Beasiswa Kaltim Tuntas 2024/2025


Beasiswa Kaltim Tuntas 2024/2025 - Pemerintah provinsi Kaltim membuka beasiswa khusus untuk Beasiswa Kaltim Stimulan Siswa, Beasiswa Stimulan Mahasiswa, dan Beasiswa Kaltim Tuntas Mahasiswa. Bagi siswa/i yang masih bersekolah bisa mendaftar, selain pelajar katagori beasiswa ini diberikan ke mahasiswa yang kuliah syarat utama untuk mengikuti program ini adalah pelajar atau mahasiswa berasal dari Kaltim.

Tidak hanya beasiswa prestasi tetapi juga tersedia untuk beasiswa kurang mampu, bahkan menurut data dari website beasiswa kaltim total penerima beasiswa ini sudah tembus 100 rb, beasiswa kaltim termasuk beasiswa yang dibuka besar-besaran. Kabar baiknya proses seleksi penerima beasiswa ini tidak ada tes tertulis.
 


Bagi siswa perhitungan kelulusan ditentukan dari bobot bukti prestasi dan jumlah nilai dibagi jumlah mata pelajaran akan muncul skor, dari skor tersebut akan langsung masuk pemeringkatan, sementara untuk mahasiswa perhitungan penetapan beasiswa didasarkan dari nilai, akreditasi prodi dan akreditasi kampus semakin tinggi akan semakin besar untuk lolos beasiswa ini.

Jika dibandingkan dengan proses seleksi beasiswa lainnya, Beasiswa Kaltim ini merupakan paling gampang baik dari segi persyaratan maupaun ketentuan kelulusan. Ini merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan untuk pelajar dan mahasiswa yang berada di Kalimantan Timur, untuk proses pendaftaran dapat dibaca dibawah ini :


1. Beasiswa Kaltim Stimulan Siswa

Siapa saja siswa/i yang berada di Kaltim memiliki salah satu persyaratan seperti Stimulan Siswa umum diberikan untuk siswa/i yang memiliki prestasi akademik atau prestasi non akademik, Beasiswa Stimulan Siswa Khusus diperuntukan untuk siswa/i yang kurang mampu/hafiz quran/korban kekesaran rumah tangga/berasal dari daerah 3T. Selain dua katagori itu lulusan SMK juga dapat mengajukan beasiswa P3 keahlian khusus. Cukup memenuhi syarat salah satu sudah bisa mendaftar.

Bagi yang berminat dapat mempersiapkan berkas pendaftaran, adapun rincian berkas persyaratan yang harus disiapkan seperti berikut :

 Persyaratan Pendaftaran 

  1. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementerian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan. 
  2. Satuan Pendidikan terlebih dahulu melakukan registrasi akun melalui laman beasiswa : beasiswa.kaltimprov.go.id
  3. Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa. 
  4. Siswa dapat dibantu oleh satuan pendidikan/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu foto halaman depan buku rekening bank yang mencantumkan nomor rekening aktif dan sesuai dengan identitas Siswa; 
  5. surat pernyataan Bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain2
  6. Bahwa data yang diberikan adalah benar Surat pernyataan ditandatangani di atas kertas bermaterai Rp 10.000,00. 
  7. Format surat pernyataan agar diunduh di laman : beasiswa.kaltimprov.go.id
  8. Siswa berasal dari Kalimantan Timur yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) 
  9. Pas foto 4 x 6
  10. Mengunggah (upload) seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan. 
  11. Mengupload salah satu surat bukti persyaratan yang dilamar baik itu prestasi akademik, non akademik, surat keterangan miskin, surat keterangan hafal al quran, surat bukti kekerasan rumah tangga, atau surat keterangan keahilan khusus bagi lulusan SMK cukup melengkapi salah satu saja.

