Cara Pendaftaran Online UMS 2017-2018

UMS.ac.id - Info Cara khusus Pendaftaran kampus UMS tahun 2017-2018 simak Pendaftaran secara Online kampus UMS berikut PTS yang membuka fakultas kedokteran. UMS singkatan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta berada di Surakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta ternama yang berada di Jawa tengah, tentu kita pasti bertanya-tanya apa yang spesial dari kampus ini karen kita ketahui di Jawa Tengah ada banyak sekali perguruan tinggi swasta ternama mengapa harus membahas Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Alasan pertama kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki serangkaian keunggulan bidang akademik khusus fakultas dan program studi kesehatan dan kedokteran, hal ini memang tidak mengherankan karena Muhammadiyah sejak dahulu berdiri fokus dalam bidang pendidikan dan kesehatan, tidak jarang jika kita menjumpai hampir rata-rata Universitas Muhammadiyah memiliki jurusan kedokteran.

Selain itu Universitas Muhammadiyah tidak hanya terletak disuatu daerah saja tetapi menyebar diseluruh Indonesia bahkan setiap provinsi besar yang ada di Indonesia memiliki kampus kampus Muhammadiyah. Setiap tahun peminat dari kampus UMS terus mengalami peningkatan yang luar biasa terutama program studi kedokteran.

Cara Pendaftaran UMS 2017-2018

Untuk bisa mendaftar peserta yang bersangkutan harus memiliki modal seperti utama yaitu memiliki informasi yang cukup sebelum melakukan pendaftaran, hanya saja tidak sedikit dari peserta yang mengalami kesuitan pada saat mendaftar dengan berbagai alasan sebagai salah satu alasan priortias kekurangan informasi seputar pendaftaran, untuk itu disini kami memberikan informasi lengkap terkait dengan tata cara pendaftaran UMS dan Jalur yang tersedia untuk itu berikut kami berikan informasi lengkapnya seperti dikutip dari situs resmi UMS.


Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMS
Syarat pendaftaran:
  1. Calon mahasiswa harus mengisi data diri secara lengkap di terminal komputer yang disediakan di Gedung Admisi UMS.
  2. Calon mahasiswa menyerahkan foto kopi Ijazah (Surat Tanda Kelulusan, STTB) yang telah dilegalisir dan NEM/UNAS sebanyak 1 lembar.
  3. Calon mahasiswa yang belum memiliki STTB/NEM/UNAS dapat menyerahkan di kemudian hari setelah masuk kuliah. Penyerahan dilakukan di Biro Administrasi Akademik UMS.
  4. Calon mahasiswa menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  5. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah).
  6. Calon mahasiswa menunjukkan kartu identitas diri asli (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor) dan 1 lembar fotokopi. Jika menggunakan surat pengantar, pastikan pasfoto terkena stempel dari instansi yang menerbitkan surat pengantar.
  7. Tambahan syarat untuk calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum: calon mahasiswa harus berasal dari SMA/Madrasah Aliyah jurusan IPA dan surat keterangan sehat mental dari dokter ahli jiwa rumah sakit (Sp.KJ) dan harus ASLI (yang dibuat paling lama pada bulan Desember atau sesudahnya).
  8. Calon mahasiswa harus berpakaian sopan dan rapi, berkemeja dan bersepatu (memakai kaos dan sandal tidak dilayani).

Catatan:
  1. Mahasiswa yang berprestasi di bidang olah raga dan kesenian akan mendapatkan perhatian khusus.
  2. Calon mahasiswa Kelas Internasional dan Double Degree tidak diharuskan memiliki bukti kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris tidak menjadi persyaratan masuk, karena mahasiswa Kelas Internasional dan Double Degree wajib tinggal di asrama mahasiswa internasional (Pondok Internasional KH Mas Mansur) dengan mendapatkan kursus bahasa Inggris secara intensif.
  3. Berpakaian pantas rapi (memakai kaos oblong dan sandal tidak dilayani).

Waktu pendaftaran:

Pendaftaran dapat dilakukan mulai Januari  hingga tanggal Agustus  di Gedung Admisi UMS (Ruang Pendaftaran Online) untuk mengisi data diri pada jam-jam berikut:
  • Pagi: 08.00-12.00 WIB
  • Siang: 13.00-15.00 WIB

Tes dan registrasi dapat dilakukan pada jam-jam di atas di Gedung Admisi UMS atau mendaftar secara online melalui https://regpmb.ums.ac.id

Tempat pendaftaran:

Calon mahasiswa mendaftar secara langsung di Gedung Admisi Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162 Telp/Fax: +62 (271) 739 992 Lokasi kami dapat ditemukan di peta ini atau jika kamu mencari lokasi menggunakan gadget, koordinat kami adalah -7.558345, 110.769072.

Selain itu kami juga akan memberikan informasi terkait dengan info tes masuk sesuai dengan ketentuan pendaftaran tersebut disini kami akan memberikan informasi lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk itu bagi kalian yang ingin mendaftar informasi ini juga penting disimak berikut info lengkapnya.


