Pengumuman UTBK SBMPTN UNMUL 2022-2023

Info Penting CPNS

Pengumuman UTBK SBMPTN UNMUL 2022-2023 - Juni adalah bulan yang telah dinanti-nantikan oleh para pejuang perguruan tinggi karena di tanggal 23 Juni 2022 ini LTMPT akan segera merilis pengumuman hasil pendaftaran perguruan tinggi jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) melalui UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Hal ini dikarenakan hasi pengumuman tersebut adalah menjadi penentu bagi para pejuang perguruan tinggi apakah mereka berhasil masuk ke perguruan tinggi impian mereka atau tidak.
 
Kampus yang diimpi-impikan oleh para pejuang perguruan tinggi biasanya adalah perguruan tinggi yang berstatus negeri (PTN) karena dianggap lebih murah biayanya dan berkualitas. Seiring perkembangan jaman PTN kini sudah hadir hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kalimantan ada UNMUL (Universitas Mulawarman) yang berstatus negeri.
 

Dikenal sebagai Universitas tertua di Kalimantan, UNMUL tentu memiliki sejarah yang panjang dan menjadikannya memiliki banyak keunggulan dari berbagai  segi program studi maupun fasilitas kampusnya. Beberapa keunggulan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki lulusan yang berkualitas : Sebagai PTN tertua di Kalimantan, banyak alumninya yang kini sudah sukses bekerja maupun menjalankan bisnis yang tersebar di seluruh negeri. Hal ini tentu menjadi nilai plus bagi UNMUL karena salah satu pertimbangan masuk perguruan tinggi tentu adalah bagaimana para alumninya sukses menjalani kehidupan setelah lulus kuliah.
  2. Peluang kerja yang tinggi : Apabila sebuah kampus sudah terkenal dengan image yang baik para lulusannya maka ketika lulus kalian juga akan lebih percaya diri dan memudahkan saat melamar pekerjaan nanti. Karena kebanyakan perusahaan mempertimbangkan riwayat pendidikan untuk merekrut para karyawannya.
  3. Budaya yang sangat multicultural : UNMUL yang merupakan kampus tertua di Kalimantan tentunya juga sudah mendapat kepercayaan dari banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah sehingga mereka mendaftar dan kulian di UNMUL. Sehingga mahasiswa UNMUL tidak hanya mereka yang berdomisili di wilayah Kalimantan saja akan tetapi seluruh negeri. Oleh karena itu kalian akan menemukan budaya yang sangat kaya saat kuliah di UNMUL.
  4. Pilihan jurusan yang beragam : Meskipun saat ini PTN sudah hadir di kampir seluruh wilayah negeri namun tidak memiliki banyak pilihan jurusan atau program studi. Sebagai PTN tertua di Kalimantan UNMUL memiliki banyak pilihan program studi yang bisa kalian pilih sesuai bakat dan minat kalian dan tentunya seluruh program studi di UNMUL sudah terakreditasi Ban PT. 
  5. Memiliki banyak fasilitas : UNMUL memiliki banyak fasilitas yang tentu sangat memudahkan mahasiswanya untuk mengembangkan diri yaitu Mesjid Al Fatihah yang megah dan luas; Asrama Mahasiswa Putri yang nyaman; Asrama Dosen; Layanan Psikologi Umum; GOR ; Gedung Auditorium; Gedung Pusat kegiatan Mahasisiwa; Laboratorium; Lapangan Tenis; Lapangan Bulu Tangkis; Lapangan Sepak Bola; Lapangan Bola Basket; Lapangan Bola Voli; Jogging track. Selain itu UNMUL juga bekerja sama dengan beberapa bank seperti Bank Negara Indonesia (BNI); Bankaltim; Bank Muamalat; Bank Tabungan Negara (BTN);Bank Muamalat; dan ATM center 24 jam yang tempatnya berada di dalam kawasan UNMUL sehingga sangat memudahkan seluruh civitas akademika dalam melakukan transaksi keuangan.
  6. Bekerja sama dengan banyak beasiswa : Beasiswa tentu adalah program yang sangat dikejar oleh para pejuang perguruan tinggi. Di UNMUL kalian sudah tidak perlu bingung lagi karena ada banyak program beasiswa yang sudah menjadi langganan para mahasiswa, berikut adalah beberapa beasiswa yang sering dinikmati oleh mahasiswa UNMUL: Beasiswa Bidikmisi yang sekarang Bernama KIP Kuliah; Beasiswa Osaka Gas Company; Beasiswa PPA (Dikti); Beasiswa BBM (Dikti); Beasiswa Kaltim Cemerlang (Pemprov); Beasiswa Bankaltim; Beasiswa BRI; Beasiswa Bank Indonesia; Beasiswa Supersemar; Beasiswa Supersemar Unggulan; Beasiswa Eka Tjipta Foundation; Beasiswa PT. Pupuk Kaltim; Beasiswa Total E & P Indonesia; Beasiswa PT. LNG Bontang; Beasiswa Djarum; Beasiswa PT. Toyota/Astra Internasional; Beasiswa PT. TASPEN; Beasiswa BUMN; Beasiswa Karya Salemba Empat; Beasisiwa Bakri Foundation. Tentunya beasiswa-beasiswa tersebut tidak didapatkan dengan cuma-cuma, ada banyak syarat dan ketentuan berlaku yang harus kalian penuhi mulai dari nilai Pendidikan dan lainnya. 
  7. Memiliki banyak pilihan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa): Mahasiswa adalah fase terkuat, teraktif dan terkritis pada jiwa seorang pelajar baik dari segi usia, fisik maupun psikisnya. Oleh karena itu UNMUL menyediakan banyak fasilitas UKM untuk menampung dan sebagai wadah pada fase tersbut. Di UKM ini para mahasiswa menempa diri untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Ada banyak pilihan UKM yang bisa kalian pilih sesuai minat dan bakat seperti UKM Kopis Surkarela (KSR); UKM Keluarga Besar Mahasiswa Kristen (KBMK); PUSDIMA (Pusat Studi Islam Mahasiswa); Teater Yupa; Jurnalistik; IMAPA (Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam); DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa); UKM Band; BEM; Pramuka; PSHT (Persatuan Setia Hari Teratai); Taekwondo; Tarung Drajat; Bola Basket; Sepak Bola.

