Pengumuman UPI 2021-2022

Info Penting CPNS

Pengumuman UPI 2021-2022 - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan universitas atau perguruan tinggi, yang sudah ada sejak tahun 1954. Pada saat didirikan Universitas Pendidikan Indonesia adalah perguruan tinggi keguruan, namun pada tahun 2012 Universitas Pendidikan Indonesia berubah status menjadi perguruan tinggi negeri.  Motto yang digunakan adalah, A Leading And Outstanding Campus.  

Lokasi utama dari Universitas Pendidikan Indonesia terletak di Jalan Setiabudi Bandung, namun Universitas Pendidikan Indonesia juga ada di daerah lainnya. Universitas Pendidikan Indonesia juga ada di Sumedang, Purwakarta, dan juga Serang. Adapun fakultas dan juga program studi yang ditawarkan adalah sebagai berikut: 


  1. Fakultas Sastra dan Bahasa : Program Studi: Sastra Jepang, Sastra Korea, Sastra Jepang, Sastra Sunda, Sastra Inggris, Sastra Indonesia 
  2. Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Matematika : Program studi: Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi
  3. Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan : Program Studi: Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Tata Busana, Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Arsitektur, Pendidikan Teknik Elektro 
  4. Fakultas Pendidikan dan Olahraga : Program Studi: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendididkan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, Ilmu Keolahragaan 
  5. Faulutas Pendidikan Seni dan Desain : Program Studi: Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Musik,Film dan Televisi


Setelah Unviersitas Pendidikan Indonesia berubah menjadi perguruan tinggi negeri, maka seleksi masuknya pun mengikuti seleksi yang ditetapkan oleh negara. Seleksi yang diselenggarakan misalnya seperti SNMPTN, UTKBK SBMPTN, dan juga Seleksi Mandiri. 

Apabila anda sudah mengikuti seleksi yang sudah dislenggarakan, ada baiknya untuk mengetahui hasil seleksi yang sudah diselenggarakan. Pada kali ini kami akan memberi tahu melihat hasil seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur mandiri Universitas Pendidikan Indonesia.

 

Pengumuman Hasil SNMPTN 


Sebelum adanya seleksi SBMPTN dan juga seleksi Mandiri, pertama kali untuk masuk perguruan tingi negeri adalah lewat SNMPTN. SNMPTN ini biasanya diselenggarakan serentak, diseluruh perguruan tinggi negeri Indonesia.  Apabila anda ingin melihat hasil dari seleksi SNMPTN, anda bisa melihatnya lewat website pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. Anda tinggal masukan nomor dan tanggal lahir, dan kemudian anda bisa mengecek hasilnya.

 

Pengumuman Hasil  UTBK SBMPTN 

Berbeda dengan SNMPTN, SBMPTN diselenggarakan dengan cara tertulis. Kali ini SBMPTN diselenggarakan dengan sistem UTBK, atau tesnya menggunakan komputer. Untuk melihat hasil dari UTBK SBMPTN, dan bisa melihatnya lewat ltmpt.ac.id. Lewat portal atau website tersebut, anda bisa melihat apakah anda lolos atau tidak dalam UTBK SBMPTN. Apabila anda gagal UTBK SBMPTN pada tahun ini, anda bisa mengikuti UTBK SBMPTN pada tahun berikutnya.

  1. Pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  2. Upi.edu


Pengumuman Penjaringan Prestasi Akademik / PPA Mandiri D3

 

Universitas Pendidikan Indonesia menyediakan program D3 untuk calon mahasiswa, dan banyak sekali program D3 yang ditawarkan di Unviersitas Pendidikan Indonesia. Apabila anda ingin kuliah program  D3 di Universitas Pendidikan Indonesia, anda bisa masuk melalui jalur Penjaringan Prestasi Akademik/ PPA Mandiri D3.
 

Jalur ini ditujukan untuk calon mahasiswa, yang mempunyai prestasi akademik ketika masih SMA.  Bukti prestasi yang ditunjukan bisa berupa prestasi akademik, maupun prestasi non akademuk. Apabila anda sudah mengikuti seleksinya, anda bisa langusng melihat hasil seleksinya. Untuk melihat hasil  dari seleksi PPA Mandiri D3, anda bisa melihatnya lewat website http://app.pmb.upi.edu/ppa_d3/.  Pertama anda masuk ke link tersebut, kemudian masukan nomor pembayaran dan PIN yang sudah diberikan. Jika sudah dimasukan nomor pembayaran dan PIN, anda bisa langsung melihat hasilnya.


Prestasi Istimewa 

Selain lewat PPA Mandiri D3, Universitas Pendidikan Indonesia juga meneyelenggarakan seleksi lewat prestasi istimewa. Prestasi Istimewa ini diperuntukan bagi calon mahasiswa S1,  dan dikhususkan bagi mereka yang memiliki prestasi akademik atau akademik tingkat nasional atau internasional. 

Bagi anda yang ingin melihat hasil dari seleksi Prestasi Istimewa, anda bisa melihatnya lewat website http://app.pmb.upi.edu/sm-pi/# . Anda hanya memasukan nomor pembayaran dan juga nomor PIN yang anda miliki, dan anda bisa segera melihat hasil dari seleksi tersebut. Anda nantinya akan menerima hasil, diterima atau tidak diterima leat portal website tersebut. Jika anda nantinya diterima dalam seleksi prestasi istimewa, nantinya anda akan mendapatkan pengumuman atau informasi yang lebih lanjut.
 

Seleksi Lewat Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K)
 

Pemerintah Indonesia menyelenggarakan progam Kartu Indonesia Pintar untuk kuliah, agar semua anak bisa berkuliah. Unviersitas Pendidikan Indonesia juga enyelenggarkan seleksi, lewat Kartu Indonesia Pintar ini. Untuk anda yang sudah mendaftar lewat program KIPK dan ingin melihat hasilnya, anda bisa melihat hasil seleksinya lewat https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login. Anda bisa masukan nomor pendaftaran, dan juga kode akses yang sudah diberikan.
 

Apabila anda sudah memasukan nomor pendaftaran dan kode akses, nantinya anda akan bisa melihat hasilnya. Anda nantinya akan dinyatakan lolos atau tidak lolos, lewat portal atau website tersebut.