudah selesai anda langusung kembalikan formulir tersebut kepada pihak panitia.
  5. Langkah selanjutnya panitia yang bertugas di sekolahan tersebut langsung melakukan entry data dari formulir yang telah anda berikan. Ini dilakukan sebagai verifikasi data dan juga kelengkapan berkas yang telah anda setorkan. Data anda akan masuk pada komputer pendaftaran SIAP-PPDB online.
  6. ika sudah selesai pada tahapan itu maka anda sudah secara sah mendaftar pada sekolah tersebut. Kemudian sebagai bukti panitia akan memberikantanda buktinya kepada anda.
  7. Tanda bukti tersebut akan anda gunakan sebagaimana mestinya anda gunakan dalam proses pendaftaran PPDB onnline ini.
  8. Baru kemudian anda resmi mendaftar dan memantau hasilnya dengan cara online pula.

Alur Pendaftaran Bagian II

Apa yang sudah dijelaskan di merupakan tanda bahwa anda bisa melakukan dengan prosedur yang tepat. Kalau anda masih kebingungan jangan malu untuk bertanya kepada panitia atau membaca informasinya dalam situs SIAP-PPDB online. Selain itu, ternyata masih ada alur lainnya yang bisa anda lakukan sebagai alternatif lainnya. 

Cara yang kedua ini alurnya terbilang sederhana dan mudah untuk anda terapkan. Alur yang kedua ini terbilang sangat sederhana karena banyak yang mengunakannya. Panduan dengan gambar akan memberikan kemudahan bagi anda dalam memahaminnya. Secara ringkas berikut ini adalah alur yang bisa anda lakukan.
  1. Pertama anda harus melakukan mengisian entry data pada situs PPDB online. Jadi anda harus melakukannya dengan mandiri dan dapat melalui gadget anda.
  2. Kedua, setalah anda melakukan pengisian tadi maka anda harus mendownlod tanda buktinya dan kemudian mencetaknya.
  3. Ketiga persiapkan berkas sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.
  4. Keempat, peserta didik langsung ke sekolah untuk melakukan verifikasi dengan membawa ketentuan dan juga bukti bahwa anda telah melakukan pendaftaran online.
  5. Kelima, dengan terbuka panitia akan menerima berkas anda.
  6. Kemudian keenam, pihak operator melakukan pengecekan data yang telah anda berikan.
  7. Ketujuh panitia akan memberikan bukti bahwa anda telah melakukan verifikasi.
  8. Terakhir, peserta didik menerimanya dan kemudian untuk mengecek pengumuman, perkembangan dan hasil akirnya bisa melalui situs pendaftaran SIAP-PPDB online.

Untuk lebih jelas berikut admin berikan beberapa informasi terkait dengan Pendaftaran Siap PPDB Online, ada dua mekanisme yang bisa dilakukan baik oleh siswa luar kota maupun dalam kota maupun luar kota, kali ini kita akan membahas siswa yang berada dalam kota terlebih dahulu untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkapnya terkait dengan pendaftaran siap ppdb untuk siswa dalam kota.


Bagi siswa dalam kota ada beberapa mekanisme pendaftaran untuk PPDB Online seperti kita ketahui diatas merupakan alur pendaftaran model A dimana jalur ini dilakukan dengan mengikuti beberapa ketentuan seperti calon siswa mengambil dan mengisi formulir pendaftaran pada panitia ppdb, selanjutnya menyerahkan berkas pendaftaran yang sudah diisi, nantinya operator akan melakukan entri data pendaftaran, setelah proses tersebut berlajan dengan lancar maka calon siswa akan menerima tanda bukti pendaftaran, tinggal menunggu proses seleksi sedangkan untuk pengumuman juga dilaksanakan melalui situs siap-ppdb.com


Untuk cara berikutnya siswa atau calin siswa mendaftaran secara online isi semua data yang tertera sampai dengan selesai kemudian jika sudah selesai diharapkan untuk mencetak kartu tand bukti pendadtaran, selanjutnya calon siswa menyerahkan tanda bukti beserta berkas persyaratan lain kepda operator untuk diverifikasi. selanjutnya apabila sudah selesai maka calon siswa akan menerima tanda bukti silahkan simpan dan ikuti prosedur selanjutnya sambil menunggu pengumuman yang bisa diakses melalui online.


Untuk alur pendaftaran model C prosesnya tidak begitu jauh berbeda seperti calon siswa memverifikasi datanya ke sekolah, dan menerima akun untuk login SIAP PPDB selanjutnya siswa harus mengakses situs resmi SIAP-PPDB.Com untuk memilih daerah tujuan serta sekolah secara mandiri, selanjutnya selesaikan proses pendaftaran sampai dengan selesai maka siswa menyimpan nomor pesertanya dan mengikuti pendaftaran serta menunggu pengumuman SIAP PPDB. 

Setidaknya ada 4 alur pendaftaran untuk ini merupakan Model D atau nomor 4 dari alur pendaftaran PPDB yang bisa diikuti oleh para peserta hendaknya calon siswa membuat akun sendiri pada situs PPDB Online selanjutnya jika sudah selesai yang bersangkutan harus mencatat ID Akunnya untuk kemudian mendatangi operator SIAP PPDB Onine baik di sekolah-sekolah maupun Dinas.

Selanutnya data tersebut harus diverifikasi beserta akaunnya sampai pada tahapan ini Pendaftaran SIAP PPDB dilakukan dengan benar tinggal menunggu proses seleksi dan pengumuman pada situs yang sama bisa diakses melalui Gadget, Tablet, sampai dengan laptop admin kira sudah cukup jelas untuk alur pendaftaran PPDB Online.

Bagi kalian yang berada diluar kota dapat mengikuti jalur reguler dengan mengakses situs Siap-PPDB.com kemudian memilih salah satu dari sekian banyak daerah tujuan kemudian memilih jalur reguler sebagai jalur seleksi, selanjutnya adalah mengaktivkan PIN PSB ikuti sampai dengan selesai apabila sudah selesai maka siswa yang bersangkutan akan mengikuti pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku, diharapkan sistem siap ppdb ini dapat mewujudkan harapan masyarakat untuk mendaftarkan anak-anaknya sekolah melalui online dan dinilai lebih mudah dilakukan.

Semua alur yang telah diberikan tadi sebenarnya sangat memberikan dampak positif terhadap masyarakat yang secara tidak langsung bisa mengaksesnya dengan mudah. Tetapi terkadang ini juga bisa berdampak negatif, terutama bagi masyarakat yang gagap terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal ini sangat bisa terjadi pada orang tua peserta didik. 

Tetapi kalau anda pahami juga bahwa memang ada dampak baik bagi sekolah yang menjalankan sitem ini. karena memang sistemya online jadi sudah pasti akan memberikan dampak yang mudah dan cepat dalam mendapatkan peserta didik. Inilah alur yang bisa anda ikuti dalam seleksi penerimaan peserta didik baru. Tidak menutup kemungkinan ke depan masih banyak cara dan alur yang bisa anda terapkan sebagai kemudahan anda. 

informasi yang singkat ini diharapkan mampu membawa dampak yang besarpula bagi kehidupan masyarakat terutama dalam pendaftaran SIAP-PPDB online. Jika ada di sekeliling anda yang tidak mengetahui alurnya atau kesulitan dalam melakukan pendaftaran ini sebaiknya anda membagi informasi ini. Tidak hanya pemerintah dan sekolah, masyarakat juga menjadi pionir dalam berkembangnya penerimaan siswa baru dengan jalan online ini. semoga bermanfaat.
GET IT ON Google Play