Tips Lulus SNMPTN 2020

Tips Lulus SNMPTN 2020 - SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri dengan sistem nilai rapot dan pemeringkatan, memang tidak cukup hanya mempersiapkan diri menjelang pendaftaran SNMPTN, untuk bisa lulus SNMPTN diperlukan nilai yang baik dengan pola yang sudah ditentukan.

Salah satu tips yang harus di persiapkan untuk lulus SNMPTN adalah mempersiapkan diri sejak kelas X semester 1 sampai dengan kelas 12 Semester 2 supaya setiap semester nilai yang diperoleh selalu naik tidak boleh turun, jika sudah seperti itu mudah-mudahan lulus SNMPTN bukan lah yang mustahil.


Sayangnya ada banyak siswa yang baru menyadarinya setelah menjelang pendaftaran SNMPTN dibuka itu artinya tips ini tidak akan berguna lagi, anggap saja semua itu sudah berlalu kini hal yang harus kita hadapi adalah mempersiapkan diri untuk proses pendaftaran SNMPTN, tahap awal adalah melakukan registrasi akun melalui situs Portal.LTMPT.ac.id.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar kita bisa lulus SNMPTN, hal yang paling mendasar adalah siapa saja kandidat yang akan ikut SNMPTN di sekolah kita, tentu kita sudah mengetahui siapa nilai raport yang lebih besar dari punya kita dan mana siswa/i yang memiliki nilai rapot dibawah kita.

Fokus pada mereka yang lebih tinggi nilainnya, cari tau PTN dan Program Studi mana yang mereka pilih, jika sudah ada yang memilih PTN tertentu usahakan kita tidak memilih lagi, kecuali berbeda program studi masih direkomendasikan.

Selanjutnya barulah kita menentukan kira-kira PTN dan Program Studi yang belum di pilih teman-teman khususnya mereka yang memiliki nilai rapot lebih tinggi dibandingkan kita, modal utama yang harus kita persiapkan adalah jangan sampai kita bersaing di satu pilihan yang sama dengan teman satu sekolah.

Otomatis kalian yang nilai rapot lebih rendah akan tersisih meski belum pengumuman hasil sudah bisa diprediksi, kami akan membahas beberapa hal yang sangat mendasar agar tidak salah mengambil langkah. Sebelumnya kami juga sudah membahas mengenai 12 Tips Lulus SNMPTN, silahkan dibaca untuk menambah pengetahuan. Berikut pembahasan mengenai Tips Lulus SNMPTN.


Ikut-Ikutan Teman Dalam Memilih Kampus & Program Studi

Kesalahan mendasar yang sering dilakukan oleh para siswa membuat mereka gagal SNMPTN adalah hanya ikut teman saja, tanpa mereka sadari bersaing dalam satu sekolah yang sama padahal persaingan diluar sekolah sudah ketat ditambah dengan persaingan dalam sekolah, mereka yang memiliki nilai rapot lebih rendah dengan pilihan yang sama auto gagal.


Berbeda Itu Lebih Baik

Setiap sekolah pasti akan menunjuk staf atau guru yang akan bertugas melakukan entri data SNMPTN sampai dengan mendaftarkan siswa, nah sebelum mendaftar ada baiknya kalian harus bertanya kampus dan Prodi apa saja yang belum banyak dipilih oleh teman-teman satu sekolah, pilih kampus dan program studi yang berbeda dari kebanyakan teman satu sekolah anda.


Jangan Memaskan Diri

Satu hal lagi, biasanya antara kehendak orang tua, siswa yang bersangkutan, dan peluang yang ada sangat berbeda, tidak jarang kita memaksakan diri untuk memilih jurusan tententu karena kemauan orang tua, hindari hal tersebut, sebaiknya diskusi dengan orang tua agar memilih jurusan yang pas dan peluang untuk lulusnya besar.


Telusuri Rekam Jejak Alumni Sekolah Yang Lulus SNMPTN

Rekam jejak sekolah yang dimaksud adalah perjalanan alumni kakak kelas kalian yang sudah lebih dahulu lulus SNMPTN, kemudian pelajari fakultas apa yang paling banyak lulus, ada sekolah dengan mayoritas lulus SNMPTN dengan fakultas kodokteran, keguruan, atau bahkan pertanian. Apabila sudah tau usahakan untuk memilih fakultas tersebut, besar kemungkinan akan lebih mudah lulus.


Pilih Program Studi Yang Paling Disukai dan Dikuasai.

Ada banyak siswa/i yang memiliki rata-rata nilai rapot lebih rendah namun ada salah satu mata pelajaran tertentu yang memiliki prestasi membanggakan baik tingkat, kabupaten ataupun internasional, kalian bisa memilih menjadi program studi untuk kuliah akan mendapatkan poin plus dibandingkan dengan teman lainnya.


Kuliah adalah perjalanan merintis masa depan jangan biarkan masa depan mu, bergantung dengan orang lain, apa yang akan kita pilih hari ini akan menjadi penentu kesuksesan kita di masa yang akan datang. Itulah beberapa hal mendasar yang tidak boleh kalian abaikan jika ingin lulus SNMPTN dengan mudah.

Semoga informasi yang sudah kami berikan bisa bermanfaat, sejak awal kalian harus benar-benar mempelajari dan mancari peluang ditengah-tengah persaingan yang ketat untuk bisa lulus SNMPTN, selain nilai kita perlu trik untuk bisa lulus SNMPTN, semoga berhasil.

0 Response to "Tips Lulus SNMPTN 2020"

Posting Komentar