Beasiswa OSC 2024/2025


Beasiswa OSC 2024/2025 - Telah dibuka Besiswa OSC merupakan beasiswa menggunkan tes online untuk yang ingin kuliah S1 atau yang ingin melanjutkan jenjang S2, beasiswa ini diberikan oleh induk perusahaan Metrotv yang bekerjasama dengan perguruan tinggi swasta telah dimulai sejak tahun 2015 dan masih dibuka setiap tahun.
 
Jika kita ingin mengikuti seleksi yang murni dan terbuka tanpa ada unsur orang dalam ikutilah seleksi apaun itu baik beasiswa maupun pekerjaan harus ada sistem tes, lulus atau tidak sesuai dengan hasil tes, jadi kita tau sampai mana kemampuan kita apabila tidak lulus berarti nilai yang diperoleh tidak mencapai target yang telah ditetapkan panitia.
 
 
Salah satu seleksi beasiswa yang admin sukai seperti Beasiswa OSC mereka membuka pendaftaran paling tidak satu atau lebih setiap tahun dengan sistem seleksi online tes yang diadakan serentak, jika kalian alumni S1 yang berencana melanjutkan kuliah S2 tetapi tidak memiliki biaya, saran admin ikuti seleksi beasiswa OSC.
 
Tidak hanya lulusan S1 tetapi bagi lulusa SMA/SMK/MA Sederajat juga dapat mengikuti program beasiswa ini. Beasiswa OSC adalah satu-satunya beasiswa yang menggunakan online tes untuk menyeleksi calon penerima, teruma untuk mereka yang suka mengikuti tes pasti cocok, namun ada harga yang harus dibayar untuk ikut tes ini diantaranya.
 
Setiap peserta yang mendaftar OSC harus membayar uang pendaftaran yang sudah ditentukan oleh pantia, sialnya jika tidak lulus sama seperti ikut seleksi perguruan tinggi biaya yang dibayar akan hangus tetapi hal itu menurut admin sepadan, jika gagal  anggap saja membayar pengalaman yang didapat atau latihan untuk meningkatkan diri.
 
Jika tidak lulus tes online tahun ini maka bisa mengikuti tes online tahun depan, peluang akan terbuka karena tidak ada batasan usia tertentu untuk ikut tes beasiswa ini, sayangnya masih jarang yang mengetahui kalau sistem seleksi beasiswa OSC ini sangat bagus, banyak yang beranggapan bahwa seleksi beasiswa ini sulit dan ketat, apalagi kita sering melihat finalis dari beasiswa OSC ini muncul di stasiun TV seperti metro maka dalam hati akan terasa minder karena beasiswa hanya untuk kalangan atas saja.
 
Kenyataan semua proses seleksi dimulai dari online dengan seleksi yang sama seperti saringan masuk perguruan tinggi pada umumnya, untuk tahun ini dibuka untuk beasiswa S2 apa saja persyaratan yang harus dilengkapi agar bisa mendaftar beasiswa OSC ini berikut informasi lengkapnya :
 
Persyaratan Beasiswa OSC
  1. Berstatus sebagai warga negera Indonesia dibuktikan dengan KTP
  2. Terbuka untuk mahasiswa maupun tenaga pengajar 
  3. IPK Minimal harus diatas 3.00 dari skala 4.00
  4. Alumni dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi
  5. Semua pelamar tidak boleh berstatus sedang menerima beasiswa lain
  6. Memiliki motivasi tinggi untuk kuliah dan menyelesaikannya
  7. Mendaftar secara online 

Pendaftaran Beasiswa OSC

Bagi yang berminat mengikuti dan memenuhi syarat diatas silahkan untuk melanjutkan proses pendaftaran Beasiswa OSC untuk lebih jelas simak seperti dibawah ini :
  1. Kunjungi situs resmi https://osc.medcom.id/register
  2. Isi data dirimu lengkap pilih profil, isi email aktif, Nama lengkap, password, Jenis kelamin, tanggal lahir, alamat lengkap, no hp format +62, pendidikan terakhir, nama perguruan tinggi, universitas tujuan, Pilihan prodi 1 dan prodi 2.
  3. Pilihan perguruan tinggi beasiswa OSC Institut Teknologi Nasional Bandung, Telkom University, Universitas Atma jaya Yogyakarta, Universitas Bunda Mulia, Universitas Esa Unggul, Universitas Gajayana, Universitas Islam Malang, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Mecu Buana.
  4. Ceklist syarat dan ketentuan dan siap mematuhi semua aturan selama mengikuti seleksi Beasiswa OSC.
  5. Klik Daftar OSC
Pembayaran Beasiswa OSC
 
