Pengumuman UNSIKA 2021-2022

Info Penting CPNS

Pengumuman UNSIKA 2021-2022 - Universitas Singaperbangsa merupakan perguruan tinggi  di Karawang yang  sudah ada tahun 1965, dan didirikan oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan. Pernah menjadi sebuah perguruan tinggi swasta, Universitas Singaperbangsa berubah status menjadi perguruan tinggi negeri ketika tahun 1982. 

Alamat Universitas Singaperbangsa: Jl. HS.Ronggo Waluyo, Puseurjaya, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361. Adapun Fakultas dan juga Program Study yang ada di Universitas Singaperbangsa adalah sebagai berikut: 


  1. Fakultas Agama Islam : Program Studi: Pendidikan agama Islam
  2. Fakultas Ilmu Komputer : Program Studi: Teknik Informatika, Sistem Informasi
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Program Studi: Ilmu Kominikasi, Ilmu Pemerintahan
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  : Program Studi: Pendidikan Olahraga, Pendidkkan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia
  5. Fakultas Pertanian : Program Studi: Agroteknologi, Agrobisnis 
  6. Fakultas Teknik : Program Studi: Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin
  7. Fakultas Kesehatan : Program Studi: Kebidanan, Farmasi, Gizi


Sejak tahun 1982 Universitas Singaperbangsa menjadi sebuah perguruan tinggi negeri, dan oleh karena itu Universitas Singaperbangsa Karawang ini juga mengadakan seleksi seperti perguruan tinggi negeri yang lainnya. Seleksi masuk  Universitas Singaperbangsa seperti misalnya seperti  SNMPTN, UTBK SBMPTN, dan juga Seleksi Mandiri (SMM).  Selain itu juga ada juga seleksi dari PTIKN, bagi anda yang ingin tertarik dengan pendidikan agama Islam. 


Jika anda sudah mengikuti berbagai seleksi yang sudah diselenggarakan, kini anda bisa melihat hasil dari seleksi yang sudah diselenggarakan tersebut. Pada kali ini kami akan memberi tahu cara melihat hasil seleksi SNMPTN. UTBK SBMPTN, dan juga Seleksi Mandiri (SMM).  
Informasi berikut bisa anda simak, supaya anda bisa mengetahu hasil dari seleksi yang telah anda ikuti sebelumnya.

 

Pengumuman Lewat Jalur SNMPTN
 

Seperti anda ketahui setiap tahunnya SNMPTN selalu diadakan, oleh Pemerintah Indonesia. Universitas Singaperbangsa juga menawarkan seleksi jalur SNMPTN, dan kuota yang tersedia hanya terbatas.
Untuk mengecek hasil seleksi dari SNMPTN, anda bisa melihatnya lewat pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.. Portal tersebut merupakan portal resmi dari Pemerintah, untuk melihat hasil dari SNMPTN.

 

Pengumuman Jalur  UTBK SBMPTN


SBMPTN merupakan tes tertulis yang diselenggarakan Pemerintah, untuk masuk  kedalam sebuah perguruan tinggi negeri. Saat ini SBMPTN diselenggarakan dengan UTBK, atau melalui komputer.
Apabila anda ingin melihat hasil dari SBMPTN yang sudah diselenggarakan, anda bisa melihat hasilnya di  portal.ltmpt.ac.id. Website ini dibuat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, untuk melihat hasil dari UTBK SBMPTN. 

Proses pengumuman sbmptn dilaksanakan secara online melalui link pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id secara online dengan memasukan nomor peserta dan tanggal lahir kemudia klik lihat hasil untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini link pengumuman :

  1. pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  2.  https://sbmptn.unsika.ac.id



Pengumuman Jalur Mandiri (SMM) Ketua Osis 


Universitas Singaperbangsa juga menyelenggarakan seleksi jalur mandiri, namun hanya dikhususkan untuk calon mahasiswa yang dahulu pernah menjadi ketua osis.  Tujuan dari seleksi mandiri ketua osis, adalah  mencari calon mahasiswa yang memiliki jiwa kemimpinan atau leadership. Apabila anda pernah menjadi ketua osis ketika masih SMA, anda bisa mendaftar lewat jalur ini.  

Anda harus memiliki prestasi selama menjadi ketua osis, dan lampirkan prestasi yang pernah didapat saat melakukan pendaftaran. Jika anda sudah mengikuti seleksi jalur mandiri Ketua Osis dan ingin  melihat hasilnya, anda bisa melihatnya lewat website pmb.uniska.ac.id. Website tersebut nantinya akan memberikan informasi, siapa saja yang diterima lewat jalur mandiri ketua osis.

 

SPAN PTIKN
 

Universitas Singaperbangsa  memiliki fakultas pendidikan agama Islam, dan untuk seleksi masuknya lewat SPAN PTIKN yang diseleknggarakan oleh Kementerian Agama. SPAN PTIKN tidak dikenakan biaya pendaftaran, dan biasanya dilihat dari nilai raport ketika SMA.
 

Untuk melihat hasil dari SPAN PTIKN, anda bisa melihatnya lewat portal atau website span.ptikn.ac.id. Jika anda sudah masuk ke portal tersebut, anda tinggal melihatnya lewat tombol pengumuman.
Apabila anda nantinya lolos,  anda akan mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut lewat website tersbeut.Sedangkan apabila anda tidak lolos, anda bisa mengikuti seleksi UM PTIKN setelah pengumuman SPAN PTIKN.

 

Pengumuman UM  PTIKN 

Berbeda dengan seleksi SPAN PTIKN, UM PTIKN merupakan seleksi, yang diselenggarakan menggunakan tes tertulis dan juga memiliki biaya pendaftarannya. UM PTIKN akan lebih banyak menerima  calon mahasiswa, dibanding dengan seleksi dari SPAN PTIKN.  Apabila anda ingin masuk ke Universitas Singaperbangsa dan mempelajari pendidikan Agama Islam, anda bisa mengikuti seleksi UM PTIKN ini. Seleksi akan diselenggarakan secara serentak, sehingga soal tersebut harus dkerjakan dengan baik. 

Untuk anda yang ingin melihat hasil dari UM PTIKN, anda bisa melihat hasil seleksinya lewat pengumuman.um-ptikn.ac.id.  Lewat website tersebut nantinya akan diberi tahukan siapa saja yang lolos seleksi, lewat seleksi  UM PTIKN.

 

Seleksi Program Kartu Indonesia Pintar
 

Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan program pemerintah Indonesia, supaya anak anak muda bisa sekolah dan juga kuliah. Universitas Singaperbangsa menyediakan program seleksi, lewat Kartu Indonesia Pintar (KIP). Untuk mengetahui seleksi Kartu Indonesia Pintar, anda bisa melihatnya pada website kip-kuliah.kemdikbud.go.id . Lewat website ini, anda akan mengetahui  apakah anda diterima untuk program Kartu Indonesia Pintar.