Cara Pendaftaran Online UPI 2017-2018

UPI - Info Universitas Pendidikan Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan nama UPI  tahun 2017-2018 merupakan sebuah perguruan tinggi negeri bidang kependidikan yang terletak di Provinsi Jawa Barat. UPI adalah satu-satu universitas dengan program studi kependidikan terbbanyak di Indonesia. Universitas ini memiliki 8 fakultas pendidikan yang mencakup Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuana Sosial, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehtan, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Pendidikan Seni dan Desain.

Universitas dengan 8 fakultas ini memiliki 75 proram studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Bagi teman-teman yang punya jiwa mendidik, mungkin UPI bisa jadi pilihan untuk mewujudkan mimpi. PIlihlah prodi yang sesuai dengan jiwa dan cita-cita. Yang ketika kau telah bekerja nanti, bisa bekerja dengan penuh cinta dan ketulusan.

Penting bagi kita memilih prodi yang sesuai dengan passion, agar ketika menjalani proses perkuliahan nanti kita lebih mudah mencurahkan seluruh energi untuk menerima semua ilmu yang diberikan. Juga agar kita nyaman, lebih senang, dan bersemangat menjalani setiap harinya. Hingga bisa lulus dengan Ilmu yang mantap dan predikat yang luar biasa.

Cara Pendaftaran UPI 2017-2018

Nah, jika teman-teman telah memiliki prodi pilihan, selajutnya bisa mendaftar UPI melalui bebrapa jalur berikut:



SNMPTN atau kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan kesempatan masuk UPI yang diberikan melaui seleksi administrasi secara nasional. Seleksi ini berupa penyaringan nilai rapor semester 1-5 (SMA/MA) dan 1-7 (SMK) dan penyaringan kelengkapan administrasi lainnya yang ditentukan oleh pihak UPI.

Jalur ini juga biasa disebut jalur undangan, artinnya apabila kalian lulus standar prodi dan perengkingan nilai rapor dan memenuhi persyaratan administrasi lainnya, pihak UPI akan mengirimkan undangan berupa tawaran masuk salah satu prodi di UPI. Pendaftaran melalui jalur ini gratis dan tanpa tes tertulis. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN ini, teman-teman bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UPI yang diberikan melalui seleksi nilai ujian tertulis secara nasional. Untuk lulus seleksi ini teman-teman harus mengerjakan sebanyak-banyaknya soal ujian dengan tepat dan cepat (soal ujian berupa butir soal pilihan ganda dengan 3 kelompok soal).

Waktu pelaksanaan seleksi ini biasanya setelah SNMPTN, jadi bagi teman-teman yang tidak lulus/ tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN bisa mendaftar UPI melaui jalur ini. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN teman-teman bsa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/



Jalur Mandiri merupakan sebuah kesempatan masuk UPI yang diberikan melalui ujian tertulis yang diadakan khusus oleh pihak UPI (panitia penyeleksi dari pihak UPI sendiri). Waktu pelaksanaan jalur ini biasanya setelah SNMPTN dan SBMPTN, jadi bagi teman-teman yang tidak berkesempatan mengikuti/tidak lulus SNMPTN ataupun SBMPTN bisa mendaftar UPI melalui jalur ini. Untuk Info selengkapnya tentang jalur mandiri, teman-teman bsa mengakses laman http://pmb.upi.edu/sarjana/sm-upi/pendaftaran/



Bidikmisi merupakan kesempatan yang diberikan pemerintah kepada anak Inonesia yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dengan bidikmisi ini, teman-teman bisa kuliah di UPI tanpa harus pusing memikirkan biaya, karena pemerintah menjamin biaya kuliah maupun biaya hidup samai lulus tepat waktu. 

Jadi teman-teman tinggal fokus kuliah dan memberikan yang terbaik untuk menjadi mahasiswa yang luar biasa. Mulanya mendaftar bidikmisi dulu setelah mendapat ID baru mendaftar seleksi (baik SMPTN, SBMPTN ataupun Jalur Mandiri) melalui jalur bidikmisi. Untuk info selengkapnya tentang bidikmisi ini, teman-teman bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas cara mendatar UPI yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, dan Bidikmisi. Untuk menjadi pendidik yang luar biasa, diperlukan kerja tulus dan ekstra. Tulus bekerja keras untuk melalui setiap seleksi yang dikiuti dan ekstra dalam mempersiakan diri. Fokuskan raga, hati dan pikiran untuk berjuang, menyalurkan semua energi dan waktu guna lulus pada prodi yang diinginkan.

"Pendidik yang baik terlahir dari pilihan terbaik dan proses terbaik", pastikan bahwa ketika kita telah melangkahkan kaki ke UPI, itu memang merupakan panggilan jiwa dan murni karena impian dan pilihan sendiri. atau jika memang disarankan "seseorang" untuk menjadi pendidik, mulailah belajar mencintai apa yang kita jalani. Agar prestasi melejit dan jiwa pendidik sejati akan terbentuk perlahan. Selamat berjuang! Lampaui batas dalam diri! bejuanglah hingga titik darah penghabisan!!.
GET IT ON Google Play