Dengan banyaknya fasilitas tersebut tentu akan sangat menyenangkan jika bisa bergabung menjadi mahasiswa di UNMUL. Adapun pengumuman hasil UTBK SBMPTN yang akan di rilis pada tanggal 23 Juni 2022 bisa kalian akses melalui website resmi LTMPT di pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. dengan menginput nomor pendaftaran serta tanggal lahir kemudian klik lihat hasil lalu cetak atau unduh sertifikat UTBK karena bisa jadi suatu saat nanti sertifikat ini bisa digunakan untuk mendaftar ke jalur lain jika pada jalur UTBK SBMPTN dinyatakan tidak lolos.

Apabila pada hasil pengumuman UTBK SBMPTN kalian dinyatakan lolos maka langkah selanjutnya adalah registrasi atau daftar ulang. Merujuk pada informasi resmi prosedur daftar ulang dan pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) Mahasiswa Jalur SBMPTN pada laman resmi Kemahasiswaan UNMUL dijelaskan bahwa calon mahasiswa yang dinyatakan lolos pada jalur UTBK SBMPTN harus segera melakukan daftar ulang dan pembayaran UKT sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Ada beberapa tahapan dan syarat yang harus dipenuhi saat akan melakukan daftar ulang yaitu:
Mengakses link ukt.unmul.ac.id serta mengisi borang yang telah disediakan lalu dicetak untuk kemudian disampaikan pada Gedung fakultas masing-masing secara daring. Kemudian untuk menentukan besaran UKT yang akan dibebankan maka kalian harus mengupload beberapa dokumen :

