Cara Pendaftaran Online Pengisian PDSS & SNMPTN Siswa 2017-2018

SNMPTN PDSS Siswa - Info Pendaftaran khusus Online jalur SNMPTN login Siswa tahun 2017 simak Pendaftaran dan Penerimaan serta Pengisian Online.Menarik sekali jika kita sudah membahas mengenai pendaftaran SNMPTN sebab ada banyak sekali hal yang bisa kita bahas dan tentunya unik, jika melihat dari data tahun sebelumnya ada banyak kelucuan yang terjadi pada saat pendaftaran apalagi sebelum sistem SNMPTN berubah menjadi Undangan. Dulu ada banyak sekali peserta yang bingung upload foto atau gagal dalam pengeditan hal hasil yang digunakan foto, naruto, ataupun foto pokemon. Pada saat tes dilaksanakan yang bersangkutan usir keluar karena data diri tidak sesuai dengan identitas asli.

Tetapi setelah SNMPTN resmi menjadi seleksi Undangan dimana hanya peserta yang mendapatkan rekomendasi sekolah saja yang bisa melakukan pendaftaran diluar dari itu peserta tidak akan bisa mengikuti seleksi masuk untuk SNMPTN, yang berperan penting dalam proses pendaftaran SNMPTN adalah pihak sekolah selaku pimpinan setempat.

Sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa memang benar SNMPTN diperuntukan untuk mereka siswa yang berprestasi, seleksi dilaksanakan menggunaakan nilai rapot, tetapi kita tidak akan membahas terlalu jauh mengenai hal tersebut tetapi kita akan lebih berfokus pada bagaimana seseorang bisa mencapai proses seleksi. Tentu seperti kita ketahui bahwa untuk bisa mengikuti seleksi harus melewati pendaftaran panjang.

Cara Pendaftaran PDSS SNMPTN Siswa 2017


Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai bagaimana tata cara pendaftaran online PDSS SNMPTN Siswa apa saja hal yang harus dilakukan oleh sesorang siswa untuk menuntaskan pendaftaran sampai selesai untuk itu anda harus memastikan diri apakah termasuk peserta yang direkomendasi ditandai dengan pemberian username dan password login pada situs resmi yang diberikan kepala sekolah atau pimpinan.

Selanjutnya yang berperan adalah siswa yang bersangkutan untuk melakukan pendaftaran atau dibantu dari sekolah, pendaftaran harus sesuai dengan data diri atau identitas anda. Berikut ini adalah proses pendaftaran yang bisa dijadikan petunjuk pendaftaran untuk anda yang sudah mendapatkan rekomendasi sekolah bisa menyimak beberapa informasi dibawah ini.

Langkah awal siswa hendaknya melakukan pendaftaran online dengan mengakses situs resmi melalui www.snmptn.ac.id atau web.snmptn.ac.id selanjutnya anda akan melihat tampilan dengan layar kemudian gunakan username dan password yang telah anda dapatkan untuk melakukan pendaftaran secara online untuk lebih jelas beberapa ketentuan yang ada dapat anda lihat secara jelas dibawah ini apa saja yang harus dilakukan dalam proses pendaftaran.

  • Login dengan menggunakan NISN dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada PDSS
  • Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN, mencakup: memilih PTN dan program studi, mengunggah foto, mengisi form pendaftaran, mengunggah bukti prestasi jika ada, menggunggah portofolio jika memilih program studi Seni dan/atau Olahraga
  • Siswa memfinalisasi pendaftaran SNMPTN (setelah difinalisasi, pendaftaran TIDAK DAPAT DIUBAH lagi; jika tidak difinalisasi, akan dianggap TIDAK mendaftar)
  • Siswa mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta dengan terlebih dahulu mengisikan nomor peserta UN

Proses Login PDSS SNMPTN Siswa


Berikut ini adalah tampilan depan yang dimaksud untuk ketentuna semua pendaftaran yang ada dapat anda lihat pada beberapa ketentuan gambar dibawah ini tampilan awal web untuk login siswa. Langkah berikutinya anda diminta untuk memasukan usenrmane dan password yang telah didapat dari sekolah, nantinya jika anda berhasil login maka anda akan diminta langsung mengganti password berikut ini adalah tampilan verifikasi reset password untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Login Siswa SNMPTN

