Panduan Pendaftaran Beasiswa.Kemdikbud.go.id 2022-2023

Info Penting CPNS

Panduan Pendaftaran Beasiswa.Kemdikbud.go.id 2022/2023 - Alasan utama seseorang tidak mengikuti pengajuan beasiswa dikarenakan masalah usia biasanya apabila sudah berkarir di salah satu profesi maka akan dimakan oleh usia, batas minimum setiap beasiswa tidak cukup panjang untuk diikuti, belum lagi harus siap tidak menikah selama pendidikan beasiswa yang dipilih.

Namun itu cerita dari beasiswa lain, berbeda dengan beasiswa yang diberikan oleh kemdikbud seperti beasiswa pendidikan Indonesia dimana tidak ada batas usia maksimum dapat diikuti sepanjang hidup sampai diterima, selain itu mereka yang sudah terlanjut menikah tetap bisa mengikuti program beasiswa ini.

Dari mulai pendidikan vokasi sampai S3 ada, terutama bagi mereka yang memiliki latar belakang ijasah pendidikan bisa mengikuti program ini, hampir seluru program studi tersedia bahkan tidak ada syarat khusus keahlian bahasa inggris yang ada, kebutuhan tersebut akan menyesuaikan dengan kampus tujuan, jika di Indonesia tentu dengan kemampuan biasa sudah bisa ikut mendaftar beasiswa kemdikbud.

Beda cerita kalau pilih di luar negeri ada batasan nilai seperti teofel atau sertifikat lainnya, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengikuti beasiswa, dengan kelonggaran persyaratan rasanya semua orang bisa mengikuti seleksi beasiswa ini, untuk mulai mendaftar ada beberapa persiapan yang harus dilakukan seperti mendaftar online hingga selesai.

Bagi yang belum paham cara mendaftar berikut admin akan memberikan rincian sesuai dengan pengalaman untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini dari mulai pendaftaran akun sampai kirim berkas.

Beasiswa terbuka untuk umum calon mahasiswa baru, mahasiswa lama tingkat program Diploma (IV) sarjana (S1) dalam negeri dan luar negeri Pascasarjana (S2) dalam negeri dan luar negeri program doktor (S3) dalam negeri maupun luar negeri.

 

Daftar Akun

Proses pendaftaran dilaksanakan secara online melalui https://beasiswa.kemdikbud.go.id/pendaftaran/register pilih menu "Daftar Akun" selanjutnya isi form nama lengkap, NIK, email, tempat lahir, tanggal lahir, password, masukan captcha klik daftar.

Jangan lupa untuk kompirmasi ke email yang sudah terdaftar untuk bisa melanjutkan ke proses berikutnya. Setelah selesai dapat langsung lanjut login masukan NIK yang sudah terdaftar dan password klik login. Setelah masuk klik menu tambahkan usulusan beasiswa. Ketentuan pendaftaran setiap orang hanya dapat mengusulkan beasiswa 1 jenis saja.

 

Pendaftaran

Lengkapi data jenjang pendidikan dari mulai S1, S2, S3, jenis beasiswa tersedia Beasiswa indonesia maju, pelaku budaya, pendidikan dan tenaga pendidik GTK, PTA Join Degree, Perguruan tinggi PTA, Perguruan tinggi vokasi. 

Untuk yang belum paham jenis beasiswa tersebut akan admin jelaskan satu-satu untuk lebih jelas simak selengkapnya.

Beasiswa Indonesia Maju


Beasiswa yang diberikan oleh kemendikbud untuk lulusan mulai dari calon sarjana, hingga program doktor, dapat memilih kampus luar negeri atau dalam negeri sebagai tujuan belajar, kabar baiknya tidak ada batas usia untuk mengikuti program beasiswa ini. Hanya saja harus dipersiapkan nilai toefel atau IELTS sesuai dengan perguruan tinggi yang dituju. Khusus untuk persyaratan IPK mulai dari 2,75 keatas sudah bisa daftar.

Beasiswa Pendidik dan Tenaga Pendidikan 

Bagi yang berstatus guru atau tenaga pengajar baik dalam satuan pendidikan maupun tenaga pendidik lainnya dapat mengikuti seleksi beasiswa terbuka untuk jenjang S1,S2,S3 dalam negeri maupun luar negeri, batas usia maksimal 35 tahun dan 45 tahun untuk PNS, dengan ketentuan IPK minimal 3,00 dan untuk sertifikat bahasa inggris menyesuaikan dengan pilihan kampus tujuan.

Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik

Khusus untuk dosen atau calon dosen yang ada dilingkungan kampus, atau mungkin tenaga pendidik perguruan tinggi lainnya, untuk batas usia sesuai dengan kampus tempat mengajar biasanya masing-masing kampus akan menentukan berapa batas usia maksimal, program yang satu ini bisa memilih kampus luar negeri maupun dalam negeri. Terdapat beberapa jenis beasiswa PTA dari mulai duble degree sampai PTA biasa. Tidak ada permasalahan batas IPK untuk mengikuti program ini.

