Cara Daftar UTBK-SNBT Melalui Portal SNPMB TA 2024/2025 Terbaru


Cara Daftar UTBK-SNBT Melalui Portal SNPMB TA 2024/2025 Terbaru - https://sso-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id UTBK adalah Ujian Tertulis Berbasis Komputer dengan sistem Seleksi Nasional Berbasis Tertulis yang dibuka serentak ke PTN, PTK, Politeknik Negeri terbaik di Indonesia dalam satu kali tes yang dapat diikuti secara mandiri oleh masing-masing siswa dengan membayar uang pendaftaran dan mengikuti tes sesuai tanggal yang sudah ditetapkan. Rata-rata siswa/i lulusan SMA/SMK/MA sederajat dapat mengikuti tes UTBK sebanyak 3 kali dengan catatan tahun pertama ikut.
 
Sejak jauh-jauh hari calon peserta UTBK-SNBT sudah mempersiapkan pendaftaran, mulai dari membuat akun, sampai dengan mengikuti beberapa try out UTBK-SNBT yang ada baik secara gratis maupun berbayar, nah kini tiba saat yang dinanti untuk Pendaftaran sudah dibuka, pastikan membaca dengan seksama dan teliti tahapan pendaftaran UTBK untuk lebih jelas seperti berikut.



Cara Pendaftaran UTBK SNBT diawali dengan login https://sso-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id kemudian mengisi email dan kata sandi akun yang sudah dibuat beberapa minggu yang lalu, bagi yang belum membuat akun SNPMB sayangnya tidak bisa mendaftar, apabila belum ditutup bisa melakukan registrasi melalui link https://reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Pastikan sudah menyelesakan pembuatan akun sampai pada tahapan simpan permanen.

Setelah berhasil login siswa yang bersangkutan dapat melihat Portal SNPMB, Pilih Pendaftaran UTBK-SNBT, pastikan mengisi data lengkap dari awal hingga selesai adapun data yang harus diisi seperti melengkapi biodata, memilih program studi, mengunggah portopolio, memilih pusat UTBK, hingga Undah Kartu Peserta seperti berikut :

Melengkapi Biodata UTBK-SNBT

  1. Upload ukuran Pas foto dengan latar belakang, biru atau merah tingga sesuaikan, usahakan untuk ukuran file dan format sesuai dengan yang ada di website Portal SNPMB. 
  2. Data diri isi Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, NISN, NIK, NPSN Sekolah, Jurusan Saat Sekolah, Jenis Kelamin, Alamat lengkap, email dan nomor hp.
  3. Khusus peserta Kip Kuliah harus menyelesaikan pendaftaran melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id klik menu Login Siswa. Pada bagian bawah klik Belum Punya akun, buat terlebih dahulu hingga selesai baru melanjutkan pendaftaran UTBK-SNBT. Pada menu pengisian data pribadi akan muncul status KIP Kuliah dan Nomor Pendaftaran nantinya tidak perlu membayar biaya UTBK atau gratis pendaftaran.
  4. Hanya saja khusus untuk KIP Kuliah menggunakan surat ketarangan tidak mampu beberapa yang harus membayar, untuk mengecek apakah harus membayar biaya UTBK-SNBT datap melihat status KIP Kuliah di data pribadi jika terdaftar (Bayar biaya UTBK), itu artinya harus membayar seperti biasa.
  5. Proses selanjutnya mengisi data yang masih kosong seperti data orang tua/wali seperti Nama Ayah/Wali, Nama Ibu, Pekerjaan Ayah dan Ibu, Pendidikan Ayah dan Ibu, Penghasilan mereka berdua, jumlah tanggunggan orang tua, pekerjaan keduanya. Pastikan nama orang tua sama dengan akte kelahiran mereka. Jika tidak memiliki ayah isi Tidak Punya Ayah.
  6. (Khusus peserta berkebutuhan khusus ) ceklist sebagai Tunanetra atau Tunadaksa. klik Ya Saya Yakin.
  7. (Khusus Peserta Berkebutuhan Khusus ) Jangan lupa untuk melampirkan bukti keterangan kebutuhan khusus dengan unggah bukti. Format surat ketarangan dapat didownload di website SNBMP, print, scan dan upload berkas.
  8. Kompirmasi Akhir Pengisian Biodata, cek terlebih dahulu biodata apakah sudah sesuai atau masih ada yang harus diberbaiki. Jika sudah pasti lakukan simpan permanen, semua data yang sudah disimpan tidak akan bisa dirubah lagi.
  9. Klik Simpan Permanen Biodata.
  10. Lanjut ke Pemilihan Program Studi

Memilih Program Studi

  • Lanjut Memilih program studi
  • Khusus untuk peserta KIP Kuliah tidak dapat memilih UIN
  • Tersedia dua pilihan Program studi dengan ketentuan bebas memilih sesuai keinginan.
  • Beberapa program studi dalam rumpun seni dan olahraga mengharuskan untuk melengkapi portopolio.
  • Klik Simpan dan Lanjutkan jika sudah memilih program studi.
     

Menggungah Portopolio

  1. Khusus untuk rumpun ilmu Seni dan Olaharaga beserta turunananya mengharuskan untuk melengkapi portopolio dengan mengunggah sesuai informasi portopolio templet yang sudah disediakan.
  2. Harap membaca format templet portopolio yang harus dibuat 
  3. Jika sudah selesai unggah atau bisa ganti berkas sesuai kebutuhan
  4. Apabila sudah sesuai dengan format maka akan muncul keterangan telah diunggah.
  5. Klik tombol selanjutnya
  6. Khusus untuk peserta SNBT dan ikut SNBT dapat menggunakan portopolio dari SNBP tidak perlu upload ulang.
  7. Khusus untuk yang menggunakan sumber portopolio dari SNBT harus menggunggah berkas bagi yang memilih program studi Seni Rupa, Desain, dan Kriya.
  8. Jenis berkas PPTX dengan ukuran maksimal 50 mb. Klik Unggah.
  9. Jika sudah berhasil akan muncul keterangan Berhasil menggungah Portopolio.
  10. Klik Pilih Pusat UTBK
     

Memilih Pusat UTBK

Pusat UTBK maskdunya disini adalah pemilihan lokasi tes disesuaikan dengan lokasi terdekat dengan tempat tinggal anda. 

  • Pada bagian bawah halan data diri dapat memilih Pusat UTBK yang tersedia seperti memilih PTN terdekat dari lokasi tempat tinggal.
  • Perlu diingat Pemilihan Pusat UTBK berbeda dengan pilihan PTN, pastikan memilih yang lokasi PTN paling dekat.
  • Klik Simpan dan Lanjutkan.
  • Muncul keterangan lokasi tes yang sudah dipilih apabila sudah yakin tidak ada perubahan klik Simpan permanen Pusat UTBK.
  • Kompirmasi akhir Ya Simpan permanen.
  • Apabila sudah berhasill bagi peserta umum akan muncu kode bayar khusus untuk peserta KIP Kuliah dapat langsung Ambil Kartu Peserta kerena tidak perlu membayar alias gratis.
  • Sementara untuk peserta umum pastikan membayar ke bank BNI, Mandiri, BRI pilih salah satu, saran admin bayar lewat mobile bangking lebih mudah dan cepat.
  • Jangan lupa screnshoot Slip Pembayaran
  • Pada menu yang sama Unggah Slip Bayar setelah selesai.
 

Undah Kartu Tanda Peserta.

  1. Semua peserta yang sudah menyelesaikan tahapan pendaftaran dapat melihat rincian pilihan prodi yang sudah dipilh pada kartu peseta.
  2. Pastikan untuk menyimpan Kartu Peserta dengan mengklik tombol Simpan Kartu Peserta
  3. Nantinya kartu tersebut dapat digunakan untuk mengecek hasil pengumuman dan sebagai bukti pendaftaran ulang jika dinyatakan lulus UTBK.
  4. Simpan dengan baik, print kartu tunggu sampai pengumuman UTBK-SNBT.