Pengumuman UTBK SBMPTN UIN Bandung 2022-2023

Info Penting CPNS

Pengumuman UTBK SBMPTN UIN Bandung 2022-2023 - UIN bandung adalah perguruan tinggi keagamaan islam negeri (PTKIN) yang pastinya sudah sangat sering dikenal namanya oleh hampir semua orang di seluruh pelosok negeri. Kampus ini memiliki sejarah yang sangat amat panjang karena usianya yang sudah sangat tua dan telah menorehkan banyak prestasi membanggakan dalam sejarah panjangnya tersebut. 
 
Selain itu, kampus ini juga memiliki banyak pilihan jurusan kekinian dengan akreditasi dan keketatan yang bergengsi sehingga menjadi salah satu kampus impian semua orang baik para pejuang perguruan tinggi maupun para orangtua yang ingin juga anaknya kuliah di kampus UIN Bandung.
 

 
Hal yang menyebabkan UIN Bandung sangat menarik dan menjadi kampus impian adalah banyaknya prestasi dan keunggulan yang diraih oleh kampus tersebut.
  • Memiliki perpustakaan dengan akreditasi “A” berdasarkan hasil visitasi akreditasi perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
  • Meraih peringkat pertama Webometrics di lingkungan PTKIN.
  • Meraih peringkat pertama dalam kinerja riset bersi scimago 
  • Meraih jajaran rangking asia perguruan tinggi
  • Biaya kuliah yang terjangkau dan gaya hidup sederhana
  • Beragam beasiswa
  • Rekam jejak alumni yang sukses
  • Memiliki banyak fasilitas keren

Apabila kalian kebetulan melewati area UINSGD tentu kalian akan terpesona dengen kemegahan gedungnya yang luas. Namun demikian di dalam area yang megah tersebut memiliki fasilitas-fasilitas lain yang juga sangat keren yang bisa kalian nikmati satu persatu apabila kalian tergabung dalam mahasiswa UINSGD

Gedung Rachmat Djatnika, yaitu Gedung perpustakaan dengan koleksi buku serta jurnal yang sangat lengkap. Selain itu system peminjaman bukunya juga sangat canggih dan praktis. Jadi kalian tidak perlu antri saat akan meminjam buku. Dari segi kebersihan dan kenyamanan bangunanpun sangat membuat betah para pengunjungnya, perpustakaan ini disebut Gedung karena memang bangunannya terdiri dari empat lantai. 

Lantai 1 digunakan sebagai loker tempat penitipan barang yang disertai tempat duduk serta computer yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung, di lantai 1 ini juga terdapat BI corner. Kemudian di lantai dua di desain sebagai counter peminjaman buku (sirkulasi), koleksi buku-buku dari banyak bidang serta tempat duduk untuk diskusi. Kemudian di lantai 4 kalian bisa menemukan banyak skripsi dengan berbagai tema yang bisa digunakan sebagai tambahan referensi tugas kalian atau hanya dibaca untuk memperluas wawasan. 

Kemudian di lantai empat masih dalma proses melengkapi koleksi lainnya.
Masjid Iqomah, Sebagai kampus Islam UINSGD memiliki bangunan masjid yang sangat megah dan luas karena masjid adalah tempat ibadah utama umat Muslim. Di “rumah Allah” inilah kalian akan berkomunikasi langsung dengan sang pencipta, tempatnya merubah kehidupan dengan sholat dan meminta kekuatan dengan Doa. Di masjid ini kalian tentu akan betah beribadah atau melakukan kajian-kajian bersama mahasiswa lainnya.

Gedung solahudin Sanusi, yaitu peremajaan pembaruan dari laboratorium terpadu. Di Gedung ini kalian bisa melakukan banyak eksperimen tentang apapun yang kalian minati atau butuhkan untuk keperluan tugas kuliah. Lab ini digunakan untuk menunjang proses pembelajaran dan bisa dimanfaatkan oleh seluruh fakultas UINSGD.

Gedung Student Center, yaitu Gedung yang digunakan untuk berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti Mahasiswa Pencinta Kelestarian Alam (MAHAPEKA), Lembaga Pers Mahasiswa Suaka (LPM Suaka), dan masih banyak UKM lainnya. Dengan mengikuti salah satu atau lebih UKM, kalian akan lebih mudah belajar beradaptasi, memahami fenomena-fenomena sosial dan tidak akan kaget saat diberi tugas kuliah yang berat karena biasanya sudah dikenalkan lebih dahulu di UKM. Misalnya saat akan membuat skripsi atau laporan ilmiah, jika kalian mengikuti UKM yang bergerak di bidang riset maka hal itu adalah hal yang biasa kalian lakukan tiap bulan atau bahkan tiap minggu di UKM.

Gedung Anwar Musaddad, yaitu aula dengan kapasitas ribuan orang. Aula ini biasanya dimanfaatkan acara besar, seperti wisuda, penerimaan mahasiswa baru, talkshow, seminar, workshop atau acara lainnya yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa.

Gedung Abjan Soelaeman, yaitu aula dengan kapasitas sekitar 100 orang dan biasanya digunakan untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan dan talkshow yang pesertanya menyesuaikan kapasitas gedung. Gedung O. Djauharuddin AR, yaitu Gedung utama yang digunakan untuk aktifitas kerja rektorat UINSGD.

Apabila kalian igin bergabung menjadi mahasiswa UINSGD ada beberapa jalur yang bisa kalian tempuh yaitu SNMPTN, UTBK SBMPTN, SPAN PTKI, UMPTKIN dan jalur mandiri. Jalur yang saat ini berjalan dan tinggal menunggu pengumuman adalah jalur UTBK SBMPTN yang akan rilis pada 23 Juni 2022.

Pengumumannya bisa kalian cek dengan mengakses link pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id kemudian login dengan menggunakan nomor pendaftaran serta tanggal lahir. Setelah itu melakukan daftar ulang bagi yang dinyatakan diterima.

Pendaftaran ulang mahasiswa jalur utbk sbmptn dilakukan secara online melalui link http://pmb-daftar.uinsgd.ac.id/ dengan Mengisi biodata secara lengkap dan benar karena akan digunakan untuk dasar penentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal). Apabila calon mahasiswa tidak mengisi biodata sesuai waktu yang ditentukan maka akan dikenalan UKT tertinggi. 

Setelah UKT ditentukan maka selanjutnya adalah membayar biaya UKT melalui Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) dengan mencantumkan No peserta. Namun apabila kalian dinyatakan tidak diterima pada jalur UTBK SBMPTN UINSGD maka kalian masih ada harapan di jalur mandiri yang pendaftaranya setelah jalur UTBK selesai. 

Di jalur ini kalian harus mempersiapkan diri dengan belajar lebih giat karena akan dilkukan tes CTB, tahfidz, prestasi atau man ic  yang bisa kalian pilih sesuai kemampuan kalian. Kemudian kalian juga perlu menyiapkan uang pendaftaran sebesar Rp. 250.000. Adapun link pendaftarannya adalah pmb-pradaftar.uinsgd.ac.id