Informasi Tes Masuk PMB UMS

Seputar tes masuk:
  1. Pendaftaran peserta tes, pelaksanaan tes masuk, dan pengumuman kelulusan dapat ditempuh dalam waktu hanya satu hari (One Day Service).
  2. Pelaksanaan tes dilakukan dengan menggunakan komputer (Computer Based Test) terdiri atas 50 soal dalam waktu 60 menit. Nilai tes dihitung berdasarkan soal yang dijawab dengan benar, dan tidak ada pengurangan nilai untuk soal tes yang dijawab salah.
  3. Calon mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Geografi, Fakultas Farmasi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi PAUD, dan Program Studi Pendidikan Geografi diharuskan menjalani tes kesehatan. Biaya tes kesehatan sebesar Rp 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).
  4. Rapot tidak digunakan sebagai salah satu penilaian hasil tes tertulis (termasuk di Fakultas Kedokteran). Rapot digunakan hanya pada proses seleksi beasiswa bagi calon mahasiswa yang mendaftar beasiswa.
Materi tes:

Materi tes tulis meliputi: Agama Islam, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Tes Potensi Akademik (TPA), Logika Bahasa, Logika Numerik, Logika Gambar, Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, PKn/Tata Negara, Geografi, dan Sejarah/Antropologi.


Bebas tes:

Calon mahasiswa yang memiliki NEM/UNAS dengan nilai rata-rata 8,20 atau lebih berhak dinyatakan lolos tes (tidak perlu mengikuti tes tertulis). Calon cukup mendaftar dengan memenuhi syarat pendaftaran dan dapat langsung melakukan registrasi. Jumlah calon yang bebas tes dibatasi oleh daya tampung, sehingga berlaku mekanisme siapa cepat dia dapat. Mekanisme bebas tes tidak berlaku untuk Program Studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa program studi lain.


Kelompok soal tes:

Terdapat tiga kelompok soal tes yaitu kelompok IPA, IPS dan IPC (campuran). Kelompok soal yang dikerjakan seorang peserta tes tergantung Program Studi yang dipilih. Daftar program studi dan kelompok soal tes dapat dilihat pada bagian bawah halaman ini. Sebagai ilustrasi, jika kamu ingin masuk Fakultas Farmasi, kamu akan diberi soal kelompok IPA.

Peserta yang ingin masuk Program Studi Kedokteran harus berasal dari SMA/Madrasah Aliyah jurusan IPA dan akan dites menggunakan soal kelompok IPA. Peserta yang ingin masuk ke Program Studi selain Kedokteran boleh berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPA atau IPS, sedangkan kelompok soal yang harus dikerjakan tergantung pada jurusan yang dipilih.

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPS:
  • Pend. Akuntansi, Pend. Kewarganegaraan
  • Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
  • Hukum
  • Psikologi
  • Pend. Agama Islam (Tarbiyah), Hukum Ekonomi Syariah (Syariah), Ilmu Al Qur’an & Tafsir

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPA:
  • Pend. Matematika, Pend. Biologi
  • Sipil, Mesin, Arsitektur, Elektro, Kimia, Industri
  • Farmasi (hanya menerima dari SMU IPA, SMK Farmasi, SMK analis kimia, SMK Kimia Industri)
  • Keperawatan (S1), Gizi (S1), Kesehatan Masyarakat (S1), Fisioterapi (S1)
  • Fisioterapi (D3)
  • Kedokteran, Pend. Dokter Gigi (peserta dengan pilihan Program Studi Kedokteran wajib berasal dari SMA jurusan IPA) Informatika

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPC:
  • Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, Pend. Bahasa Inggris, Pend. Geografi, PAUD, PGSD
  • Geografi
  • Ilmu Komunikasi

Pendaftaran Jalur Masuk Transfer.

Jalur Trasnfer adalah salah satu program seleksi khusus untuk mereka yang mendapatkan kesempatan mengikuti jalur ini, hanya saja semua seleksi jalur ini tidak dibuka secara umum untuk beberapa program studi seperti Program Transfer Ilmu Kesehatan (Gizi, Fisioterapi, Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat). mereka yang memenuhi persyaratan saja dapat mengikuti seleksi ini untuk lebih jelas simaka selengkapnya dibawah ini.
  • UMS menerima transfer D3 ke S1, dan dari perguruan tinggi lain ke FIK 
  • Informasi lebih lanjut hubungi 0271-717417 Ext. 323 
  • Bagi Alumni UMS dikenakan dana pengembangan 50% dari dana pengembangan mahasiswa baru

Pendaftaran Program Profesi.

Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki 7 Program Profesi (Apoteker, Psikologi Profesi, Advokat, Ners, Profesi Dokter, Profesi Dokter Gigi dan Profesi Ners Rumah Sakit). Program studi yang tersedia saja yang bisa kalian ikuti untuk melakukan pendaftaran khusus Profesi sesuai dengan program studi untuk lebih jelas pembahasannya seperti berikut ini.

Program Profesi Apteker.

