Pengumuman UTBK SNBT SNPMB Kemdikbud 2024/2025


Pengumuman UTBK SNBT SNPMB Kemdikbud 2024/2025 - UTBK saat ini bukan sekedar seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri saja tetapi rekan-rekan calon mahasiswa juga dapat mengikuti semua perguruan tinggi negeri, PTKIN, sebagian PTK, Politeknik Negeri berkumpul menjadi satu, bahkan menjadi satu-satunya seleksi yang paling bergengsi di Indonesia.

Setelah penghapusan ujian nasional tolak ukur pemetaan untuk kwalitas pendidikan dapat diukur melalui hasil UTBK, dimana peringkat sekolah nasional juga diukur melalui UTBK, tidak hanya sebatas untuk seleksi masuk kuliah saja tetapi dunia kerja sudah mengharuskan siswa/i untuk memiliki nilai UTBK sebelum melamar kerja.

Bisa dibilang saat ini Nilai UTBK sebagai tolak ukur kemampuan siswa/i secara nasional, kegunaan lain nilai UTBK dapat untuk mendaftar PTS maupun jalur mandiri. Pastikan kalian mengikuti UTBK setelah lulus sekolah karena jika tidak ikut maka tahun depan tidak bisa ikut lagi, seperti kita ketahui bersama ada batas maksimal megikuti UTBK sebanyak 3 kali. 

 Jika tahun pertama tidak ikut UTBK maka otomatis akan hangus dan tidak bisa ikut UTBK. Secara umum nilai UTBK memang bukan segalanya tetapi memiliki peran yang cukup penting bagi kelangsungan karir, pendidikan bahkan peringkat sekolah kita di tingkat nasional apabila kita memiliki nilai UTBK maka semuanya akan menjadi lebih mudah karena bisa dengan satu kali bayak tes bisa digunakan untuk beberapa kali.

Hari ini kita tidak akan membahas mengenai mekanisme UTBK karena hal tersebut sudah lewat, kita akan membahas lebih mendalam mekanisme pengumuman SNBT yang akan dilaksakanan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Ada beberapa kampus yang bertugas sebagai menyediakan link mirror membantu kelancaran pengecekan pengumuman UTBK.

Sebelum lanjut lebih jauh kita akan membahas sedikit terkait dengan untung rugi mengikuti mengikuti atau tidak mengikuti UTBK untuk lebih jelas simak selengkapnya :

 Kelebihan Mengikuti Seleksi UTBK SNBT

  1. Jika tahun pertama ikut UTBK maka dua tahun kedepan bisa tetap ikut sampai batas 3 kali seleksi selama 3 tahun berturut-turut, namun jika setelah lulus sekolah tidak ikut UTBK maka dipastikan 3 kali kesempatan tersebut hangus dan menutup mimpi untuk kuliah di PTN selamanya.
  2. Nilai UTBK dapat digunakan untuk mengukur kemampuan akademik secara nasional dan berlaku diseluruh Indonesia.
  3. Nilai UTBK penentu kelulusan SNBT
  4. Nilai UTBK dapat digunakan untuk seleksi PTN, PTKIN, POLITEKNIK Negeri, PTK.
  5. Nilai UTBK berguna untuk Seleksi Jalur Mandiri PTN maupun PTS.
  6. Nilai UTBK dapat mengukur peringkat nasional sekolah kita.
  7. Digunakan sebagai syarat melamar kerja terutama BUMN.
  8. Satu kali bayar biaya UTBK dengan berbagai manfaat kegunaan.

Kekurangan Mengikuti Seleksi UTBK SNBT

  1. Untuk lulus di PTN peringkat 15 terbaik di Indonesia harus mencapai nilai 700 hasil UTBK jika tidak maka dipastikan tidak lulus SNBT
  2. Untuk lulus PTN peringkat 20 terbaik dan seterusnya dibutuhkan nilai UTBK 600.
  3. Minimal nilai yang harus didapat mendekati 600 untuk bisa lulus SNBT.
  4. Opsi jawaban soal UTBK membingungkan karena selama sekolah tidak pernah menjawab bentuk soal selain opsi ABCDE, sedangkan bentuk soal UTBK beragam ada benar salah, mencocokan, melengkapi, ceklist, menentukan ide kalimat tidak hanya satu jawaban dan lainnya hingga menyulitkan peserta.
  5. Banyak yang terkejut dengan soal UTBK yang berbeda dengan ujian sekolah.
  6. Wajib ikut UTBK jika ingin kuliah di PTN.
  7. Harus mengeluarkan biaya pendaftaran.
  8. Nilai UTBK tahun ini hanya berlaku satu tahun saja.
  9. Beberapa perusahaan mengharuskan melampirkan nilai UTBK sebagai syarat mendaftar jika tidak ada maka tidak bisa ikut melamar pekerjaan tersebut.
     

Hasil seleksi UTBK SNBT dapat diakses melalui link pengumuman beberapa PTN yang tersebar diseluruh Indonesia seperti berikut :

  1. https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  2. https://snbt.ipb.ac.id 
  3. https://snbt.unnes.ac.id 
  4. https://snbt.isbi.ac.id
  5. https://snbt.unp.ac.id 
  6. https://snbt.itb.ac.id
  7. https://snbt.unpad.ac.id 
  8. https://snbt.itk.ac.id
  9. https://snbt.unram.ac.id 
  10. https://snbt.its.ac.id 
  11. https://snbt.uns.ac.id 
  12. https://snbt.ugm.ac.id 
  13. https://snbt.unsika.ac.id 
  14. https://snbt.uho.ac.id 
  15. https://snbt.unsrat.ac.id 
  16. https://snbt.ui.ac.id 
  17. https://snbt.unsri.ac.id 
  18. https://snbt.ulm.ac.id 
  19. https://snbt.untan.ac.id 
  20. https://snbt.unair.ac.id 
  21. https://snbt.untirta.ac.id 
  22. https://snbt.unand.ac.id 
  23. https://snbt.unud.ac.id 
  24. https://snbt.undip.ac.id 
  25. https://snbt.uny.ac.id 
  26. https://snbt.unej.ac.id
  27. https://snbt.upnjatim.ac.id 
  28. https://snbt.unesa.ac.id 
  29. https://snbt.upnvj.ac.id
  30. https://snbt.unhas.ac.id 
  31. https://snbt.usk.ac.id 
  32. https://snbt.unimal.ac.id 
  33. https://snbt.usu.ac.id 
  34. https://snbt.unimed.ac.id
  35. https://snbt.ut.ac.id 
  36. https://snbt.unja.ac.id 
  37. https://snbt.undiksha.ac.id 
  38. https://snbt.unm.ac.id 
  39. https://snbt.utu.ac.id

Peserta UTBK cukup mengakses salah satu link yang bisa bisa diakses kemudian masukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir, langkah selanjutnya lihat hasil, terdapat dua kemungkinan lulus atau tidak lulus, setelah tidak lulus SNBT kita bisa langsung mempersiapkan diri untuk mengikuti Jalur Mandiri, sedangkan yang lulus dapat langsung mengakses link pendaftaran ulang masing-masing kampus.

Lanjutkan untuk mendaftar ulang dengan mengisi data sesuai dengan identitas, bagi peserta KIP Kuliah yang berada dekan dengan PTN maka akan dilakukan pengecekan kerumah langsung untuk memastikan layak atau tidak sedangkan peserta KIP Kuliah yang lulus UTBK namun jauh jika dirasa meragunakan akan dilakukan pengecekan via video call wa.

Tetapi jika tidak ada pengecekan berarti data yang sudah diberikan dianggap tidak meragukan sehingga tidak perlu ada pengecekan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi form pendaftaran ulang termasuk data diri, data orang tua, penghasilan dan ekonomi keluarga, jumlah aset, prestasi dan lainnya harus diisi.

Setelah selesai melakukan pendaftaran ulang langkah selanjutnya membayar uang UKT, tetapi jika dirasa UKT yang diterima tidak sesuai maka yang harus dilakukan adalah mengajukan penurunan UKT sampai proses wawancara selesai dan UKT diturunkan baru mendaftar, namun jika dirasa sudah sesuai tidak perlu mengajukan penurunan lagi, beberapa kasus orang tua yang sudah sesuai namun tidak puas dan memaksa mengajukan penurunan UKT bukan malah turun tetapi sebaliknya malah naik.

Sembari proses tersebut berjalan ada dua tahap perlu dilakukan yaitu memeriksa kesehatan melaui klinik atau rumah sakit PTN lulus akan diperiksa tes narkoba dan tes kesehatan lain secara lengkap, setelah proses cek kesehatan selesai mahasiswa akan menerima berkas sudah dinyatakan sehat sebagian kampus bisa kembali membuka menu pendaftaran ulang untuk kembali upload bukti kesehatan dan sebagian juga menerapkan sistem manual dengan menyerahkan ke Rektorat kampus.

Sampai saat ini semua proses PTN melalui online, jika dirasa sudah silahkan untuk melengkapi data seperti foto dan lainnya untuk membuat KPM sementara setelah menyelesaikan proses pendaftaran ulang tersebut kita akan resmi menjadi mahasiswa, jangan lupa untuk membayar UKT sesuai jadwal.

Untuk tugas selanjutnya yang harus dilakukan menghampiri kakak tingkat yang membuka stan untuk mencari tau dan meminta dimasukan ke group wa untuk melengkapi tugas perkenalan kampus, biasanya tugas yang dikerjakan akan di infokan melalui group, untuk mengetahui informasi tersebut silahkan untuk mencari Stan mahasiswa sesuai program studi tempat anda lulus.

Kerjakan semua tugas yang diberikan kakak tingkat sebagai bagian dari perkenalan kampus, biasanya tugas berupa tertulis, video, gambar, dan lainnya. Pastikan mengerjakan semua tugas tersebut sebelum perkuliahan perdana dilakukan. Tunggu kuliah perdana, dan tahap terakhir adalah mengisi KRS secara online untuk mengambil mata kuliah semester 1.

Mata kuliah bisa dilihat di buku panduan, atau bertanya kepada kakak tingkat maupun admin program studi, untuk login akademik biasanya menggunakan login akun saat pendaftaran ulang, namun jika tidak bisa bisa bertanya kepada admin program studi mengenai login akademik, sebagian kampus yang sudah baik sistemnya akan dibentuk kakak pendamping yang akan membantu adik tingkat mengurusi akademik.

Sampai pada tahap itu semua proses selesai, khusus untuk penerima KIP harus menyelesaikan satu tahap lagi untuk membuat buku tabungan sebagai sumber penerima dana Beasiswa yang akan dilakukan setelah SK penetapan keluar bersamaan dengan itu melampirkan KPM untuk syarat membuka buku tabungan beasiswa ke bank kas kampus atau bank yang ditunjuk oleh kampus.

Setelah selesai pada 3 bulan setelah membuat rekening mahasiswa akan menerima dana KIP Kuliah langsung masuk rekening yang sudah dibuat. Sampai pada tahapan ini mahasiswa lulusan SNBT sudah selesai dan resmi menjadi mahasiswa, sebelum semua tahapan selesai status lulus bisa dicabut atau dibatalkan jika tidak melakukan pendaftaran ulang sesuai batas waktu yang ditetapkan.