Kapan Beasiswa LPDP 2024 Dibuka ?


lpdp.kemenkeu.go.id - Kapan Beasiswa LPDP 2024 Dibuka - Kepana semua orang berburu beasiswa LPDP ? bahkan ada yang mengikuti seleksi sebanyak 20 kali baru lulus, apa keistimewaan dari beasiswa LPDP ? secara umum alokasi bantuan pendidikan yang terbesar ada di LPDP, alasan orang mengikuti beasiswa ini salah satunya adalah beasiswa terlengkap hampir semua biaya akan ditanggung LPDP.
 
Bahkan saat ini semua beasiswa pemerintah yang ada di Indonesia dialihkan seluruhnya di LPDP, tujuannya agar pemerintah bisa mengalokasikan dana secara fokus dalam satu anggaran. Selain itu sumber beasiswa LPDP langsung dari kementerian keuangan yang bersumber dari APBN, tidak main-main jumlah beasiswa yang diberikan sangat besar.
 

 
Beberapa pengalaman teman yang sudah lulus LPDP menyampaikan selama kuliah beasiswa LPDP dapat menjamin kehidupan sepenuhnya bahkan ada istilah lebih besar beasiswa LPDP dari pada gaji yang akan diterima setelah lulus. Tidak hanya fokus pada pendidikan dalam negeri tetapi mayoritas beasiswa LPDP tujuan belajar ke luar negeri.
 
Apa saja yang ditanggung oleh LPDP, selain dari biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan dan menetap di satu negara tau daerah yang jumlahnya milyaran. Bahkan bagi yang berada di luar negeri mereka dapat sambil menyekolahkan anaknya selama kuliah. Selain itu Beasiswa LPDP menjadi yang terbesar diberikan oleh perintah.
 
Bagi yang sudah menikah selama kuliah dapat menghidupi keluarga dari beasiswa tanpa harus bekerja dan fokus pendidikan. Namun ironinya banyak lulusan LPDP yang sudah diberikan beasiswa tidak mau kembali ke Indonesia karena berbagai alasan, selain itu banyak juga yang mengajukan perpanjangan beasiswa hanya untuk berlama-lama menikmati beasiswa negara ini.
 
Sebagai calon mahasiswa yang akan menerima beasiswa LPDP seharusnya hal semacam itu tidak terjadi lagi, keunggulan lain beasiswa ini dibuka dua kali dalam satu tahun, atau lebih sederhananya beasiswa LPDP dibuka hampir sepanjang tahun. Apalagi bagi pelamar yang ingin kuliah di dalam negeri menggunakan beasiswa LPDP akan sangat terbuka.
 
Bahkan dibeberapa wawancara beasiswa LPDP, pemerintah tidak menetapkan batas kuota khusus bagi pelamar artinya siapa saja yang dinyatakan memenuhi syarat dipastikan akan lulus LPDP. Hanya saja karena beasiswa menjadi yang paling favorite maka seleksinya tidak main-main ratusan ribu orang setiap tahun berlomba-lomba mengikuti seleksi LPDP.
 
Tidak sedikit calon mahasiswa penerima beasiswa LPDP yang ikut seleksi mulai dari 1-30 kali seleksi baru lulus, enaknya tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti LPDP, beberapa beasiswa seperti Afirmasi juga mematok nilai bahasa inggris yang masih bisa dijangkau oleh pelamar yang memiliki keterbatasan dalam bahasa inggris.

 

Jadi Kapan Beasiswa LPDP Dibuka ?

Setiap tahun Beasiswa LPDP membuka pendaftaran dua kali yaitu pada tahap 1 dan tahap 2 diantara kedua tahap tersebut rentang beasiswa waktunya sebagai berikut :