Program Profesi Apoteker bertujuan untuk mengakomodasi lulusan S1 Farmasi yang ingin menekuni bidang profesi Apoteker. Program ini ditempuh dalam waktu 2 semester dengan beban 32 SKS, terdiri atas mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan (permintaan Pelayanan Farmasi dan peminatan Industri Farmasi). Staf pengajar Program Profesi Apoteker terdiri atas dosen-dosen senior dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan para praktisi yang telah berpengalaman di bidang apoteker.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Web: farmasi.ums.ac.id/informasi-pmb-2015#tabs-3
Telp: +62 (271) 717 417 ext. 175, 167
Fax: +62 (271) 715 448
Email: apoteker@ums.ac.id

Catatan:

DP bagi peserta yang berasal dari luar UMS Rp 4.500.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya uji kompetensi, sertifikat kompetensi, dan surat tanda registrasi Apoteker yang diselenggarakan dan atau dikeluarkan oleh Asosiasi Profesi dan Komite Farmasi Nasional.


Program Magister Psikologi Profesi

Program Magister Psikologi Profesi bertujuan menghasilkan Psikolog berderajat magister dengan kompetensi sebagai psikolog profesional, menghayati dan mengamalkan kode etik profesi, menguasai dan melaksanakan prinsip-prinsip asesmen dan intervensi psikologi dalam melakukan praktek pelayanan psikologi di bidang klinis, pendidikan, dan industri/organisasi. Lulusan program ini akan bergelar Magister Psikologi, Psikolog. Kurikulum dirancang dengan beban studi 48 SKS yang ditempuh dalam waktu 5 semester.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Telp: +62 (271) 717 417 ext. 404, 406

Catatan:

Ada beasiswa sebesar 30% SPP bagi peserta yang memenuhi syarat. Dana Pengembangan bagi peserta yang berasal dari luar UMS Rp. 3.000.000.


Program Profesi Advokat

Berdasarkan UU No. 18 Th. 2003, untuk menjadi Advokat harus mengikuti pendidikan khusus Profesi Advokat (PKPA). PKPA bertujuan untuk mendidik Sarjana Hukum menjadi Advokat yang bebas, mandiri, bertanggung jawab dan progresif untuk terselenggaranya peradilan yang jujur, adil dan memiliki kepastian hukum dalam menegakkan hukum, kebenaran, keadilan, dan hak asasi manusia. Staf pengajar terdiri atas para Profesor, Doktor, Master dan para praktisi advokat berpengalaman. Pendidikan dipaketkan selama 3 bulan.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Telp: +62 (271) 717 417 ext. 132, 133


Program Profesi Ners

Program ini bertujuan untuk mendidik Sarjana Keperawatan menjadi perawat profesional. Program ditempuh selama 2 semester dengan beban 32 SKS.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Telp: +62 (271) 717 417 ext. 323


Program Profesi Dokter (CoAss)

Program ini bertujuan untuk mendidik Sarjana Kedokteran menjadi dokter profesional. Program ditempuh selama 2 tahun (8 triwulan). Apabila masa studi melebihi 2 tahun dikenakan biaya tambahan Rp 500.000/bulan

Informasi lebih lanjut hubungi:
Telp: +62 (271) 716 844


Program Profesi Dokter Gigi (CoAss)

Program ini bertujuan untuk mendidik Sarjana Kedokteran Gigi menjadi dokter Gigi profesional. Program ditempuh selama 1,5 tahun (6 triwulan). Apabila masa studi melebihi 1,5 tahun dikenakan biaya tambahan Rp 500.000/bulan.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Telp: +62 (271) 728 282


Profesi Ners Rumah Sakit

Program ini bertujuan untuk mendidik Sarjana Keperawatan menjadi perawat profesional. Program ditempuh selama 2 smester.

Informasi lebih lanjut hubungi:
Telp: +62 (271) 717 417 ext. 323


Pendaftaran Jalur Pascasarjana UMS.

Pascasarjana merupakan program untuk lanjutan S1 menuju S2, S3 kemudian bagi siapa saja yang berminat mengikuti seleksi ini agar sekiranya dapat mengikuti sesuai ketentuan yang ada pada situs resmi http://pmb.ums.ac.id/pasca/ untuk itu sebagai salah satu prosedur pendaftaran tersebut kita akan melihat apa saja yang menjadi ketetapan, proses selanjutnya adalah melakukan pendaftaran sampai dengan selesai.

Untuk bisa melakukan pendaftaran tentu kalian harus membaca terlebih dahulu apa saja yang dipersyaratkan setiap jalur masuk, pada umumnya penerimaan UMS dilaksanakan melalui jalur masuk Reguler, kemudian untuk Jalur masuk khusus Pasca, kemudian selain itu Program Profesi juga ada. Untuk bisa mendaftar peserta harus memenuhi persyaratan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Dari beberpa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan penerimaan Pendaftaran dilaksanakan melalui online situs resmi yang ada jika sudah memahami prosedur kemudian lakukan sampai dengan selesai demikianlah informasi yang dapat kami berikan semoga bisa memberikan manfaat terutama bagi kalian peserta yang ingin melakukan pendaftaran UMS secara online semoga berhasil dan selamat mencoba.
Sekolah Pramugari