Pengumuman UTBK SBMPTN UNIPA 2022-2023

Info Penting CPNS

Pengumuman UTBK SBMPTN UNIPA 2022-2023 - UNIPA merupakan salah satu kampus negeri yang ada di bagian timur Indonesia, menjadi salah satu universitas terbaik di tanah papua yang memiliki tujuan menjadi salah satu perguruan tinggi berbasis riset yang mandiri dan berkarakter wirausaha. Hampir setiap tahun menjadi tujuan belajar tidak hanya pelajar di papua tetapi diseluruh Indonesia.
 
Salah satu fakultas unggulan UNIPA adalah kedokteran dengan potensi kuota yang cukup banyak dan tergolong sedikit pendaftar memungkinkan peserta yang memilih jurusan tersebut lulus karena jumlah peserta jauh lebih sedikit jika dibandingkan kebanyakan program studi di PTN lainnya.
 

 
Universitas Papua telah berkembang pesat menjadi PTN ternama di Indonesia, bahkan masuk dalam urutan teratas, selain kedokteran terdapat sekitar 12 fakultas tingkat sarjana dan 1 program studi pascasarjana, seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kehutanan, Fakultas MIPA, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Program Pascasarjana.
 
Berbagai prestasi penelitian dan pengabdian UNIPA terus menjadi nilai tambah sebagai daya tarik pelamar, ditambah dengan adanya perkembangan prestasi lainnya. Dari segi biaya UKT yang dibebankan juga cukup rendah jika dibandingkan kebanyakan kampus negeri lainnya. Wajar saja jika UNIPA sekarang menjadi tujuan kuliah.
 
Meski berada di paling ujung timur Indonesia, hal itu tidak menyurutkan semangat pelajar untuk mendaftar di UNIPA hal itu terbukti dari jumlah peserta UTBK SBMPTN yang terus meningkat dari tahun ke tahun, terhitung puluhan hingga ratusan ribu pelamar sudah mengikuti proses seleksi UTBK dan memilih kampus UNIPA sebagai tujuan kuliah.
 
Berbagai informasi sudah disampaikan secara rinci terkait dengan UNIPA, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi lanjutan terkait dengan pengumuman UTBK SBMPTN yang akan diumumkan secara online melalui situs resmi untuk calon mahasiswa yang sudah memilih salah satu program studi di UNIPA dapat mengecek hasil melalui informasi berikut ini :
 
Cara Cek Hasil Pengumuman UTBK SBMPTN UNIPA 
  • Pastikan bisa mengakses salah satu link pengumuman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id 
  • Untuk cek hasil peserta dapat langsung mengisi nomor peserta beserta tanggal lahir.
  • Klik Lihat Hasil 
  • Apabila lulus akan ditandai dengan ketarangan lulus di salah satu program studi yang dipilih.
  • Setelah mengetahui hasil pengumuman baik lulus maupun tidak lulus setiap peserta diwajibkan untuk mendownload nilai UTBK.
  • Nilai tersebut tidak hanya berfungsi sebagai penentu kelulusan UTBK SBMPTN tetapi sebagai persyaratan untuk mengikuti tes kampus lain baik jalur mandiri PTN atau jalur mandiri perguruan tinggi swasta berlaku.
  • Melampirkan nilai UTBK SBMPTN dalam tes tidak perlu membayar uang pendaftaran apabila peserta mau mendaftar dikampus yang sama atau lainnya.
  • Selain itu nilai tersebut bisa digunakan mendaftar tanpa mengikuti tes cukup dengan nilai tersebut.

Terdapat beberapa alternatif pilihan bagi peserta yang tidak lulus UTBK dapat mengunakan kembali nilai tersebut untuk ikut seleksi mandiri ke PTN yang sama atau ke beberapa PTS. Namun bagi yang merasa nilai UTBK yang tidak memuaskan dapat mengikuti tes tertulis mandiri tanpa menggunakan kembali nilai UTBK.

Sedangkan untuk mereka yang dinyatakan lulus UTBK dapat melengkapi persyaratan pendaftaran ulang dengan mengikuti tahapan tes kesehatan dan melengkapi berkas pendaftaran ulang, adapun kelengkapan tersebut terlampir sebagai berikut.

  1. Semua mahasiswa yang sudah mengikuti tes UTBK dan dinyatakan lulus membawa bukti keterangan lulus di print langsung dari website pengumuman UTBK.
  2. Melampirkan kartu peserta UTBK.
  3. Membayar UKT pertama dan melampirkan bukti pembayaran tersebut, pembayaran dilakukan melalui bank himbaran kas kampus UNIPA.
  4. Membawa KTP, KK dan data lain seperti ijasah copy sesuai kebutuhan.
  5. Mengikuti tahapan tes kesehatan seperti pemeriksaan urin dan kesehatan umum melalui klinik atau rumah sakit yang bekerjasama dengan kampus akan diinformasikan melalui web resmi UNIPA.
  6. Selanjutnya mengikuti proses tersebut hingga hasil keluar.
  7. Membawa semua berkas pendaftaran ke bagian akademik untuk dilakukan proses verifikasi.
  8. Setelah itu mengikuti proses kelengkapan lainnya seperti menyetor berkas, membuat KTM dan lainnya.
  9. Setelah selesai dapat melanjutkan untuk ke stan program studi untuk mengambil jadwal perkuliahan perdana dan program pengenalan kampus oleh senior BEM yang ada di kampus.
  10. Ikuti semua proses untuk keterangan lebih lanjut dapat mengakses web resmi https://www.unipa.ac.id/.

Demikian informasi yang bisa admin berikan semoga bermanfaat, hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan kampus, semua proses pembayaran hanya dilakukan melalui bank atau pihak kampus, paniitia penerimaan seleksi UTBK tidak pernah meminta uang tambahan lain selain yang sudah ditetapkan kampus.