Cara Registrasi Akun SNBP & SNBT UTBK TA 2024/2025


Daftar Akun SNBP & SNBT UTBK  TA 2024/2025  - Lembaga Tes masuk perguruan tinggi negeri tahun ini kembali membuka pendaftaran bagi siswa/i kelas 12 yang lulus tahun ini untuk dapat mengikuti seleksi ke Perguruan Tinggi Negeri melalui dua jalur yaitu SNBP dan SNBT UTBK.

SNBP adalah merupakan singkatan dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dengan mekanisme seleksi prestasi akademik, nantinya sekolah akan memilih sesuai dengan batas kuota yang akan ditentukan oleh akreditasi dan memilih siswa/i terbaik supaya bisa mengikuti seleksi tersebut, sayangnya jalur ini tidak bisa diikuti secara perseorangan oleh siswa/i harus melalui sekolah, dan kemungkinan bisa mendaftar hanya satu kali kesempatan tahun depat dipastikan tidak bisa ikut lagi.
 
 


SNBT adalah jalur masuk tertulis cocok bagi siswa/i kelas 12 yang lulus tahun ini atau dua tahun yang lalu bisa ikut melalui mekanisme ujian tertulis UTBK, dimana ketentuan UTBK dibagi menjadi dua gelombang, dan dapat diikuti secara personal langsung oleh siswa/i yang bersangkutan, bagi yang merasa waktu seleksi masih bertabrakan dengan jadwal sekolah bisa mengikuti di akhir pekan.

Siswa/i yang mengikuti gelombang 1 tidak puas dengan nilai tes tertulis maka bisa mengikuti gelombang 2 nantinya nilai tertinggi yang diambil tentunya harus membayar secara mandiri mengenai biaya sekitar 200 rb bagi yang memilih kelompok tes yang sama, dan 300 rb untuk yang memilih dua kelompok tes sekaligus.

Jangan lupa bagi yang memiliki kartu KIP bisa mengajukan KIP kuliah dengan terlebih dahulu mendaftar melalui web resmi KIP Kuliah, ketentuan umum lainnya setiap siswa/i kelas 12 yang akan mengikuti SNBP semuanya wajib membuat akun SNPMB, sedangkan untuk UTBK bersifat netral diwajibkan bagi yang mau mendaftar saja.

Registrasi akun dilaksanakan jauh sebelum pendaftaran SNBP/ SNBT UTBK dibuka jadi pastikan kalian melakukan pendaftaran akun SNPMB sebelum batas akhir waktu yang sudah ditentukan oleh SNPMB untuk rincian ketentuan, panduan pembuatan akun SNPMB dan jadwal kapan harus melakukan registrasi akun SNPMB dapat di baca dibawah ini :

 

Ketentuan Akun 

  1. Pembuatan akun SNPMB untuk peserta SNPMB wajib semua siswa kelas 12 yang ingin mendaftar PTN.
  2. Disarankan untuk melakukan pendaftaran akun SNPMB karena SNBP hanya bisa diikuti satu kali tidak ada kesempatan ikut kembali tahun depan jadi manfaatkan kesempatan tersebut.
  3. SNPMB akan menetapkan jadwal pendaftaran akun SNPMB sampai batas akhir, setiap siswa kelas 12 harus membuat akun sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  4. Siswa/i yang tidak membuat akun SNPMB tidak bisa mendaftar SNBP meski lulus pemeringkatan.
  5. Diwaktu yang sama pihak sekolah akan mengisi data PDSS yaitu data nilai rapot seluruh siswa/i kelas 12 secara online.
  6. Melalui mekanisme pemeringkatan yaitu maksimal 40% atau minimal 5% dari nilai siswa/i terbaik kelas 12 batas maksimal atau minimal ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah.
  7. Setelah memilih siswa/i terbaik dalam mekanisme pemeringkatan sekolah akan mengumumkan siapa saja yang bisa mendaftar SNBP.
  8. Sampai pada proses ini baru pendaftaran dilanjutkan oleh siswa/i yang bersangkutan.
  9. Untuk siswa/i yang sudah membuat akun tetapi tidak lulus pemeringkatan, akun tersebut masih bisa digunakan untuk jalur SNBT.