 Cara Pendaftaran

  1. Sekolah melakukan input data aktif siswa yang bersangkutan nantinya data akan tersimpan pada sistem.
  2. Klik Menu daftar lakukan pembuatan akun atau gunakan akun yang sudah dibuat oleh pihak sekolah.
  3. Setelah itu siswa/i yang bersangkutan dapat melakukan pendaftaran melalui https://beasiswa.kaltimprov.go.id masukan NISN dan Password yang telah terdaftar.
  4. Menggungah berkas persyaratan sesuai dengan persyaratan pendaftaran, apabila orang tua bingung dapat bertanya ke sekolah pastikan mengupload berkas sesuai katagori pendaftaran
  5. Siswa/i berhasil mendaftar.
  6. Tunggu jadwal pengumuman.

 

2. Beasiswa Kaltim Stimulan Mahasiswa

Merupakan beasiswa yang diberikan oleh Provinsi Kaltim untuk mahasiswa dengan katagori memiliki prestasi akademik atau non akademik,  mahasiswa kurang mampu dari jenjang Diploma sampai sarjana, anak berkebutuhan khusus, berasal dari daerah 3T, anak cucuk veteran, tidak hanya itu saja mereka yang akan mengikuti program profesi dapat mengajukan beasiswa ini, selain itu juga ada bantuan biaya disertasi untuk S3, Tesis S2, dan Skripsi S1. Untuk lebih jelas berikut rincian mengenai persyaratan pendaftaran :

Persyaratan Pendaftaran

  1. Mahasiswa yang berasal dari Kalimantan Timur yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). 
  2. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/POLRI harus mendapatkan izin belajar dari pejabat berwenang. 
  3. Terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi minimal berakreditasi C dan program studi minimal berakreditasi C dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek. 
  4. Mengisi formulir beasiswa melalui laman: beasiswa.kaltimprov.go.id. 
  5. Terdaftar sebagai mahasiswa yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa disertai Surat Keterangan Aktif Kuliah yang sedang berjalan.Mengunggah (upload) nilai/transkrip nilai dengan ketentuan Bagi mahasiswa baru S2 atau S3, mengunggah (upload) IPK terakhir minimal 3,00 yang diperoleh pada jenjang sebelumnya. 
  6. Bagi Mahasiswa D1 s.d. D4 dan S1 semester 2 dan seterusnya, mengunggah (upload) transkrip nilai akademik yang diperoleh sebelumnya dengan IPK minimal 2,50. 
  7. Bagi Mahasiswa S2 dan S3 semester 2 s.d. semester 4, mengunggah (upload) transkrip nilai akademik yang diperoleh sebelumnya dengan IPK minimal 3,00. 
  8. Mengunggah (upload) foto halaman depan buku rekening bank yang mencantumkan nomor rekening aktif dan sesuai dengan identitas pendaftar. 
  9. Mengunggah (upload) surat pernyataan : a. tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Bagi mahasiswa yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/POLRI, pernyataan tidak sedang menerima biaya pendidikan dari instansi yang bersangkutan dan/atau instansi lainnya yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang b. bahwa data yang diinput dalam sistem adalah benar dan bersedia mempertanggungjawabkan secara hukum. Format surat pernyataan nomor 8 a dan b agar diunduh di laman : beasiswa.kaltimprov.go.id. dan surat pernyataan ditanda tangani di atas kertas bermaterai Rp 10.000,00 
  10. Mengunggah (upload) pas foto 4 x 6 
  11. Mengunggah (upload) seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.
  12. Jangan lupa sertakan salah satu bukti sesuai dengan katagori beasiswa dipilih seperti transkrip nilai, bukti sertikifikat atau piagam untuk prestasi non akademik, surat anak berkebutuhan khusus bagi pelamar abk, surat korban kdrt, berasal dari daerah 3T, anak atau cucuk veteran. Perlu diingat hanya salah satu sesuai katagori pendaftaran. 

 Cara Mendaftar

  1. Mahasiswa yang bersangkutan melakukan pendaftaran melalui https://beasiswa.kaltimprov.go.id
  2. Buat akun terlebih dahulu dengan masukan email dan password.
  3. Memilih katagori beasiswa yang akan diikuti
  4. Mengisi formulir pendaftaran
  5. upload berkas pendaftaran asli
  6. Verifikasi akan dilakukan oleh sistem tunggu hingga pengumuman
  7. Setelah data tervalidasi tunggu pengumuman.

