Cara Membuka Lowongan di Jobstreet 2024/2025


Cara Daftar Loker Jobstreet & Cara Membuka Lowongan di Jobstreet 2024/2025 - Banyak sekali pertanyaan seputar Jobstreet salah satu penyedia lowongan kerja yang paling terkenal. Ada banyak lulusan Sekolah maupun perguruan tinggi yang sudah apply pekerjaan di situs Jobstreet ini namun tidak ada satupun yang mendapatkan panggilan dari perusahaan.
 
Pertanyaan apakah Daftar Loker di Jobstreet work atau hanya scam ? karena dari sebagian besar orang merasa tidak ada satupun lamaran kerja yang diajukan di respon perusahaan, apalagi mendapatkan panggilan dari penyedia layanan lowongan kerja. Kali ini admin akan bercerita tentang pengalaman admin melamar pekerjaan melalui Jobstreet.
 

Awal cerita beberapa bulan yang lalu diakhir tahun admin kesulitan mendapatkan pemasukan karena usaha yang sedang dijalani tidak menghasilkan uang, mau tidak mau harus putar otak dalam pikiran harus segera mencari pekerjaan karena ada anak dan istri yang harus di nafkahi, bahkan sempat pesimis karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan.
 
Bahkan sudah hampir jual rumah dan memutuskan untuk pindah karena tidak ada pekerjaan, karena penjualan aset tidak liquid jadi belum laku-laku, satu-satunya cara adalah mencari pekerjaan. Karena tidak percaya dengan loker yang ada di Internet/Online akhirnya memutuskan untuk keliling masukan lamaran hampir puluhan lamaran dibuat.
 
Untuk biaya print dan membeli amplop tidak murah terkadang inilah yang menjadi kendala dimasa sulit tidak memiliki penghasilan kita harus tetap mengeluarkan biaya yang sangat besar rata-rata untuk sekali mengirim lamaran menghabiskan 20 rb tinggal dikalikan saja berapa lamaran yang dikirim, ratusan ribu habis hanya untuk menyebar lamaran.
 
Rata-rata perusahaan berskala sedang dan kecil akan menjelaskan dapat dari mana informasi lamaran, apakah ada keluarga atau orang yang dikenal, namun jika tidak ada para perusahaan hanya menjelaskan bahwa tunggu saja informasi bukaan pendaftaran dari media sosial atau dari website lowongan kerja. Setiap kali mengirim berkas jawabannya tetap sama belum ada bukaan dan disuruh pantau melalui online.
 
Dengan percobaan yang tidak sedikit akhirnya admin memutuskan pulang dengan tangan kosong. Baru mulai mencoba mencari pekerjaan melalui banyak website penyedia lowongan kerja, yang paling terkenal dan besar adalah Jobstreet, dari awal admin mulai mendaftar dengan mengisi biodata :
 
Cara Daftar Loker Jobstreet
  1. Melalui halaman https://www.jobstreet.co.id/ klik menu Masuk
  2. Pada bagian bawah ada Pengguna Baru ? Daftar Gratis Sekarang
  3. Lengkapi Nama Depan dan Nama Belakang, email dan kata sandi
  4. Lakukan kompirmasi pada email.
  5. Setelah itu login kembali ke Jobstreet 
  6. Mulai isi biodata lengkap seputar data diri, pendidikan, pengalaman, skill dan gaji yang diinginkan
  7. Setelah itu mulai buat CV format pdf untuk di upload 
  8. Setelah semua selesai tinggal cari di dasboard akan muncul rekomendasi pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan.
  9. Bahkan kita bisa mencari pekerjaan sesuai dengan minat atau lulusan masing-masing, gaji yang ditawarkan bahkan provinsi domisili.

Karena tidak ada pekerjaan yang sesuai dengan jurusan admin akhirnya admin coba untuk melamar pekerjaan berbeda dengan latar bekalang pendidikan, dan coba apply sebanyak-banyaknya tidak peduli lokasi atau lainnya, setelah ratusan ribu pekerjaan dilamar melalui Jobstreet tidak ada satupun yang dipanggil.

Berbulan-bulan tidak satupun pekerjaan yang dipanggil bahkan, kita bisa melihat history keterangan lamaran hanya dikirim tidak ada satupun perusahaan yang melihat profil saya. Karena awal membuat akun di Jobstreet juga asal-asalan jadi mungkin tidak ada perusahaan yang tertarik dengan lamaran saya. Setelah berjalan hampir 6 bulan akhirnya admin memutuskan untuk membuat akun baru dengan serius dan rapi.

Sempat terpikir dalam hati apakah Jobstreet hanya website hoax saja atau yang salah diri saya, berulang kali memikirkan hal tersebut, akhirnya memutuskan untuk membuat akun baru yang lebih serius tidak asal-asalan dan rapi, selisih 1 bulan banyak panggilan telpon masuk untuk mengikuti tes atau wawancara, namun masih ragu karena takut penipuan.

