Cara Pendaftaran UNISA PALU 2024/2025


Pmb.unisapalu.ac.id - Cara Pendaftaran UNISA PALU 2024/2025 - Universitas Alkhairaat merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Palu, Sulawesi Tengah. Pendaftaran Universitas Alkhairaat, Palu dilaksanakan setiap tahun untuk mahasiswa baru yang ingin menempuh pendidikan tinggi. Disediakan 7 fakultas yakni perikanan, ekonomi, sastra, pertanian, kedokteran, keguruan dan ilmu pendidikan, serta fakultas agama Islam.

Institusi pendidikan tinggi ini didirikan tahun 1964 sebagai Perguruan Tinggi Islam Akhairaat. Universitas Aklhairaat atau unisa Palu ini sudah berhasil mencetak ribuan wisudawan dari semua program studi yang diselenggarakan. Lulusan S1 dari unisa ini bisa mendaftar sebagai tenaga profesional atau pun berwirausaha.



Hal tersebut menjadi bentuk komitmen Lembaga Pendidikan Alkhairat dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten. Di tahun dijalin kerjasama dengan UPRI atau universitas perjuangan Republik Indonesia untuk mendirikan fakultas teknik pertambangan.


Persyaratan Mahasiswa Baru

Bagi lulusan SMA dan sederajat dapat melanjutkan pendidikan di Unisa Palu dengan beberapa persyaratan sebagai berikut.
  1. Lulusan SMA atau sederajat.
  2. Melakukan pendaftaran di Universitas Alkhairaat Palu.
  3. Mengikuti tes atau seleksi.
  4. Lulus seleksi dan membayar biaya pendidikan.

Ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan untuk pendaftaran Universitas Alkhairaat, Palu sebagai persyaratannya.
  1. Fotokopi ijazah.
  2. Fotokopi transkip nilai sebanyak 3 lembar.
  3. Fotokopi KTP 2 lembar.
  4. Fotokopi kartu keluarga 2 lembar.
  5. Pas foto 2 x 3 sebanyak 3 lembar.
  6. Pas foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
  7. Pas foto 4 x 6 sebanyak 3 lembar.

Mekanisme pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Alkhairaat Palu dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut.
  1. Calon mahasiswa baru datang ke kantor PMB Unisa Palu.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.
  3. Menyerahkan semua dokumen pendaftaran Universitas Alkhairaat, Palu yang sudah ditentukan.
  4. Membayar biaya pendaftaran mahasiswa baru.

Semua informasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Alkhairaat bisa diperoleh melalui website resmi di pmb.unisapalu.ac.id. Apabila ingin informasi yang lebih lengkap dan jelas bisa langsung datang ke kantor penerimaan mahasiswa baru di Unisa Palu. Mengenai biaya pendaftaran mahasiswa baru dapat dibayarkan melalui rekening BNI syariah silahkan cek melalui situs resmi Universitas Alkhairaat Palu.

Pendaftaran Universitas Alkhairaat, Palu setiap tahun biasanya diselenggarakan sekitar bulan Mei hingga Agustus. Calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi swasta ini bisa datang ke kantor PMB  Unisa. Alamat perguruan tinggi ini berada di Jalan Diponegoro 39 Palu, Sulawesi Tengah. Panitia penerimaan mahasiswa baru akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan terkait pendaftaran maba. Calon mahasiswa baru bisa mendaftar ke salah satu fakultas yang disediakan dengan beberapa program studi, di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Fakultas sastra dengan program studi S1 bahasa dan sastra Indonedia.
  2. Fakultas Agama Islam dengan program S1 studi syariah, tarbiayah, ekonomi syariah, dan program S1 Bahasa Arab.
  3. Fakultas ekonomi yang terdiri dari S1 akuntansi dan S1 manajemen.
  4. Fakultas perikanan untuk S1 agrobisnis.
  5. Fakultas kedokteran untuk program S1 pendidikan dokter.
  6. Fakultas pertanian yang terdiri dari program S1 agroteknologi dan S1 hasil pertanian.
  7. Fakultas IKIP untuk S1 pendidikan Bahasa Indonesia.

Pendaftaran Universitas Alkhairaat, Palu membuka kesempatan bagi semua lulusan sekolah tingkat atas untuk menempuh pendidikan strata 1. Informasi lengkap bisa dilihat di situs resmi kampus yaitu unisapalu.ac.id. Apabila membutuhkan informasi terkait pendaftaran mahasiswa baru bisa dilihat di pmb.unisapalu.ac.id. Pendaftaran biasanya dilaksanakan dalam beberapa gelombang dengan ketentuan sebagai berikut.


1. Pendaftaran gelombang pertama

Untuk pendaftaran gelombang pertama biasanya dibuka sekitar awal bulan April. Pendaftaran Universitas Alkhairaat, Palu gelombang pertama ditutup sekitar akhir bulan Juni. Calon mahasiswa baru bisa langsung datang ke alamat kantor PMB unisa. Pendaftar diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan. Isi semua identitas yang diminta dalam formulir tersebut dengan data yang benar.

Setelah itu serahkan dokumen pendaftaran yang diminta secara lengkap. Biaya pendaftaran mahasiswa baru bisa dibayar melalui rekening BNI syariah. Untuk biaya pendaftaran dikirim ke nomor Pendaftar yang sudah membayar biaya pendaftaran dan melengkapi semua dokumen pendaftaran akan memperoleh jadwal tes. Peserta wajib mengikuti tes sesuai dengan tempat dan waktu yang telah ditentukan.


Untuk gelombang pertama biasanya diselenggarakan di awal Juli. Pengumuman hasil tes bisa diperoleh menyusul beberapa hari setelah tes selesai dilaksanakan. Bagi yang sudah dinyatakan lulus diharapkan melakukan pendaftaran ulang. Waktu daftar ulang biasanya 1 minggu setelah hasil tes keluar.


2. Pendaftaran gelombang kedua

Pendaftaran Universitas Alkhairaat, Palu setelah gelombang pertama selesai, disusul dengan pendaftaran gelombang kedua. Waktu pendaftaran sekitar bulan Juli dan tutup akhir Agustus. Mekanisme pendaftaran tidak berbeda dengan pendaftaran gelombang pertama. Hanya saja untuk pendaftaran gelombang kedua ini jadwal tes atau seleksi masuk biasanya dilaksanakan sekitar bulan September.

Biaya pendaftaran wajib dibayarkan melalui transfer bank di rekening syariah. Khusus pendaftar yang memiliki prestasi di sekolah dibebaskan dari biaya pendaftaran. Pendaftar yang termasuk berprestasi adalah yang memiliki rangking 1 hingga 5 di sekolah asal. Pendaftar wajib memberikan surat pernyataan dari sekolah yang membuktikan pelajar tersebut berprestasi atau memiliki rangking sesuai yang ditentukan.

Setelah pengumuman hasil tes keluar, peserta yang lolos perlu melakukan daftar ulang sekitar satu minggu setelah pengumuman. Demikian beberapa informasi mengenai pendaftaran Universitas Alkhairaat, Palu. Semua pendaftar yang lolos, baik dari gelombang pertama atau pendaftar di gelombang kedua akan memulai perkuliahan sekitar bulan September.