Pendaftaran SNBP SNPMB TA 2024/2025


Snpmb.bpp.kemdikbud.go.id - Pendaftaran SNBP SNPMB TA 2024/2025 - Pemerintah kembali melakukan perubahan dalam sistem seleksi prestasi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi langsung dibawah kemedikbud yang akan diberi wewenang untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan. Perubahan sistem seleksi ini akan memberikan dampak yang baik bagi sistem SNPMB yang ada di Indonesia.
 
SNBP adalah Seleksi Nasional Berbasis Prestasi dimana memang seharusnya tidak boleh terpisah dengan Kemdikbud melalui sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru yang akan di awasi langsung oleh Badan Pengelolaan pengujian Pendidikan (BPPP) dimana jika ada perubahan kurikulum maka sistem SNBP akan cepat melakukan adaptasi.
 

Sistem yang lama dirasa kurang cocok dengan perubahan kurikulum baru, hal itu mulai menumbuhkan ketidak percayaan perguruan tinggi negeri, berdasarkan penelusuran tim kuota perimaan jalur prestasi mengalami penurunan disemua PTN yang ada di Indonesia bahkan beberapa sekolah yang bukan unggulan sama sekali tidak ada yang lulus jalur prestasi.
 
Tujuan awal seleksi nasional berbasis prestasi agar siswa berprestasi disekolah dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri melalui prestasi yang di dapat dari sekolah agar apa yang sudah diperoleh selama sekolah tidak sia-sia. Sistem seleksi nasional berbasi prestasi seharusnya harus mendukung perubahan kurikulum.
 
Untuk merealisasikan perubahan sistem kurikulum kedalam seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru lansung dibawah Kemendikbud, agar sistem terjadi tidak hanya dalam proses satuan pendidikan saja tetapi berkesinambungan ke sistem seleksi nasional berbasis prestasi. Admin kira semua ini sudah tepat, untuk proses pendaftaran SNBP SNPMB kedepan akan lebih mudah karena langsung ke data dapodik.
 
Apalagi jika nanti penerapan sistem adminstrasi sekolah yang ada di belajar.id sudah berjalan semua data rapot langsung terhubung ke sistem SNBP dimana proses pendaftaran akan jauh lebih mudah dan cepat dilakukan, jika selama ini sistem SNBP masih menggunakan input data manual kedepan semua akan langsung tersingkronasi dengan data NISN.

Proses pendaftaran dilaksanakan dalam sistem yang hampir mirip namun jauh lebih mudah dilakukan bagi yang ingin mengecek dan melakukan pendaftaran dapat mengikuti prosedur pendaftaran melalui panduan berikut ini :

 

Persyaratan Pendaftaran

  1. Sudah mengikuti ujian sekolah atau akan mengikuti ujian sekolah
  2. Saat mendaftar kelas 12 semester 2.
  3. Lulusan SMA/SMK/MA tahun ini 
  4. Dipilih oleh sekolah untuk mengikuti SNBP 
  5. Jurusan IPA/IPS 
  6. Boleh memilih program studi sesuai dengan minat dan bakat.
  7. Pemilihan PTN dan Prodi lebih fleksibel dapat memilih lebih dari satu.
  8. Memiliki surat keterangan lulus (SKL)/SKHU/Ijasah
  9. Memiliki KTP/Kartu Pelajar
  10. Memiliki KIP bagi yang ingin mengajukan KIP Kuliah
  11. Untuk pendaftaran reguler tidak perlu ada KIP
  12. Masuk peringkat 10 keatas di kelas.
  13. Memiliki prestasi non akademik bagi yang berprestasi non akademik

 

Tahapan Pendaftaran SNBP SNPMB

  1. Proses sosialisasi dan panduan dapat dilihat melalui link http://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Untuk mendaftar SNBP silahkan kunjungi link http://snpmb.bpp.kemdikbud.go.id/ 
  3. Buat akun SNBP bisa dilakukan sendiri atau minta bantuan kepada sekolah
  4. Menunggu proses input data sekolah
  5. Setelah semua selesai siswa/i dapat melengkapi pengisian form pendaftaran.
  6. Isi biodata
  7. Isi Data Orang Tua
  8. Isi Data Pendidikan
  9. Isi Data lainnya
  10. Upload bukti persyaratan
  11. Untuk pengisian portopolio khusus jurusan seni atau olaharaga saat ini jauh lebih mudah dilakukan.
  12. Upload foto
  13. Kirim Berkas
  14. Data akan otomatis terkirim 

 

Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan peserta dapat mendownload bukti pendaftaran, khusus untuk peserta yang tidak terpilih mengikuti SNBP dapat mendaftar jalur SNBT dengan membuat akun terlebih dahulu, baru setelah pengumuman SNBP selesai proses SNBT. Proses seleksi penetapan kelulusan SNBT berdasarkan perhitungan prestasi secara akademik atau non akademik.

Untuk penetapan kuota penerimaan tergantung dari masing-masing akreditasi sekolah dan jejak alumni yang masuk ke PTN tujuan, semakin berprestasi siswa/i terdahulu di PTN akan lebih besar kesempatan untuk lulus. Untuk kedepan prioritas dari seleksi SNBP lebih kepada siswa/i yang berprestasi atau siswa/i yang berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu.