Portal.ltmpt.ac.id : Daftar Akun LTMPT 2022-2023 & Login SNMPTN-UTBK

Info Penting CPNS

Portal.ltmpt.ac.id : Daftar Akun LTMPT & Login SNMPTN-UTBK 2022-2023 - Ltmpt, portal ltmpt, ltmpt login, daftar ltmpt, login ltmpt snmptn, ltmpt sbmptn, login utbk ltmpt, Lembaga Tes masuk perguruan tinggi negeri tahun ini kembali membuka pendaftaran bagi siswa/i kelas 12 yang lulus tahun ini untuk dapat mengikuti seleksi ke Perguruan Tinggi Negeri melalui dua jalur yaitu SNMPTN dan UTBK SBMPTN.

SNMPTN adalah merupakan singkatan dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dengan mekanisme seleksi prestasi akademik, nantinya sekolah akan memilih sesuai dengan batas kuota yang akan ditentukan oleh akreditasi dan memilih siswa/i terbaik supaya bisa mengikuti seleksi tersebut, sayangnya jalur ini tidak bisa diikuti secara perseorangan oleh siswa/i harus melalui sekolah, dan kemungkinan bisa mendaftar hanya satu kali kesempatan tahun depat dipastikan tidak bisa ikut lagi.
 

 

SBMPTN adalah jalur masuk tertulis cocok bagi siswa/i kelas 12 yang lulus tahun ini atau dua tahun yang lalu bisa ikut melalui mekanisme ujian tertulis UTBK, dimana ketentuan UTBK dibagi menjadi dua gelombang, dan dapat diikuti secara personal langsung oleh siswa/i yang bersangkutan, bagi yang merasa waktu seleksi masih bertabrakan dengan jadwal sekolah bisa mengikuti di akhir pekan.

Siswa/i yang mengikuti gelombang 1 tidak puas dengan nilai tes tertulis maka bisa mengikuti gelombang 2 nantinya nilai tertinggi yang diambil tentunya harus membayar secara mandiri mengenai biaya sekitar 200 rb bagi yang memilih kelompok tes yang sama, dan 300 rb untuk yang memilih dua kelompok tes sekaligus.

Jangan lupa bagi yang memiliki kartu KIP bisa mengajukan KIP kuliah dengan terlebih dahulu mendaftar melalui web resmi KIP Kuliah, ketentuan umum lainnya setiap siswa/i kelas 12 yang akan mengikuti SNMPTN semuanya wajib membuat akun LTMPT, sedangkan untuk UTBK bersifat netral diwajibkan bagi yang mau mendaftar saja.

Registrasi akun dilaksanakan jauh sebelum pendaftaran SNMPTN/UTBK dibuka jadi pastikan kalian melakukan pendaftaran akun LTMPT sebelum batas akhir waktu yang sudah ditentukan oleh LTMPT untuk rincian ketentuan, panduan pembuatan akun LTMPT dan jadwal kapan harus melakukan registrasi akun LTMPT dapat di baca dibawah ini :

 

Ketentuan Akun LTMPT

  1. Pembuatan akun LTMPT untuk peserta SNMPTN wajib semua siswa kelas 12 yang ingin mendaftar PTN.
  2. Disarankan untuk melakukan pendaftaran akun LTMPT karena SNMPTN hanya bisa diikuti satu kali tidak ada kesempatan ikut kembali tahun depan jadi manfaatkan kesempatan tersebut.
  3. LTMPT akan menetapkan jadwal pendaftaran akun LTMPT SNMPTN sampai batas akhir, setiap siswa kelas 12 harus membuat akun sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  4. Siswa/i yang tidak membuat akun LTMPT tidak bisa mendaftar SNMPTN meski lulus pemeringkatan.
  5. Diwaktu yang sama pihak sekolah akan mengisi data PDSS yaitu data nilai rapot seluruh siswa/i kelas 12 secara online.
  6. Melalui mekanisme pemeringkatan yaitu maksimal 40% atau minimal 5% dari nilai siswa/i terbaik kelas 12 batas maksimal atau minimal ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah.
  7. Setelah memilih siswa/i terbaik dalam mekanisme pemeringkatan sekolah akan mengumumkan siapa saja yang bisa mendaftar SNMPTN.
  8. Sampai pada proses ini baru pendaftaran dilanjutkan oleh siswa/i yang bersangkutan.
  9. Untuk siswa/i yang sudah membuat akun tetapi tidak lulus pemeringkatan, akun tersebut masih bisa digunakan untuk jalur SBMPTN.