Tahap 1 

  1. Pembukaan Pendaftaran 11 Januari - 12 Februari Tahun ini
  2. Seleksi Adminstrasi 15-28 Februari Tahun ini
  3. Pengumuman Hasil seleksi Adminstrasi 1 Maret Tahun ini 
  4. Masa Sanggahan Hasil Seleksi Adminstrasi 2-3 Maret Tahun ini
  5. Pengumuman Hasil Sanggahan Seleksi Adminstrasi 14 Maret Tahun Ini
  6. Seleksi Bakat Skolastik 18 - 22 Maret Tahun ini
  7. Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik 27 Maret Tahun ini 
  8. Seleksi Subtansi 2 April - 31 Mei Tahun ini
  9. Pengumuman Hasil Seleksi Subtansi 10 Juni Tahun ini 
  10. Mulai Perkuliaha paling Cepat Juli Tahun ini

Tahap 2

  1. Pembukaan Pendaftaran 19 Juli - 18 Juli Tahun ini
  2. Seleksi Adminstrasi 22 Juli - 7 Agustus Tahun ini
  3. Pengumuman Hasil seleksi Adminstrasi 9 Agustus Tahun ini 
  4. Masa Sanggahan Hasil Seleksi Adminstrasi 10 - 11 Agustus Tahun ini
  5. Pengumuman Hasil Sanggahan Seleksi Adminstrasi 21 Agustus Tahun Ini
  6. Seleksi Substansi 10 September - 25 Oktober Tahun Ini
  7. Pengumuman Seleksi Bakat Sklastik 5 September Tahun ini 
  8. Seleksi Subtansi 10 September - 24 Oktober  Tahun ini
  9. Pengumuman hasil Seleksi Sumbtansi 7 November Tahun ini 
  10. Mulai Perkuliaha paling Cepat Januari Tahun Depan

Bagaimana Cara Mendaftar LPDP ?

Proses pendaftaran melalui daring untuk rincian pendaftaran dapat diikuti dibawah ini :

  1. Mendaftar melalui link https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2.  Buat akun terlebih dahulu
  3. Lengkapi semua dokumen persyaratan
  4. Pastikan melakukan submit sampai mendapatkan kode registrasi.
  5. Pastikan semua dokumen masih berlaku.

Persyaratan Penting

  1. LoA Unconditional dari perguruan tingg dan program studi.
  2. Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapka LPDP terkait waktu perkuliahan paling cepat dizinkan.

Program Beasiswa LPDP

  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia
  • Beasiswa Parsial

Program Afirmasi

Bagi yang merasa bahasa inggris kurang dapat mengukuti jenis beasiswa ini karena masih bisa diikuti dengan syarat mahasiswa yang melamar memiliki domisili pada satu daerah dan syarat dibawah ini :

  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa Putra-Putri Papua
  • Beasiswa Daerah Afirmasi
  • Beasiswa Prasejahtera

Program Targeted

  • Beasiswa PNS, TNI, POLRI
  • Beasiswa Kewirausahaan
  • Beasiswa Pendidikan Kader Ulama
  • Beasiswa Dktor Spesialis dan Subspesialis
  • Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional
  • Beasiswa Prioritas LPDP, NTU Progam MBA, NTU Program Doktor, Campus Frence Program Master, UC Davis Program Doktor, UNSW Progam Doktor, Diktiristek LPDP-OKP Program Master, NUS Program Master Bidang Kewirausahaan.

Program Double Degree

Ada banyak sekali program beasiswa yang dibuka setiap tahun oleh LPDP mayoritas program luar negeri dan dalam negeri yang bisa diikuti, tanpa harus mengkwatirkan biaya selama pendidikan, kita dapata fokus menyelesaikan program beasiswa tanpa harus membagi fokus untuk mencari uang tambahan, tidak hanya biaya kuliah yang jumlahnya sangat besar tetapi biaya hidup, ongkos perjalanan pulang pergi.

Biaya pengurusan dokumen sampai dengan biaya darutat akan diberikan oleh LPDP jika lulus, tunggu apalagi bagi yang ingin kuliah bisa mengikuti program untuk proses pendaftaran tidak terlalu sulit hanya saja semua persyaratan harus mengikuti standar dari LPDP, sebaiknya baca dengan teliti saat melakukan pendaftaran, jangan sampai sudah disiapkan ternyata syarat tidak diakui dan harus mengulang membuat persyaratan lagi.

Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat, segera ikuti karena program beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun semoga bermanfaat, admin doakan semoga tahun ini lulus beasiswa LPDP.