Cara Daftar Akun LTMPT SNMPTN 2021-2022

Cara Daftar Akun LTMPT SNMPTN 2021-2022 - Hai calon peserta SNMPTN apakah saat ini kalian sedang mempersiapkan pendaftaran SNMPTN, sebagai tahap awal pendaftaran yang harus dilakukan peserta adalah melakukan pendaftaran Akun LTMPT untuk mempersiapkan apabila nanti pendaftaran dibuka. Semua peserta calon SNMPTN wajib melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu jauh sebelum pendaftaran SNMPTN dibuka.

Untuk memastikan apakah mendapatkan rekomendasi sekolah, setiap siswa/i bisa langsung menanyakan hal tersebut ke kantor sekolah, jika sudah pasti mendapatkan rekomendasi segera untuk daftar akun terlepas dari lulus atau tidak pemeringkatan setiap calon peserta SNMPTN wajib membuat akun LTMPT SNMPTN.


 

Untuk mendaftar dapat dilaksanakan secara mandiri tanpa harus melibatkan sekolah caranya mengakses situs resmi Portal.Ltmpt.ac.id klik daftar, isi form, aktivasi, login dan terakhir verifikasi, apabila pendaftaran akun selesai tahap selanjutnya yang harus dilakukan peserta adalah menunggu hasil pemeringkatan dari sekolah.

Bagi yang lulus bisa mendaftar SNMPTN, sedangkan yang tidak lulus tidak perlu berkecil hati bisa ikut jalur lainnya, untuk data akun yang sudah terisi tidak akan sia-sia karena semua data sudah tersingkronisasi apabila ada jalur lain yang mewajibkan peserta membuat akun LTMPT lagi tidak perlu mengisi dari awal, cukup menggunakan data lama dan verifikasi saja.

Proses pendaftaran akun dilakukan satu bulan lebih dalu baru pendaftaran dibuka, untuk bisa mendaftar wajib login ke SNMPTN.ac.id oleh sebab itu peserta wajib memiliki akun LTMPTN SNMPTN, tanpa akun tersebut meski lulus pemeringkatan tidak akan bisa mendaftar SNMPTN. Bagi yang mau mendaftar akun LTMPT silahkan kordinasi dengan sekolah atau bisa langsung berinisiatif untuk melakukan pendaftaran Akun.

Untuk yang belum mengetahui cara mendaftar Akun LTMPT SNMPTN dapat mengikuti panduan dibawah ini, siapkan data seperti KTP, data rapot, email aktif, kemudian ikuti caranya seperti dibawah ini untuk lebih jelas simak seperti berikut ini.

 

Daftar & Aktivasi Akun

  1. Kunjungi situs resmi Portal.Ltmpt.ac.id atau bisa browsing di google ketikan daftar akun LTMPT.
  2. Pilih Menu siswa Klik "Daftar"
  3. Isi NISN, NPSN, Tanggal Lahir,  
  4. Khusus siswa luar negeri yang berasal dari sekolah Non SRI dapat menggunakan NPSN.
  5. klik menu "Selanjutnya"  
  6. Isi alamat email, password, dan biodata lainnya.
  7. Pastikan semua data pada form online diisi semuanya.
  8. Jangan lupa Kirim form.
  9. Setelah itu akan muncul notifikasi aktivasi akun, silahkan buka email terdaftar
  10. Lakukan aktivasi akun.
  11. Selesai


Setelah aktivasi akun, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah login dan verifikasi semua data yang ada, tidak kalah penting melengkapi form yang masih kosong, proses pendaftaran akun selesai apabila verifikasi selesai dilakukan, untuk melakukan verifikasi dapat mengikuti cara dibawah ini :

 

Login & Verifikasi

  1. Kunjungi kembali situs resmi Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Masukan email dan Password terdaftar.
  3. Klik "Masuk"
  4. Nantinya akan menuju ke dasboard portal LTMPT.
  5. Pilih Menu Verifikasi Data Siswa.
  6. Periksa data sebelum melakukan verifikasi.
  7. Lengkapi data seperti NIK, alamat, agama, nomor hp, dan biodata lainnya.
  8. Pastikan agar tidak salah mengisi data agar tidak perlu melakukan perubahan.
  9. Klik Perbarui Data.
  10. Nantinya akan menuju Riwayat Pendidikan seperti data sekolah, jika dibutuhkan perbarui data.
  11. Klik Selanjutnya, upload pas foto sesuai ketentuan formal dan yang terbaru.
  12. Setelah selesai semua ceklist pernyataan
  13. Simpan Permanen.
  14. Proses pembuatan akun selesai.

 

Setelah pembuatan akun selesai tinggal tunggu pengisian data oleh sekolah, kemudian sekolah akan mengumumkan pemeringkatan, baru kemudian dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN, yang perlu diperhatikan saat mendaftar Akun LTMPT adalah melakukan aktivasi akun belum cukup untuk menyelesaikan rangkain pembuatan akun, harus sampai pada tahap verifikasi dan validasi apabila semua selesai baru akun siap digunakan. Semoga bermanfaat.