Setelah selesai mendaftar akan cek email untuk melakukan verifikasi pendaftaran melalui email yang sudah dikirim nantinya akan muncul keterangan harap lakukan pembayaran untuk aktivasi akun.
  1. Klik Lanjut ke Pembayaran
  2. Masukan kode vocher registrasi S2 untuk yang sudah membayar klik Aktivasi Vocher.
  3. Bagi yang belum beli silahkan untuk membeli voucher di Tokopedia sebesar Rp. 185,500 atau klik Beli Sekarang.
  4. Pada menu tokopedia akan muncul Online Scholarship copetion OSC klik
  5. Klik Pendaftaran Beasiswa OSC, Klik Lanjut
  6. Pilih Pembayaran
  7. Selesaikan pembayaran
  8. Kemudian kunjungi email sebelumnya masukan pada menu poin 2 Masukan kode vocher registrasi S2 untuk yang sudah membayar klik Aktivasi Vocher.
  9. Akun anda sudah aktif dan dapat mengikuti tahap selanjutnya.

Seleksi Tahap 1 Online Test

Jika akun aktiv dan semua proses pembayaran selesai maka dapat mengikuti tes online sesuai jadwal yang sudah ditetapkan adapun rincian tes sebagai berikut :
  1. Kunjungi situs https://osc.medcom.id/login masukan email dan password 
  2. Mengikuti try out pada tanggal 25 Maret, 1 dan 8 April
  3. Online tes akan dilaksanakan pada tanggal 15 April
  4. Tahap pertama pendaftar mengikuti online test di masing-masing perguruan tinggi yang menjadi pilihan. Soal tes berjumlah 50 soal dengan katagori yang disesuikan dengan stadar masing-masing perguruan tinggi.
  5. Untuk memastikan mekanisme online tes dapat dicek di akun Beasiswa OSC masing-masing secara berkala.
  6. Pengumuman online tes dimulai tanggal 18 April
  7. Bagi yang dinyatakan lulus online test berhak mengikuti tahap berikutnya, yaitu melakukan verifikasi dan seleksi berkas data diri. Setiap pendaftar yang sudah dinyatakan lulus online test dapat melengkapi dokumen.

Seleksi Berkas/Verifikasi Data Diri 

Khusus yang sudah dinyatakan lulus online tes melalui pengumuman yang sudah disampaikan secara terbuka oleh Beasiswa OSC harus melengkapi sejumlah dokumen sedangkan bagi yang tidak lulus tidak perlu, dan bisa mencoba ikut tes tahun depan, Berikut dokumen yang harus dilengkapi :

  1. Form data diri beasiswa OSC S2
  2. Pasfoto ukuran 4x6 dengan warna latar belakang sesuai tahun lahir.
  3. Scan Ijasah atau SKL
  4. Scan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
  5. Scan sertifikat piagam penghargaan akademik atau non akademik jika ada
  6. Portopolio karya jika ada
  7. Berkas akan dikirim ke email kampus OSC sesuai dengan arahan.

Jadwal Beasiswa OSC

  1. Pendaftaran Beasiswa OSC 9 Februari - 12 April 
  2. Try Out 25 Maret, 1 dan 8 April
  3. Online Test 15 April
  4. Pengumuman Online Test 18 April
  5. Verifikasi data diri 19 April - 4 Mei
  6. Pengumuman seleksi berkas 12 Mei
  7. Final Test 19-20 Mei
  8. Pengumuman pemenang beasiswa 27 Mei

Final Test

  1. Final test hanya bisa diikuti oleh pendaftar yang lulus seleksi berkas dan verifikasi selama proses ini akan dinilai kelengkapan dan kelayakan.
  2. Jika sesuai proses seleksi sudah selesai maka akan disampaikan melalui pengumuman seleksi berkasi siapa saja yang berhak mengikuti seleksi tahap akhir
  3. Setelah itu peserta yang lulus seleksi berkas dapat mengikuit final test sesuai dengan ketentuan Beasiswa OSC.
  4. Untuk melihat rangkaian tes tersebut melalui akun OSC masing-masing.
  5. Pengumuman pemenang akan sampaikan sesuai jadwal.

Untuk mengecek pengumuman dapat dicek melalui akun OSC masing-masing atau bisa melalui instagram Beasiswa OSC.