Pengumuman UTBK SBMPTN UNTAD 2022-2023

Info Penting CPNS

Pengumuman UTBK SBMPTN UNTAD 2022-2023 - Program studi kedokteran masih menjadi yang paling diminati tahun ini menempati urutan pertama yang paling banyak mendaftar, disusul dengan program studi lainnya seperti teknik dan keguruan, setiap tahun sudah menjadi langgannan peserta mendaftar melalui jalur UTBK dengan harapan dapat lulus dan kuliah dengan jurusan favorite.

Meski berada ditengah bagian Indonesia, hal itu tidak mengurangi minat calon mahasiswa bisa mendaftar di berbagai jalur masuk seperti UTBK dan diikuti dari beberapa jalur masuk lainnya, tidak hanya mahasiswa yang berada di provinsi yang sama, bahkan tersebar diseluruh Indonesia, niat kuliah tidak akan menghalangi seseorang meskipun jarak dan waktu tempuh jauh.

Dari segi falisitas kampus tidak perlu diragukan lagi lengkap dan tergolong unggul, setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya peserta UTBK dapat mengetahui hasil yang sudah ditunggu lama, memastikan dri apakah layak kuliah atau harus mencari alternatif lain supaya bisa kuliah di kampus UNTAD.


Sebelum membahas lebih lanjut admin akan memberikan beberapa fasilitas yang ada di UNTAD, harapannya tahun ini perkuliahan dapat berjalan normal dan mahasiswa baru dapat kuliah seperti biasa, tidak lengkap rasanya jika selama kuliah hanya menggunakan teknologi, suasana perkuliahan normal menjadi harapan setiap mahasiswa saatini.

  1. Memiliki Gedung Research dan IT Center yang bisa dimanfaatkan untuk layanan penyebarluasan informasi kepada mahasiswa, dari segi pendidikan maupun penelitian. Bahkan gedung ini juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan seminar, rapat dan lainnya.
  2. Memiliki Taman Kampus yang luas dan indah yang didesain seperti taman-taman di istana sehingga taman ini menjadi lokasi favorit mahasiswa maupun dosen bahkan pengunjung lainnya dari luar kampus UNTAD karena memang tamannya sangat instagram-able. Banyak kegiatan juga yang bisa dilakukan di taman UNTAD ini seperti rapat, belajar, olahraga santai, atau lainnya.
  3. Memiliki Perpustakaan dengan koleksi referensi yang sangat lengkap dan selalu ramai meski dihari libur karena tempatnya sangat nyaman untuk belajar ataupun berdiskusi.
  4. Gedung Auditorium UNTAD dengan desain yang sangat megah dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kampus maupun luar kampus seperti wisuda, festival, seminar, workshop atau kegiatan lainnya. Auditorium ini sangat luas dengan kapasitas sekitar empat ribu orang.
  5. Memiliki fasilitas olahraga fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang telah diresmikan pada Januari. Fasilitas olahraga FKIP ini mencakup berbagai macam olahraga seperti Futsal, Voli, Sepak Takraw, Tenis dan Gym Outdoor.
  6. Memiliki rumah sakit UNTAD yang diadakan sejak peristiwa gempa bumi pada beberap tahun yang lalu.
Tidak lama lagi fasilitas-fasilitas keren tersebut bisa saja akan segera kalian nikmati karena  pada tanggal 23 Juni 2022 nanti pengumuman Hasil UTBK SBMPTN akan segera dirilis dan kalian dapat mengaksesnya dengan cara membuka website resmi LTMPT di pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.
 
setelah itu memasukkan nomor pendaftaran serta tanggal lahir dan klik lihat hasil. Di sinilah pengumuman diterima atau tidaknya akan terlihat. Langkah selanjutnya adalah mencetak atau mengunduh sertifikat UTBK karena bisa jadi suatu saat nanti sertifikat ini bisa berguna untuk mendaftar ke jalur lain jika pada jalur UTBK SBMPTN dinyatakan tidak lolos.
 
Selain dengan cara tersebut, pengumuman hasil UTBK SBMPTN UNTAD juga bisa diakses melalui link https://pmb.untad.ac.id/Sb dengan cara meng klik baca hasil seleksi. Kemudian apabila kalian dinyatakan lulus di jalur UTBK SBMPTN maka selanjutnya adalah melakukan daftar ulang dengan mengakses link https://pmb.untad.ac.id/Sb dan meng klik https://daftarulang.untad.ac.id/ pada kolom pemberitahuan UKT kemudian memasukkan Nomor peserta dan tanggal lahir untuk login. Bagi kalian yang diterima di fakultas kedokteran kalian harus melakukan daftar ulang dengan memperhatikan juga syarat khusus lainnya yang bisa kalian klik di kolom khusus fakultas kedokteran. 
 
Adapun persyaratan umum untuk melakukan daftar ulang adalah sebagai berikut:
  1. Datang sendiri dengan berpakaian rapi, sopan dan tertib (tidak boleh diwakilkan)
  2. Melunasi biaya UKT melalui Bank BNI dan BSM sesuai dengan nominal yang telah ditentukan.
  3. Melakukan daftar ulang melalui link https://daftarulang.untad.ac.id/ 
  4. Menyerahkan beberapa dokumen yang dimasukkan ke dalam map merah ke bagian registrasi dan statustik mahasiswa. 
  5. Adapun dokumen yang harus diserahkan adalah sebagai berikut: Fotokopi kartu peserta sbmptn
  6. Pas foto 3x4 sebanyak tiga lembar
  7. Fotokopi bukti pembayaran biaya UKT
  8. Fotokopi ijazah SMA atau Surat Keterangan Lulus

Apabila kalian mengajukan KIP Kuliah maka pengumumannya bisa kalian akses dengan cara meng klik kotak biru bertuliskan “hasil seleksi KIP Kuliah”. Apabila nama kalian tertera berarti kalian lolos sebagai penerima KIP Kuliah dan harus segera mengupload beberapa dokumen seperti biodata, pas foto 3x4 scan atau foto kartu keluarga asli serta surat mengisi surat pernyataan dengan membubuhi materai dan tanda tangan sesuai waktu yang ditentukan.

Bagi kalian yang dinyatakan belum berhasil masuk UNTAD dengan jalur UTBK SBMPTN, silahkan bersedihlah secukupnya lalu segera lanjutkan perjuangan kalian ke jalur lainnya. Karena di UNTAD masih memiliki jalur masuk lainnya yaitu SMMPTN (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) dengan peluang yang cukup tinggi. Merujuk pada laman resmi untad.ac.id pada tahun 2022 ini UNTAD akan membuka pendaftaran SMMPTN dengan kapasitas sebanyak 2.439 kuota dengan cara mengakses link smmptn.untad.ac.id. 

Adapun biaya pendaftarannya adalah sebesar Rp. 300.000 – Rp. 250.000 melalui Bank BNI. Pelaksanaan ujian SMMPTN UNTAD akan dilakukan pada 13-14 Juli 2022 dengan sistem ujian tulis yang berlokasi di Kampus UNTAD.