Setelah di datangi benar memang panggilan sesuai lamaran dan mengikuti beberapa kali tes dan wawancara sampai akhirnya mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan dan gaji yang diinginkan dari pengalaman tersebut admin dapat menyimpulkan beberapa hal pertama memang jobstreet tempat loker kredibel selama ini kita hanya kurang tepat menyampaikan informasi melalui akun lamaran.

Layaknya lamaran kerja offline, sistem loker online juga mengharapkan kita patuh anak syarat dan ketentuan yang berlaku, jika diawal sudah tidak memenuhi persyaratan sudah pasti profil kita tidak akan dilirik, dari pengalaman pribadi ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat melamar di Jobstreet diantaranya sebagai berikut :

 

Hal Yang Harus di Hindari Saat Melamar di Jobstreet Agar Dihubungi Perusahaan

 

Profil Akun Yang Asal-Asalan

Seringkali kita merasa bahwa loker online tidak serius jadi dalam mencantumkan informasi di akun jobstreet asal-asalan, padahal sebagai pencari kerja kita harus memuat informasi yang dapat menarik pemberi kerja untuk mewawancarai kita sesbagai salah satu kandidat keryawan mereka hal ini perlu diperhatikan.

 

Tidak Melampirkan CV 

Meski pelamar dizinkan untuk melamar tanpa melampirkan CV atau lamaran kerja, tetapi hal itu tidak akan diproses oleh perusahaan, pastikan mengupload CV yang memuat informasi data diri, pengalaman, pendidikan dan skill yang dimiliki harus sesuai dengan loker yang dilamar.

 

Memilih Loker Diluar Domisili

Biasanya karena di provinsi atau kabupaten dan kota tempat kita tinggal tidak ada perusahaan yang membuka lowongan kerja akhirnya kita memilih secara serampangan lowngan kerja yang muncul semua diapply tanpa memikirkan lokasi domisili. Rata-rata perusahaan ingin mencari karyawan atau pekerja yang domisili sama dengan perushaan. Jika di provinsi atau kota dan kabupaten kalian tidak ada lowongan kerja yang dibuka sebaiknya menunggu samapi dibuka baru apply akan sia-sia jika memilih perushaan jauh kecuali perusahaan multi nasional biasanya memang mencari kandidat karyawan tidak terbatas di suatu wilayah tertentu saja, tetapi tidak semua perusahaan memiliki kemampuan tersebut pastikan untuk memilih domisili yang sama, jika tidak ada sabar menunggu.

 

Melamar Tidak sesuai Syarat dan Jurusan

Dalam setiap lamaran terdapat syarat yang harus dipenuhi tertulis baik menggunakan bahasa indonesia maupun bahasa inggris, jika sejak awal sudah tidak sesuai syarat jangan harap profil kalian di lihat perusahaan. Satu lagi terkadang kita sebagai pelamar hanya mempertimbangkan pekerjaan tanpa melihat latar belakang pendidikan, banyak pelamar online yang apply pekerjaan tidak sesuai dengan jurusunya ini dipastikan tidak akan diproses lebih lanjut maka sebaiknya hindari hal tersebut.

 

Kesesuaian Gaji Yang Ditawarkan dengan Keinginan Kita

Di dalam profil Jobstreet kita harus melihat gaji yang ditawarkan perushaan apakah sesuai dengan gaji yang kita inginkan jika sama atau lebih rendah artinya cocok dan dapat lanjut apply namun jika keinginan gaji kita lebih tinggi dari perushaan sebaiknya tidak usah melamar karena tidak akan diproses lebih lanjut, perusahaan tertarik merekrut karwayan jika gaji yang mereka tawarkan cocok dengan kebutuhan kita. Hindari memilih loker yang gajinya lebih rendah dari keinginan kita.

 

Kesimpulan

Tidak perlu banyak apply pekerjaan di Jobstreet cukup mencari di menu pencarian dengan mencocokan jurusan dan domisili kita apabila apa yang kita cari ternyata tidak ada maka tidak perlu mencari pekerjaan lain cukup menunggu sampai dibuka. Lebih baik sedikit lamaran diajukan tetapi berada di kota atau kabupaten yang sama dengan domisili kita dibandingkan banyak melamar tapi tidak diproses selain itu kesesuaian gaji dan jurusan menjadi prioritas penting untuk dapat diproses lebih lanjut.

Semoga pengalaman admin bisa membantu kalian mendapatkan pekerjaan baru, selain itu kita harus memanfaatkan situs penyedia lowongan kerja lainnya tidak hany di Jobstreet saja. Semoga bermanfaat selamat mencoba.