 

Panduan Registrasi Akun Siswa/i

  1. Proses pembuatan akun dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa/i yang bersangkutan dengan mengakses link https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah itu pilih menu "Daftar" siswa
  3. Tautan tersebut akan mengarah pada halaman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ pilih "Siswa" klik menu "Daftar"
  4. Akan diminta mengisi form nama, mengisi NISN, NISP dan tanggal lahir, klik "Selanjutnya"
  5. Setelah berhasil muncul keterangan nama, sekolah dan NISN dan NISP, serta tanggal lahir.
  6. Jangan lupa masukan email aktif dan isi kompirmasi email.
  7. Klik tombol "Submit"
  8. Aktivasi akun melalui email terdaftar.
  9. Setelah selesai sudah bisa login ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ klik menu "Masuk" isi email dan kata sandi yang sudah dibuat.

 

Panduan Buat Akun Sekolah

  1. Khusus sekolah yang sudah memiliki akun SNPMB tahun lalu silahkan login ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/  selanjutnya pilih menu "Masuk" lakukan verifikasi ulang sebelum melakukan pengisian pdss tahun ini.
  2. Khusus sekolah yang belum memiliki akun SNPMB silahkan kunjungi situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/  pilih menu "Daftar" klik Daftar untuk akun sekolah.
  3. Masukan NPSN dan Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud.
  4. Isi form lengkap mengenai data sekolah.
  5. Laukan singkronisasi
  6. Gunakan email sekolah dan lakukan kompirmasi pendaftaran.
  7. Setelah sesuai sudah bisa melakukan proses pengisian PDSS dengan catatan sudah dibuka pendaftaran SNBP.

 

Khusus Peserta Ikut KIP Kuliah

  1. Setelah melakukan pendaftaran akun SNPMB siswa diwajibkan untuk mendaftar akun KIP kuliah melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id pilih menu "Login Siswa"
  2. Pilih Pendaftaran Baru
  3. Buat akun 
  4. Isi Nama, NIK, Email, Password, dan data lengkap lainnya seperti nomor KIP, upload foto
  5. Kirim form
  6. Kompirmasi pendaftaran melalui email.
  7. Login kembali ke https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 
  8. Sampai pada proses ini  akun KIP Kuliah sudah jadi tinggal lanjut pendaftaran KIP Kuliah.

 

Akun SNPMB UTBK

  1.  Setelah pendaftaran akun SNBP selesai giliran peserta yang mau ikut SNBT wajib mendaftar akun.
  2. Bagi yang sudah membuat akun sebelumnya pada jalur masuk SNBP silahkan login saja tidak perlu mendaftar lagi melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  3. Tinggal pilih verifikasi ulang untuk menbuatan akun SNBTpada katagori jalur masuk tersebut.
  4. Untuk yang tidak ikut jalur sebelumnya harus mendaftar dari awal melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ pilih menu "Daftar" katagori siswa, masukan NISN, Email, password, nama dan data personal lainnya secara lengkap.
  5. Jangan lupa kompirmasi pendaftaran ke email.
  6. Setelah itu selesai dan dapat langsung mendaftar SNBT.
  7. Proses pembuatan akun SNBT dilaksanakan jauh sebelum pembukaan pendaftaran pastikan kalian melakukan pembuatan akun jangan sampai kelewat karena jika tidak membuat akun dipastikan tidak akan bisa mendaftar SNBT.

Pastikan kalian mendaftar sebelum waktu akhir pendaftaran akun diurutkan dari pembuatan akun sekolah hanya dilakukan oleh sekolah atau wakil dari sekolah, registrasi akun SNPMB siswa dan akun UTBK, khusus KIP Kuliah hanya untuk yang memenuhi syarat bagi pendaftar umum di skip saja.