 

Panduan Buat Akun LTMPT SNMPTN Siswa/i

  1. Proses pembuatan akun dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa/i yang bersangkutan dengan mengakses link https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Setelah itu pilih menu "Daftar" siswa
  3. Tautan tersebut akan mengarah pada halaman https://reg.ltmpt.ac.id/ pilih "Siswa" klik menu "Daftar"
  4. Akan diminta mengisi form nama, mengisi NISN, email aktif, dan password, dan beberapa data personal lainnya.
  5. Pastikan pemilihan tujuan pembuatan akun LTMPT untuk SNMPTN.
  6. Pastikan kirim form.
  7. Kompirmasi lewat email yang terdaftar.
  8. Setelah selesai sudah bisa login ke https://portal.ltmpt.ac.id klik menu "Masuk" isi email dan kata sandi yang sudah dibuat.

 

Panduan Buat Akun LTMPT Sekolah

  1. Khusus sekolah yang sudah memiliki akun LTMPT tahun lalu silahkan login ke https://portal.ltmpt.ac.id  selanjutnya pilih menu "Masuk" lakukan verifikasi ulang sebelum melakukan pengisian pdss tahun ini.
  2. Khusus sekolah yang belum memiliki akun LTMPT silahkan kunjungi situs resmi https://portal.ltmpt.ac.id  pilih menu "Daftar" klik Daftar untuk akun sekolah.
  3. Masukan NPSN dan Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud.
  4. Isi form lengkap mengenai data sekolah.
  5. Laukan singkronisasi
  6. Gunakan email sekolah dan lakukan kompirmasi pendaftaran.
  7. Setelah sesuai sudah bisa melakukan proses pengisian PDSS dengan catatan sudah dibuka pendaftaran SNMPTN.

 

Khusus Peserta Ikut KIP Kuliah

  1. Setelah melakukan pendaftaran akun LTMPT siswa diwajibkan untuk mendaftar akun KIP kuliah melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id pilih menu "Login Siswa"
  2. Pilih Pendaftaran Baru
  3. Buat akun 
  4. Isi Nama, NIK, Email, Password, dan data lengkap lainnya seperti nomor KIP, upload foto
  5. Kirim form
  6. Kompirmasi pendaftaran melalui email.
  7. Login kembali ke https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id 
  8. Sampai pada proses ini  akun KIP Kuliah sudah jadi tinggal lanjut pendaftaran KIP Kuliah.

 

Akun LTMPT UTBK-SBMPTN

  1.  Setelah pendaftaran akun LTMPT SNMPTN selesai giliran peserta yang mau ikut SBMPTN wajib mendaftar akun LTMPT.
  2. Bagi yang sudah membuat akun LTMPT sebelumnya pada jalur masuk SNMPTN silahkan login saja tidak perlu mendaftar lagi melalui https://portal.ltmpt.ac.id/
  3. Tinggal pilih verifikasi ulang untuk menbuatan akun SBMPTN pada katagori jalur masuk tersebut.
  4. Untuk yang tidak ikut jalur sebelumnya harus mendaftar dari awal melalui https://portal.ltmpt.ac.id/ pilih menu "Daftar" katagori siswa, masukan NISN, Email, password, nama dan data personal lainnya secara lengkap.
  5. Jangan lupa kompirmasi pendaftaran ke email.
  6. Setelah itu selesai dan dapat langsung mendaftar SBMPTN.
  7. Proses pembuatan akun LTMPT SBMPTN dilaksanakan jauh sebelum pembukaan pendaftaran pastikan kalian melakukan pembuatan akun jangan sampai kelewat karena jika tidak membuat akun dipastikan tidak akan bisa mendaftar SBMPTN.

 

Jadwal Registrasi Akun LTMPT

  1. Registrasi Akun LTMPT SNMPTN Siswa : 10 Januari - 15 Februari 2022
  2. Registrasi Akun LTMPT SNMPTN Sekolah : 04 Januari - 08 Februari 2022
  3. Registrasi Akun LTMPT UTBK/SBMPTN : 14 Februari - 17 Maret 2022
  4. Registrasi Akun KIP Kuliah : 10 Januari - 17 Maret 2022

 

Pastikan kalian mendaftar sebelum waktu akhir pendaftaran akun diurutkan dari pembuatan akun sekolah hanya dilakukan oleh sekolah atau wakil dari sekolah, registrasi akun LTMPT SNMPTN siswa dan LTMPT akun UTBK, khusus KIP Kuliah hanya untuk yang memenuhi syarat bagi pendaftar umum di skip saja.