8 Trik Lulus Jalur Mandiri PTN dengan Nilai UTBK Kecil 2021-2022

Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTN wajib menggunakan nilai UTBK ? apakah benar berita tersebut atau hanya hoax saja, beberapa penelusuan yang kami mengenai Jalur Mandiri PTN memang memberikan syarat nilai UTBK sebagai salah satu kelengkapan, agar bisa mengikuti jalur Mandiri. Apakah sistem ini merugikan calon mahasiswa yang nantinya mendapatkan nilai kecil saat tes UTBK ?.

Kebijakan ini diambil dalam keadaan darurat saat ini karena jika pada saat Jalur Mandiri PTN dibuka namun kondisi belum juga membaik, alternatif lain yang digunakan adalah menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandiri PTN, terutama di daerah zona merah dan hitam. Memang aturan ini cukup merugikan para peserta yang mendapatkan nilai kecil.




Karena harapan untuk lulus juga akan semakin kecil dibandingkan dengan yang dapat nilai tinggi, bahkan ada yang mengatakan SBMPTN tidak lulus kemungkinan jalur Mandiri PTN juga tidak lulus jika menggunakan nilai yang sama. Persaingan yang terjadi pada saat seleksi Mandiri PTN tentu akan berbeda karena sebagian besar siswa/i yang meraih nilai tinggi sudah lulus SBMPTN.

Sisanya mereka yang memiliki nilai sedang sampai rendah bersaing di jalur Mandiri PTN menggunakan nilai UTBK yang sebelumnya sudah di dapat. Kabar baiknya Perguruan tinggi Negeri tidak hanya membuka satu jalur Mandiri ada beberapa alternatif jalur masuk Mandiri lainnya yang bisa diikuti.

Kabar baiknya adalah Nilai UTBK bukan merukapan satu-satunya pertimbangan kelulusan jalur Mandiri PTN, sebagian perguruan tinggi negeri menambah syarat tes seperti wawancara dan tes online untuk jalur mandiri mereka, namuan dipastikan sistem ini akan diterapkan dalam kondisi saat ini.

Lalu bagaimana nasib mereka yang pada saat tes UTBK nilai yang diperoleh kecil, apakah tetap bisa memilih PTN yang diinginkan, pada prinsipnya mereka yang memiliki nilai UTBK kecil sudah pasti kalah bersaing dengan nilai UTBK yang sedang atau besar, persentasi kelulusan ditentukan dengan nilai UTBK, semakin besar nilai UTBK maka kesempatan untuk lulus akan semakin besar.

Sementara yang memiliki nilai UTBK kecil sudah pasti akan meresakan hal sebaliknya. Dalam hal ini kita membutuhkan beberapa stategi agar bisa lulus Jalur Mandiri PTN dengan sistem baru ini diantaranya sebagai berikut :


Nalai UTBK yang didapat bersifat umum dan dapat diketahui secara luas karena setelah pengumuman SBMPTN kita akan mengetahui berapa nilai yang didapatkan, minimal kita tau nilai UTBK teman terdekat, dari sana kita bisa mempetakan siapa saja teman-teman kita yang mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari pada kita, baru kemudian nanti kita tanyakan setelah tidak lulus mau ikut jalur Mandiri PTN dimana.


8 Trik Lulus Jalur Mandiri PTN dengan Nilai UTBK Kecil

  1. Hindari memilih program studi yang sama dengan teman-teman yang mendapatkan nilai lebih tinggi dari kita.
  2. Kita perlu mncari info dari sekolah kita terutama kelas kita semasa sekolah jangan sampai menumpuk memilih program studi/jurusan yang sama dengan teman-teman agar tidak terlalu banyak persaingan sesama teman yang sudah kita tau siapa saja yang lebih pintar dari kita.
  3. Sistem Nilai UTBK biasanya diumumkan secara terbuka di website resmi atau beberapa web berita akan memposting, dari sana kita bisa melakukan pengecekan siapa saja yang mendapatkan nilai lebih tinggi dari kita usahakan menghindari sama memilih jurusan dengan mereka yang pilih.
  4. Intinya adalah pemilihan program studi menjadi sangat penting pada saat tes Jalur Mandiri PTN menggunakan nilai UTBK jangan menumpuk pada satu program studi yang sama.
  5. Setiap PTN memiliki Program Studi unggulan yang selalu dibanjiri peminat, usahakan untuk tidak memilih jurusan tersebut jika nilai UTBK yang kita dapatkan kecil.
  6. Memilih program studi yang sepi peminat, atau program studi baru.
  7. Akreiditasi Program studi B kebawah akan lebih memungkinan bagi yang mendapatkan nilai UTBK kecil.
  8. Jika memang di salah satu PTN sudah sangat banyak mendaftar ada baiknya kita memilih PTN lain yang lebih memungkinkan untuk lulus dengan mengandalkan nilai UTBK yang sudah dimiliki.


Tentunya setiap siswa/i yang akan mengikuti UTBK harus serius dan bersungguh-sunggu saat tes, tidak ada istilah main-main karena nilai UTBK yang didapat akan memiliki kaitan dengan jalur masuk lainnya secara berkesinambungan. Perlu diingat bahwa PTN membuka beberapa jalur Masuk Mandiri dengan salah satu sistem nilai UTBK.

Tetapi jalur lain juga masih ada yang menggunakan tes tertulis lainnya, nah itu saja informasi yang bisa kami semoga bermanfaat, jangan lupa untuk mencari lebih dari 1 jalur Masuk PTN agar pilihan saat tes nanti lebih banyak meski nilai UTBK yang didapat tidak kecil. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.