Cara Pendaftaran Online UNISMUH 2018/2019

Pmb.unismuh.ac.id - Tata Cara Pendaftaran Online (UNISMUH) Universitas Muhammadiyah Makassar 2018/2019. Universitas Muhammadiyah Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi swasta favorit, khususnya di Sulawesi Selatan. Perguruan tinggi Muhammadiyah memang tersebar di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Makassar dibuka setiap tahun untuk mahasiswa baru dan mahasiswa lama.

Universitas Muhammadiyah Makassar dikenal dengan sebutan Unismuh. Perguruan tinggi di Kota Makassar ini didirikan tahun 1963, tepatnya tanggal 19 Juni sebagai salah satu cabang perguruan tinggi Muhammadiyah dari UMJ atau Universitas Muhammadiyah Jakarta. Ada banyak program studi yang disediakan di Unismuh. Pendaftaran dapat dilakukan melalui online atau pun dengan datang langsung ke kantor penerimaan mahasiswa baru.



Pendaftaran Mahasiswa Baru di Unismuh

Calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Lulus dari sekolah lanjutan tingkat atas, SMA, MA, SMK, MAK dan atau sederajat.
  2. Melakukan pendaftaran di kampus Unismuh atau secara online di website Unismuh.
  3. Membayar biaya pendaftaran.
  4. Menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran.
  5. Mengikuti tes untuk seleksi masuk kecuali yang mendaftar di jalur undangan.
  6. Melakukan daftar ulang bagi yang lulus tes.

Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Makassar sendiri terbagi dalam beberapa jalur. Jalur undangan adalah pendaftaran khusus untuk siswa atau siswi yang berprestasi di sekolah. Biasanya pelajar berprestasi tersebut akan memperoleh undangan dari Unismuh. Seleksi masuk bagi pendaftar jalur undangan tidak melalui tes, tetapi didasarkan pada nilai rapot atau prestasi yang dimiliki.

Selain jalur undangan, Unismuh juga menyediakan pendaftaran melalui jalur umum. Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Makassar jalur umum dilakukan untuk semua lulusan SLTA. Pendaftar untuk jalur ini harus mengikuti seleksi masuk yang berupa tes tertulis dan ada beberapa yang menggunakan tes bakat.  Untuk calon mahasiswa yang tertarik mendaftar pada jalur umum, berikut adalah mekanisme atau langkah-langkahnya.
  1. Pendaftar datang langsung ke kantor penerimaan mahasiswa baru di kampus Unismuh.
  2. Mengisi formulir pendaftaran dengan data yang benar.
  3. Membayar biaya pendaftaran.
  4. Jadwal pendaftaran dilakukan setiap jam kerja.

Untuk yang tidak bisa datang langsung, bisa melakukan pendaftaran secara online dengan tata cara sebagai berikut.
  1. Buka website pmb.unismuh.ac.id 
  2. Pilih menu registrasi PMB.
  3. Isi data diri untuk membuat akun.
  4. Verifikasi akun untuk masuk.
  5. Login dengan akun yang sudah dibuat.
  6. Isi formulir pendaftaran online.
  7. Membayar biaya pendaftaran.
  8. Mengikuti tes masuk sesuai jadwal dan tempat yang sudah ditentukan.

Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Makassar dan tes masuk dilakukan di kampus yang beralamat di Jalan Sultan Alauddin 259, Makassar. Jadwal pendaftaran disesuaikan dengan gelombang pendaftaran. Biasanya perguruan tinggi Muhammadiyah membuka pendaftaran gelombang pertama, kedua, hingga ketiga. Biaya pendaftaran tergantung dari program studi atau fakultas yang dipilih, berikut ketentuan biaya pendaftarannya.
  • Biaya pendaftaran untuk fakultas non kedokteran sebesar Rp 250.000,-.
  • Biaya pendaftaran fakultas kedokteran sebesar Rp 300.000,-.
  • Biaya pendaftaran bisa ditransfer melalui bank yang menjadi mitra Unismuh.
  • Biaya pendaftaran harus dibayar sebelum pelaksanaan tes masuk.

Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Makassar jalur umum biasanya dilakukan sekitar April hingga bulan Agustus. Pendaftaran untuk mahasiswa baru, baik S1 atau D3 harus dilengkapi dengan beberapa dokumen. Pendaftar diwajibkan menyerahkan dokumen sebagai berikut.
  1. Fotokopi ijazah atau SKHU yang dilegalisir.
  2. Fotokopi kartu tanda penduduk atau KTP.
  3. Fotokopi kartu keluarga.
  4. Pas foto  3 x4 sebanyak 2 lembar menggunakan foto yang terbaru dan resmi.
  5. Khusus pendaftaran jalur undangan harus melampirkan dokumen tambahan yakni surat rekomendasi dari sekolah dan fotokopi raport semester 4,5, dan 6.
  6. Untuk pendaftar yang berprestasi bisa melampirkan bukti prestasi.

Ada banyak pilihan program studi di Unismuh. Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Makassar membolehkan pendaftar memilih fakultas atau program studi dengan beberapa pilihan fakultas sebagai berikut.
  1. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan atau FIKIP.
  2. Fakultas kedokteran.
  3. Fakultas ekonomi dan bisnis.
  4. Fakultas Agama Islam.
  5. Fakultas teknik.
  6. Fakultas ilmu sosial dan politik.
  7. Fakultas pertanian.

Jumlah pendaftar di Universitas Muhammadiyah Makassar setiap tahun bisa mencapai belasan ribu. Padalah kuota pendaftaran Universitas Muhammadiyah Makassar yang akan diterima biasanya sekitar 5 ribu mahasiswa. Sejak tahun 2014, pendidikan tinggi Muhammadiyah ini menggunakan sistem one day service.

Sistem ini membuat pendaftaran bisa dilakukan dalam satu hari, mulai dari pengisian formulir hingga tes. One day service ini tentu diberikan untuk pelajar yang mendaftar secara langsung di kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Pendaftar dapat langsung ke kantor PMB dan mendaftar. Panitia akan memberikan tes langsung saat itu juga.

Tes biasa dilakukan secara komputerisasi. Peserta bisa langsung mengetahui hasil tes pada hari tersebut. Jadi tidak perlu menunggu pengumuman tes hingga berhari-hari seperti kebanyakan perguruan tinggi. Kuota mahasiswa yang masuk melalui jalur undangan setiap tahunnya sekitar 100 mahasiswa.

Sisanya harus melalui jalur umum dengan mengikuti tes. Tes dilakukan di kampus dengan sistem one day service. Pendaftar yang tidak lolos, bisa mengikuti tes lagi tanpa dipungut biaya pendaftaran. Unismuh memberikan kesempatan untuk pendaftar mengikuti tes sebanyak 3 kali. Pendaftar yang lolos bisa melakukan pendaftaran ulang mahasiswa baru.

Kuliah umum perdana dilaksanakan sekitar awal September. Itulah beberapa informasi penting terkait pendaftaran Universitas Muhammadiyah Makassar. Anda bisa memperoleh informasi yang lebih lengkap dan jelas melalui laman unismuh.ac.id atau bisa dengan datang langsung ke kampus Universitas Muhammadiyah Makassar.

2 Responses to "Cara Pendaftaran Online UNISMUH 2018/2019"

  1. Hallo bagaimana Cara Pendaftaran Online UNISMUH ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan langsung kunjungi situs pmb.unismuh.ac.id disana tersedia caranya

      Hapus