Pengumuman UTBK & Cara Donwload Sertifikat UTBK 2024/2025


Pengumuman UTBK & Cara Donwload Sertifikat UTBK 2024/2025 - Tahun ini menjadi tahun yang berbeda dari tahun sebelumnya proses seleksi yang dilaksanakan oleh SNPMB banyak mendapatkan tantangan terutama terkait masalah sosial distensing, SNPMB sebagai penyelenggara UTBK memiliki tantangan besar dimana harus menjaga agar tidak terjadi klaster baru, disisi lain UTBK harus dilaksanakan agar sistem penerimaan mahasiswa baru di PTN tidak terganggu.

Meski UTBK dapat berjalan dengan lancar, proses tes yang dilaksanakan cukup lama dan memakan waktu penjang, dikarenakan untuk mengikuti standar kesehatan, karena kesulitan inilah pemerintah melalui SNPMB menyepakati sistem seleksi SNBT ditentukan oleh hasil akhir nilai UTBK. Selain itu kondisi saat ini yang tidak menentu mengharuskan SNPMB memperbaharui sistem seleksi masuk PTN.




Salah satunya ada di persyaratan Jalur Masuk Mandiri PTN, dimana sertifikat UTBK yang sudah di donwload kemudian dapat digunakan kembali untuk seleksi PTN, tanpa harus mengikuti tes ujian Mandiri PTN dikarenakan tidak memungkinkan, ada beberapa perguruan tinggi lain yang membuka jalur Mandiri PTN setelah pengumuman UTBK dilaksanakan melalui ujian daring dengan kelengkapan persyaratan salah satunya nilai UTBK.

Dengan kata lain UTBK menjadi satu-satu jalur masuk tertulis berskala nasional dan nilai yang di yang diperoleh dapat digunakan untuk tes selanjutnya untuk mengurangi resiko terjadi krisis kesehatan saat ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci terkait dengan Cara Cek pengumuman UTBK dan Cara Cetak Sertifikat UTBK untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

Sekitar 600 rb lebih peserta UTBK yang mengikuti tes tahun ini, hampir 93% mengikuti tes sementara sekitar 7% peserta yang sudah mendaftar UTBK  50 ribu lebih peserta yang tidak mengikuti tes.

Telah dijelaskan sebelumnya dimana pengumuman akan diputuskan dari hasil UTBK yang sudah dilaksanakan, jika tahun sebelumnya terdapat tahapan lanjutan setelah tes UTBK untuk mendaftar, tahun ini hasil UTBK merupakan hasil final, dimana setiap peserta dapat mendownload bukti sertifikat UTBK setelah pengumuman dilaksanakan.

  • Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengecek pengumuman tahun ini, pertama persiapkan jaringan stabil, 
  • kemudian akses link miror yang masih bisa dibuka dan 
  • selanjutnya pastikan kalian memasukan nomor peserta UTBK dan tanggal lahir yang benar, 
  • pastikan berulang kali cek agar hasil benar-benar meyakinkan.
  • Jangan terburu-buru untuk cek pengumuman, santai jika tidak memungkinkan cek hari pertama bisa di lain waktu tidak perlu terburu-buru dikarenakan biasanya sistem pengumuman masih belum normal jika masih baru saja di umumkan.

Cara Cek Pengumuman UTBK.
  • Buka laman https://snbt.bppp.kemdikbud.go.id
  • Jika sudah berhasil masukan nomor peserta dan tanggal lahir klik lihat hasil.
  • Akan ada dua keterangan yang akan muncul pertama lulus, dan yang kedua tidak lulus.
  • Namun jika situs utama tidak bisa diakses peserta dapat mengecek link mirror yang ada seperti berikut.
  • https://ui.ac.id
  • https://ugm.ac.id
  • http://undip.ac.id 
  • http://unair.ac.id 
  • http://unsri.ac.id 
  • http://untan.ac.id 
  • http://itb.ac.id 
  • http://its.ac.id 
  • http://ipb.ac.id 
  • http://unand.ac.id 
  • http://unhas.ac.id 
  • http://unsyiah.ac.id

Cara Download dan Cetak Sertifikat UTBK


Semua peserta yang sudah ikut UTBK baik yang lulus maupun tidak lulus diwajibkan mendownload sertifikat UTBK satu hari setelah pengumuman  dilaksanakan tanpa terkecuali, jangan sampai peserta UTBK tidak mendownload sertifikat UTBK.

Nantinya sertifikat UTBK yang sudah di download dapat digunakan untuk mendaftar Jalur Mandiri PTN, tanpa sertifikat atau bukti nilai UTBK tersebut peserta tidak akan bisa mendaftar jalur Mandiri, meskipun tidak lulus semua peserta wajib mengundah sertifikat tersebut. Berikut tata cara download e-sertifikat UTBK.
  1. Buka situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ kemudian pilih undah e-sertifikat UTBK agar bisa di download prosesnya sama dengan pengecekan pengumuman sebelumnya hanya saja pada bagian tertentu ada serfitikat utbk beserta rincian nilai yang sudah di peroleh sebelumnya. Klik undah untuk menyimpan sertifikat UTBK.
  2. Selain situs tersebut bisa melalui https://snbt.bppp.kemdikbud.go.id untuk mendownload sama seperti prosedur cek pengumuman tinggal masukan nomor peserta UTBK dan tanggal lahir kemudian klik hasil, maka akan muncul sertifikat UTBK dan silahkan di undah.
  3. Semua peserta wajib mengundah sertifikat UTBK baik yang lulus maupun tidak lulus.
  4. Nantinya Sertifikat UTBK digunakan untuk persyaratan Pendaftaran Jalur Masuk Mandiri PTN.
  5. Tanpa sertifikat UTBK tidak bisa ikut tes jalur Mandiri PTN.

Semoga informasi yang sudah diberikan bisa bermanfaat, sertifikat dapat di download satu hari setelah pengumuman dilaksanakan, sebagai bentuk transparansi dalam penyelenggaraan seleksi perguruan tinggi negeri, nantinya nilai UTBK dapat berlaku untuk tes PTN selanjutnya.

Sangat disayangkan bagi peserta yang tidak mengikuti tes UTBK padahal sudah mendaftar karena tidak bisa mendaftar PTN tahun ini termasuk jalur Mandiri PTN karena ada persyaratan nilai UTBK. Selamat bagi yang dinyatakan lulus dan mendapatkan nilai UTBK tinggi, bagi yang belum beruntung