Nah sebaliknya jika anda tidak memenuhi persyaratan pendaftaran maka akan muncul pemberitahuan seiring gagal login yang anda lakukan isi dari pemberitahuan tersebut adalah “Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN tahun ini berdasarkan: a. Status akreditasi sekolah, dan b. Evaluasi pemeringkatan siswa berdasarkan mata pelajaran pada semester 3, 4, dan 5 yang diujikan dalam UN tahun ini.”


Proses Melakukan Pendaftaran Online PDSS SNMPTN Siswa.

Oke jika urusan login menlogin sudah masuk dan selesai anda akan masuk pada tahap berikutnya yaitu mendaftar secara online, nantinya anda akan melihat tmapilan halaman depan saat sudah masuk kemudian pada halaman depat tersebut anda harus klik “Formulir” untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Memilih PTN dan Program Stidi PDSS SNMPTN Siswa

Selanjutnya anda akan dihadapakan dalam pemilihan PTN dan program studi langkah pertama adalah pemilihan PTN, anda bisa bebas memilih PTN favorite yang ada diseluruh Indonesia, sedikit saran dalam pemilihan progam studi disesuaikan dengan usulan atau keinginan anda untuk lebih jelas anda dapat melihat form gambar dibawah ini untuk pengisian PTN. Jika anda sudah memilih PTN anda juga langsun diminta untuk pengisian PTN sebagai ketentuan 3 pilihan program studi khusus Campuran, 2 untuk saintek dan 2 pilihan program studi soshum.


Mengunggah Foto


Klik selanjutnya anda akan masuk pada tahap unggah foto disini peserta mempersiapkan beberapa ketentuan yang ada seperti ukuran foto sesuai ketentuan yang berlaku jangan sampai anda upload foto selain foto resmi ada, karena ada banyak orang yang tidak bisa edit foto dan hasilnya yang diupload ukuran foto pas untuk tokoh kartun misalhnya dan lainnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi sederhan Paint pada PC anda untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan. berikut adalah ketentuan foto tidak boleh melebihi ketentuan ini Wajah siswa terlihat jelas, Pakaian rapi, Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel, Format JPEG (.jpg), Ukuran file tidak lebih dari 1 MB untuk penjelasan akurat dapat dilihat pada gambar. Anda bisa gunakan teknik sederhana untuk melakukan editing baik pada situs atau diluar situs ini dengan mengcrop ukuran sampai sesuai dengan yang dinginkan untuk ilustrasi contoh foto.


Pengisian Form Pendaftaran

Klik lanjut anda akan diharapakan pada tahap berikutnya yaitu pengisian formulir pendaftaran pada proses ini cukup lumayan panjang dalam pengisina formulir ini terdapat beberapa hal yang harus diisi seperti “PTN dan Program Studi” kemudian “Data Diri anda”, “Biaya pendidikan selama sekolah selanjutnya “Data Orang Tua kemudian verifikasi pendaftaran klik lanjut pada kolom ini.
 

Mengisi Prestasi


Pada form ini anda akan diminta mengisi prestasi selama anda sekolah baik itu akademik, olahraga, seni atau lainnya selain itu dalam pengisian prestasi anda dapat mengungah maksimal 3 bukti prestasi seperti sertifikat atau piagam isi prestasi terbaik dan tertinggi selama sekolah pengisian dilakukan.


Mengisi Portopolio

Pengisian ini diperuntukan untuk mereka yang memilih program studi olahraga dan seni selain itu untuk ketentuan pengisian dilakukan dalam beberapa hal diantaranya Saat membuat portofolio, gunakan template yang telah disediakan. Portofolio yang telah dibuat harus diunggah pada laman ini. Unggah portofolio yang telah dibuat. Beberapa portofolio harus dilengkapi dengan video. Unggah video di tempat yang disediakan.