Beasiswa Vokasi

Khusus untuk mereka yang memiliki latar belakang pendidikan diploma juga bisa mengikutip program beasiswa kemdikbud, untuk kententuan batas usia atau syarat lainnya mengikuti ketentuan perguruan tinggi tujuan.

Beasiswa Pelaku Budaya

Pelaku budaya tidak hanya terbatas pada wilayah tertentu atau katagori tertentu, asalkan sebagai pelaku budaya dapat mengikuti program beasiswa baik pelestari, penyuluh budaya atau lainnya, terbuka untuk umum dan dapat diikuti siapa saja. Maksimum usia 40-45 tahun dengan minimal IPK 3,00.

 

Biodata

Setelah memahami jenis beasiswa yang akan diikuti selanjutnya klik menu selanjutnya untuk mulai melengkapi biodata, isi nama panggilan, jenis kelamin, status pernikahan, nomor telpon dan wa, alamat tinggal, isi medsos. Jika sudah selesai klik simpan draft.


Informasi Keluarga

Pastikan isi semua data lengkap nama aya/ibu kandung, pekerjaan mereka, pendapatan perbulan, pekerjaan orang tua. Bagi yang sudah beristri atau bersuami upload KTP pasangan, tanggal lahir, pekerjaan, pendidikan dan pendapatan pasangan anda.

Unggah Dokumen 

Setelah mengisi data lengkap setiap pelamar wajib upload scan asli dokumen seperti pas foto, ktp, transkrip nilai, surat rencana studi, surat pernyataan, surat izin pimpinan, surat sehat, sertifikat bahasa asing, keterangan diterima PT, sertifikat kurasi, ijasah, personal statement berisi dokumen esai, surat rekomendasi untuk contoh surat yang belum ada silahkan ikuti format https://beasiswa.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/04/Buku-Panduan-Pendaftaran-BPI-Bergelar-Tahun-2022-FINAL-1.pdf


Riwayat pendidikan 

Tambahkan riwayat pendidikan seperti jenjang, tahun masuk, tahun lulus, sekolah atau perguruan tinggi asal, bidang studi, IPK jangan lupa klik menu "Simpan"


Isi Esai 

Pastikan mengisi semua esai mengenai kekuatan, kelebihan, kelemahan, kekurangan, pengalaman membanggakan, pengalaman kurang membanggakan, hal yang pernah dilakukan dan disesali sampai saat ini, komitmen kembali ke tanah air apabila kuliah di luar negeri, terkahir personal statemnt berisi gambaran diri anda, klik menu "Simpan"


Riwayat Pekerjaan

Berisi mengenai apaka anda memiliki pengalam pekerjaan tinggal pilih ya atau tidak, klik simpan akan dilanjutkan pada laman berikutnya pastikan semua klik "Simpan"

Kompetensi Bahasa

Akan ditanya mengenai apakah anda memiliki sertifikat kompetensi bahasa tertentu silahkan simpan apabila sudah selesai.

Pengalaman Organisasi

Berisi pertanyaan mengenai apakah anda memiliki pengelaman organsisasi baik selama di kampus, masyarakat, sekolah atau lingkungan perusahaan tempat bekerja. pilih ya atau tidak.

 Prestasi

Anda akan diminta menjawab apakah selama ini anda memiliki prestasi pilih ya atau tidak jangan lupa simpan.

Pengalaman Pelatihan/Workshop

Pilih jika ya anda memiliki pengalama pelatihan selama anda menempuh jenjang pendidikan atau pada platform tertentu atau instansi tertentu.

Karya Ilmilah

Mengenai pertayaan apakah memiliki karya ilmiah skripsi merupakan bagian karya ilmiah yang bisa dicantumkan berserta menjadi pengalaman riset termasuk dalam ketentuan tersebut.

Konferensi Ilmiah 

Biasanya beberapa seminar yang pernah diikuti kampus merupakan konferensi ilmiah apabila pernah mengikuti silahkan isi Ya.

Konfirmasi Berkas

Setelah semua berkas diisi dengan benar maka lanjut pada menu terakhir untuk mengkompirmasi berkas yang sudah diisi, sebelum mengirim berkas tersebut setiap pelamar dapat mengecek kembali kelengkapan dokumen apakah sudah sesuai atau belum, apabila ada berkas yang belum sesuai maka sistem tidak akan mengirim data karena ada error perbaiki baru kemudian kriim berkas.


Demikian informasi mengenai teknis pendaftaran beasiswa kemdikbud semoga informasi yang diberikan dapat berguna terutama yang masih memiliki semangat untuk kuliah tapi merasa usia sudah lewat, dalam pendidikan tidak ada kata terlambat termasuk pengajuan beasiswa karena pemerintah tidak lagi membatasi usia maksimal melalui program Beasiswa kementerian pendidikan Indonesia.