  1. Fotocopy Kartu Peserta UTBK sebanyak 1 Lembar
  2. Surat Penyataan asli sebanyak 1 Lembar yang bisa diunduh dan dicetak dari situs : ukt.unmul.ac.id 
  3. Bukti Registrasi UKT sebanyak 1 Lembar yang bisa diunduh atau dicetak melalui situs : ukt.unmul.ac.id
  4. Fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 1 Lembar
  5. Fotocopy Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua (Ayah dan atau Ibu) sebanyak 1 Lembar
  6. Fotocopy Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun Terakhir sebanyak 1 Lembar;
  7. Fotocopy Pembayaran Rekening Listrik Bulan Terakhir sebanyak 1 Lembar
  8. Fotocopy Pembayaran Rekening PDAM Bulan Terakhir sebanyak 1 Lembar
  9. Fotocopy Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahun Terakhir sebanyak 1 Lembar baik yang Roda 2 maupun yang roda 4

Kemudian apabila Orang tua / wali tidak bekerja pada instansi pemerintahan atau instansi swasta atau Tidak memiliki bukti pembayaran seperti PBB maka diwajibkan untuk menyerahkan tambahan Surat Keterangan Asli dari Kelurahan sesuai domisili tempat tinggal. Setelah melengkapi seluruh dokumen tersebut maka pihak kampus akan segera memvalidasi dan menentukan besaran UKT yang harus dibayarkan segera setelah informasinya dirilis. 

Calon mahasiswa yang akan membayar UKT bisa dilakukan pada Bank yang bermitra dengan UNMUL seperti BNI, BTN atau bank lain yang sudah disebutkan di atas. Selanjutnya adalah memenuhi berkas akademik yang dilakukan secara online dengan mengakses link https://sia.unmul.ac.id/registrasi lalu login menggunakan nomor pendaftaran dan pin dari slip bukti pembayaran UKT. Setelah proses ini selesai maka kalian harus mengupload beberapa dokumen untuk mendapatkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
Dokumen yang harus dikirim adalah sebagai berikut:

  1. Hasil scan KTP asli dan Kartu Keluarga Asli;
  2. Hasil scan Ijazah 
  3. Hasil scan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) 
  4. Hasil scan Surat Keterangan Sehat Asli terbaru dan masih berlaku dari Puskesmas dan Rumah Sakit Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota;
  5. Hasil scan Surat Keterangan Bebas Narkoba Asli terbaru dan masih berlaku dari BNN Provinsi atau BNK Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota atau Laboratorium milik Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota;
  6. Bagi calon mahasiswa terutama yang berdomisili di Kota Samarinda dan sekitarnya, Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Bebas Narkoba dapat juga diperoleh dari Klinik Universitas Mulawarman yang beralamatkan di Kampus Gunung Kelua Universitas Mulawarman;
  7. Surat Pernyataan Mahasiswa Baru Unmul Asli yang sudah ditandatangani oleh mahasiswa yang bersangkutan dan orang tua/wali di atas materai Rp. 10.000,- serat Surat Keterangan Bebas Narkoba Asli terbaru yang masih berlaku dari BNN Provinsi atau BNK Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota atau Laboratorium milik Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Asli yang sudah discan, maka dokumen aslinya bisa dikirim atau diantar langsung apabila situasi sudah memungkinkan dengan alamat : “Bagian Akademik Rektorat Universitas Mulawarman, alamat Kampus Unmul Gunung Kelua Jalan Kuaro Kotak Pos 1068 Samarinda, Kalimantan Timur”

Selanjutnya mahasiswa dapat melakukan pencetakan e-KTM melalui bank-bank yang sudah bermitra dengan UNMUL. Adapaun syarat dan prosedurnya bisa dilihat melalui link https://sia.unmul.ac.id;
Kemudian Langkah selanjutnya adalah mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara online untuk memprogramkan mata kuliah selama satu semester ke depan melalui website https://sia.unmul.ac.id