Ukuran portofolio tidak boleh lebih dari 10MB dan ukuran video tidak boleh lebih dari 15MB. Sebaiknya Anda tidak mengunggah portofolio dan video pada 3 hari terakhir masa pendaftaran SNMPTN. Unggahlah di masa awal pendaftaran untuk menghindari kegagalan saat mengunggah karena ada banyak siswa yang sedang terhubung ke server. Untuk lebih jelas lihat pada gambar tampilan pengisian portopolio.


Mengisi Portopolio SNMPTN

Jika Anda sudah menggunggah portofolio dan portofolio harus dilengkapi video, maka akan muncul tampilan untuk menunggah video seperti berikut: Sedikit berbeda jika anda mengungah dokumen pada file ini akan muncul penampakan seperti dibawah ini nah selain itu anda juga bisa mengubah portopolio.


Verifikasi Peserta Bidik Misi.

Jika anda peserta Bidik Misi anda tidak boleh melewatkan verifikasi ini caranya cukup mudah tinggila masukan Pin dan Kap yang ada pada form Beasiswa, bagi peserta non bidik misi dapat melewatkan langkah ini sedikit catatan bagi peserta bidik misi tidak bisa memilih Universitas Islam Negeri (UIN/IAIN).


Finalisasi Pendaftaran

Jika pendafftaran sudah selesai dilakukan, Anda dapat melakukan finalisasi pendaftaran. Setelah finalisasi, data pendaftaran tidak dapat diubah kembali. Pastikan kembali seluruh data yang diperlukan sudah Anda isikan. Untuk melakukan finalisasi, klik tombol Finalisasi Pendaftaran.

Selanjutnya anda akan menemukan kompirmasi untuk melakukan finalisasi dimana ada beberapa ketentuan yang ada pada situs resmi harap ceklist semua pertanyaan yang ada, pastikan semua data yang anda isi benar, Tahap selanjutnya finalisasi yang sudah dilakukan akan muncul seperti pada situs klik Finalisasi pendaftaran Jika sudah yakin anda lakukan silahkan finalisasi, nah hasil dari data yang telah terfinalisasi akan seperti petunjuk pendaftaran.


Mencetak Kartu Peserta

Pada tahap ini kita akan dihadapkan pada proses akhir dari pendaftaran yaitu cetak kartu hanya saja untuk cetak kartu peserta bisa diundah sesuai waktu yang telah ditetapkan SNMPTN, untuk cetak kartu peserta lakukan undahan kemudian ikuti tahap selanjutnya.

Untuk cetak kartu peserta dibutuhkan Nomor Ujian Nasional dan tahun mengikuti ujian nasional ini akan muncul pada saat anda ingin mengundah kartu klik simpan pada link kompirmasi peserta untuk.

Setelah proses tersebut selesai anda bisa melanjutkan dan dihadapkan pada link download kartu peserta SNMPTN, Hasil dari undahan yang anda lakukan adalah kartu peserta untuk bukti bahwa anda telah selesai melakukan pendaftaran jangan lupa untuk print kartu tersebut nantinya akan digunakan sebagai persyaratan kelengkapan jika anda lulus berikut ini adalah kartu yang dimaksud.

Nah sebagai tambahan jika anda lupa password login anda dapat memperbaiki kesekolah atau dapat menanyakan kepihak sekolah, usahakan password aman tetapi yang tidak kalah penting adalah password selain aman harus mudah dingingat, dari beberapa informasi pendaftaran online PDSS SNMPTN Siswa diatas maka dapat disimpulakn mengenai pendaftaran masuk untuk SNMPTN sudah selesai jika anda telah memasuki tahap ini.

Selanjutnya tinggal menunggu pengumuman kelulusan SNMPTN, demikianlah semoga apa yang telah diberikan dapat memberikan manfaat untuk kita semua jangan lupa untuk terus update semua pendaftaran yang ada sesuai ketentuan yang berlaku hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi masuk SNMPTN terima kasih selamat mencoba dan semoga berhasil. Bagi yang belum lulus atau belum memiliki kesempatan mengikuti jalur ini masih ada Pendaftaran SBMPTN setelah ini yang tidak kalah fovorite degan SNMPTN.