 

3. Beasiswa Kaltim Tuntas Mahasiswa

Merupakan beasiswa yang bekerjasama dengan provinsi Kaltim diberikan kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan dan bukan mahasiswa alih jenjang atau pindahan, proses seleksi beasiswa memiliki jenis beasiswa, bedanya dengan beasiswa stimulan mahasiswa, pembiayaan beasiswa Kaltim Tuntas meliputi beasiswa kuliah bukan sekedar beasiswa penelitian saja. Untuk katagori pendaftaran juga sama mahasiswa berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik, atau berasal dari keluarga miskin, atau penghafal alquran, korban kdrt, anak/cucu veteran, atau berasal dari daerah 3T apabila salah satu dari katagori itu dipenuhi bisa mendaftar.

Sayangnya beasiswa ini hanya untuk beasiswa SPP, Biaya lainnya kecuali biaya gedung tidak termasuk, untuk mendaftar beasiswa ini pastikan mahasiswa yang bersangkutan sudah menjadi mahasiswa aktiv disalah satu perguruan tinggi dan melengkapi syarat pendaftaran seperti berikut :

Persyaratan Pendaftaran 

  1. Mahasiswa yang berasal dari Kalimantan Timur yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang difoto/scan berwarna. 
  2. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/POLRI harus mendapatkan izin belajar dari pejabat berwenang.Mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (kecuali beasiswa prestasi akademik IPK minimal 3,25) dibuktikan dengan transkrip nilai yang difoto/scan berwarna yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. 
  3. Bagi mahasiswa baru S2 atau S3, mengunggah (upload) IPK terakhir minimal 3,00 yang diperoleh pada jenjang sebelumnya. 
  4. Bagi Mahasiswa D1 s.d. D4 dan S1 semester 2 dan seterusnya, mengunggah (upload) transkrip nilai akademik yang diperoleh sebelumnya dengan IPK minimal 3,00. 
  5. Bagi Mahasiswa S2 dan S3 semester 2 s.d. semester 4, mengunggah (upload) transkrip nilai akademik yang diperoleh sebelumnya dengan IPK minimal 3,00. 
  6. Terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi minimal berakreditasi B dan program studi minimal berakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek. 
  7. Mengisi formulir beasiswa melalui laman : beasiswa.kaltimprov.go.id.
  8. Terdaftar sebagai mahasiswa yang ditandai dengan Kartu Mahasiswa yang difoto/scan berwarna. 
  9. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Aktif Kuliah dari Perguruan Tinggi. 
  10. Mengunggah (upload) surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Bagi mahasiswa yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/POLRI, pernyataan tidak sedang menerima biaya pendidikan dari instansi yang bersangkutan dan/atau instansi lainnya yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang 
  11. bersedia mengikuti pendidikan sampai selesai;bahwa data yang diinput dalam sistem adalah benar dan bersedia mempertanggungjawabkan secara hukum. Format surat pernyataan agar diunduh di laman : beasiswa.kaltimprov.go.id. dan surat pernyataan ditanda tangani di atas kertas bermaterai Rp 10.000,00. 
  12. Mengunggah (upload) bukti pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sejumlah 1 semester terakhir. SPP yang dimaksud berupa biaya SKS
  13. Biaya registrasi ulang/herregistrasi. 
  14. Tidak termasuk uang gedung, premi asuransi, uang buku, uang praktikum, dan sejenisnya. 
  15. Pas foto berwarna berukuran 4x6. 
  16. Mengunggah (upload) seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai ketentuan.
  17. Mengupload salah satu berkas sesuai katagori pendaftaran

 Cara Mendaftar

  1. Baca terlebih dahulu persyaratan pendaftaran
  2. Melakukan pendaftaran melalui link https://beasiswa.kaltimprov.go.id
  3. Membuat akun terlebih dahulu
  4. Isi Form Pendaftaran
  5. Upload berkas pendaftaran
  6. Verifikasi sistem akan dilakukan panitia
  7. Tunggu Hasil Pengumuman. 

Untuk keterangan persyaratan umum dan persyaratan khusus dapat dilihat melalui website https://beasiswa.kaltimprov.go.id untuk format surat jika dibutuhkan dapat di download melalui link yang beasiswa kaltim.