Beasiswa Tahfidz Kedokteran 2023/2024


Beasiswa Tahfidz Kedokteran 2023/2024 - Alhamdullah saat ini permintah tidak hanya memperhatikan pendidikan tinggi untuk umum saja, para Tahfidz diberikan fasilitas berupa beasiswa S1 Full. Banyak dari Thafidz tidak ingin melanjutkan ke perguruan tinggi karena beberagai alasan, salah satunya takut menggangu dan mendapat pengaruh dari luar yang membuat hafalan mudah hilang.

Dengan adanya beasiswa khusus ini para Tahfidz tidak perlu merasa ragu karena program ini akan mendukung 100 persen hafalan sekaligus sembari kuliah. Sudah seharusnya pemerintah lebih memperhatikan dan memperbanyak kuota untuk para Tahfidz, sebagai salah satu mayoritas muslim terbesar di Dunia kuota yang saat ini masih terbilang kecil.

Melalui Kementerian agama dan berkolaborasi dengan LPDP, pemerintah membuka pendaftaran beasiswa Sarjana Tahfids dalam negeri ke berbagai perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia, baik PTN dan PTKIN. Terkadang para santri dan santriwati Tahfidz enggan kuliah karena lebih memelihara hafalannya dibandingkan harus kuliah dimana pengaruh dari luar seringkali membuat banyak hafalan hilang.

Dengan adanya beasiswa ini para Tahfids tidak perlu merasa takut lagi, karena sudah pasti kampus akan mendukung untuk terus menghafal, dan diharapkan setelah itu juga mendapatkan ijasah sarjana untuk menjalani hidup di Indonesia memang dibutuhkan Ijasah. Terutama bagi mereka yang kalangan kurang mampu namun memiliki kemampuan hafalan yang bagus tentu harus dibantu dengan beasiswa.

Harapannya kedepan dapat mengangkat derajat dari pendidikan lantaran dari menghafal AL-Quran selain itu juga bisa menjadi motivasi anak mudah saat ini dimana hafalan akan menjadi cara terbaik untuk sukses di dunia maupun di akhirat. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas secara rinci terkait dengan siapa saja yang bisa mendaftar beasiswa Tahfids ini dan bagaimana cara mendaftar untuk lebih jelas simak selengkap dibawah ini :


Beasiswa Sarjana (S1) Tahfidz Dalam Negeri

Beasiswa S1 Tahfidz Dalam Negeri adalah beasiswa penuh yang merupakan program beasiswa kolaborasi antara Kementerian Agama dan LPDP untuk 

Kriteria Lulusan

  • Lulusan Madrasah Aliyah
  • Madrasah Aliyah Kejuruan
  • Pendidikan Diniyah Formal
  • Pendidikan Mu’adalah
  • Pendidikan Kesetaraan pada Pesantren Salafiyah/SMA/SMK pada Pondok Pesantren yang memiliki hafalan Al-Qur’an dengan kriteria tertentu sehingga layak untuk melanjutkan studi pada jenjang S1 pada perguruan tinggi di dalam negeri.

Persyaratan

  1. Memiliki ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar pada jenjang pendidikan menengah (Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Kesetaraan pada Pesantren Salafiyah/SMA/SMK pada Pondok Pesantren) dan sederajat.
  2. Belum memiliki ijazah S1 dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri.
  3. Menulis esai yang menjelaskan profil diri, motivasi, dan rencana kontribusi terhadap masyarakat (ditulis dalam bahasa Indonesia, 1.000-1.500 kata);
  4. Memiliki skor TOEFL/IELTS/TOAFL sekurang-kurangnya 450 (2 tahun terakhir) yang dikeluarkan oleh ETS atau Pusat Bahasa PTKIN (untuk TOEFL), Cambridge (untuk IELTS), dan Pusat Bahasa PTKIN (untuk TOAFL) dengan masa berlaku sertifikat maksimal 2 tahun sejak diterbitkan.
  5. Telah diterima sebagai mahasiswa semester 1 tahun akademik 2022/2023 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang telah bekerjasama dengan Kementerian Agama (Daftar Program Studi dan Perguruan Tinggi terlampir);
  6. Memiliki hafalan minimal 10 (sepuluh) Juz yang dibuktikan dengan Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Pondok Pesantren Tahfidz/Lembaga Tahfidz yang diakui oleh Kementerian Agama.

 Beasiswa Hafalan Memilih Program Studi

Adapun beberapa kriteria hafalan yang dimiliki dan relevansinya terhadap jurusan atau program studi yang dipilih, tidak hanya fokus pada ilmu agama para penghafal AL-Quran diberikan keleluasaan untuk memilih jurusan sesuai dengan hafalan yang dimiliki, mulai dari jurusan biasa seperti keagamaan, pendidikan sampai dengan kedokteran dengan fasilitas full beasiswa untuk lebih jelas berikut infonya :

  • Hafidz 30 Juz pembebesan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  • Hafidz Minimal 26 – 29 Juz Keringanan berupa pembebesan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 80% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.
  • Hafidz Minimal 21 – 25 Juz Keringanan berupa pembebesan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 65% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.
  • Hafidz Minimal 16 – 20 Juz Keringanan berupa pembebesan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 50% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.
  • Hafidz Minimal 11 – 15 Juz Keringanan berupa pembebesan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 35% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.
  • Hafidz Minimal 5 – 10 Juz Keringanan berupa pembebesan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan potongan sebesar 20% dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh Prodi selain Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.

Pendaftaran

  • Kunjungi situs resmi https://beasiswa.kemenag.go.id/beasiswa-sarjana-s1-tahfidz-dalam-negeri/ klik menu "Daftar Sekarang"
  • Selanjutnya pilih Menu "Buat Akun" di https://beasiswa.kemenag.go.id
  • Isi Informasi Akun email dan password
  • Isi Informasi Pribadi Nama Lengkap, NIK, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nomor Handphone.
  • Ceklist Captha
  • Klik Buat Akun
  • Klik menu Beasiswa 
  • Pilih Beasiswa Tahfidz
  • Lengkapi menu Peserta pada Profil Isi Identitas, Data Keluarga, Pendidikan, Prestasi, Aktivitas Akademik, Sertifikat Bahasa, Organisasi, Pekerjaan, Sosial Media, dan Upload Berkas.
  • Setelah selesai pastikan memilih beasiswa yang akan diikuti seperti beasiswa Tahfidz
  • Setelah lengkap ajukan berkas.
  • Tinggal tunggu proses selanjutnya.
     

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga bermafaat dan menjadi amal jariah yang berikan Allah untuk informasi yang dibagikan amin. Semoga para Hafidz memberikan doanya untuk kami agar dapat sukses dunia maupun akhirat seperti mereka amin.