Cara Pendaftaran Kedokteran UKWMS 2024/2025


Ukwms.ac.id - Cara Pendaftaran Kedokteran UKWMS 2024/2025 - Universitas Katolik Wisya Mandala Surabaya adalah salah satu univeritas swasta di Surabaya. Beralamat di Jalan Kalisari Permai Nomor 1 Kalisari, Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Namun kampus tidak hanya di satu tempat, ada 4 lokasi kampus yaitu Kampus Dinoyo, Akmpus Pakuwon City, Kampus Widya Mandala dan Kampus Kalijudan.

Univeristas Katolik Widya Mandala Surabaya terdapat beberapa golongan akademik yaitu Diploma, Sarjana, Pascasarjana dan Profesi. Diploma hanya D3 Akuntansi. Program sarjana ada beberapa macam yaitu Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Farmasi, Manajemen, Akuntansi, Kewirausahaan, Ilmu Komunikasi, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknologi Pangan, Psikologi, Keperawatan, Filsafat dan Pendidikan Dokter.



Program magister yaitu Magister Manajemen, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Doktor Ilmu Manajemen. Sedangkan untuk program Profesi yaitu Profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter dan Profesi Insinyur. Bila Anda berminat untuk menggali ilmu di Universitas Katolik Widya Mandala, waktu pendaftaran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sudah mulai dibuka untuk beberapa jalur.

Untuk menunjang kegiatan serta minat bakat mahasiswa, kampus mendirikan beberapa unit kegiatan mahasiswa yang nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya. UKM-UKM yang ada di Universitas Widya Amndala Surabaya ini yaitu:
  1. Bidang penalaran, keilmuan dan kepemimpinan.
  2. Bidang olahraga (Basket, Voli, Futsal, tenis meja, bulutangkis, fitness, karate, ju jitsu, taekwondo, kempo, kyokushinkai, catur, sepak bola dan bridge.
  3. Bidang kesenian dan keputrian (Band, modern dance, paduan suara, karawitan, vocal group, drama, angklung, tari tradisional, kolintang dan kegiatan keputrian).
  4. Bidang pengembangan kepribadian serta pengabdian masyarakat.
  5. Bidang kerohanian.
  6. Bidang lain-lain ( Pecinta alam/jurnalistik, press, paskibra, fotografi)

Pendaftaran Univeristas Katolik Widya Mandala Surabaya harus melengkapi beberapa persyaratan dan ketentuan. Berikut ini syarat serta ketentuan bagi para pendaftar.
  • WNI ataupun WNA yang memiliki ijin untuk belajar dari pemerintah yang bersangkutan.
  • Siswa yang telah llus SMA/SMK maupun siswa kelas 12 SMA/SMK.
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak menggunakan narkoba dan psikotoprika.
  • Pendaftaran tidak dapat diwakilkan atau dipindah tangan.
  • Persyaratan dasar yaitu: Membayar biaya administrasi tanpa terkecuali
  • Memenuhi persyaratan akademik
  • Memenuhi persyaratan sesuai dengan jurusan yang diinginkan.
  • Untuk pendaftar Fakultas Keperawatan memiliki kriteria wanita tinggi minimal 150cm dan pria minimal 155cm, lulus tes kesehatan.

Cara pendaftaran Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
  1. Melalui sekolah masing-masing yang bekerjasama dengan kampus.
  2. Datang langsung pada kantor admisi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya bagi sekolah yang tidak bekerjasama dengan pihak kampus.
  3. Via online di website resmi penerimaan mahasiswa baru Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya Anda lengkapi data-data yang diperlukan untuk melengkapi persyaratan pendaftaran Univeristas Katolik Widya Mandala Surabaya. Adapun persyaratan berkas yaitu:
  • Fotokopi legalisir rapor semester genap dari kelas 10-11 atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional serta Ijazah bagi yang telah lulus.
  • Bagi yang pernah menerima penghargaan prestasi bisa disertakan serta surat keterangan aktif organisasi dari pihak sekolah.
  • Bagi pendaftar Fakultas Kedokteran wajib untuk menyerahkan fotokopi legalisir rapor semester genap dan ganjil dari kelas 10-11.
  • Menyertakan foto berwarna dengan latar bebas ukuran 3x4 sebayak dua lembar dan pada bagian belakang ditulis nama Anda sebagai calon mahasiswa.
  • Bagi pendaftar secara online, berkas dapat diunggah dalam bentuk file maupun scan.
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp.300.000,- dibayarkan ke rekening Yayasan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dan bukan atas nama pribadi.


Bagi prodi Farmasi memiliki ketentuan nilai untuk siswa jurusan IPA nilai minimal rata-rata 75, sedangkan untuk SMK jurusan Farmasi nilai rata-rata minimal 80. Bagi Anda yang kurang memenuhi kriteria  dapat melakukan ujian seleksi materi matematika, bahasa inggris dan kimia pada Jumat pertama dalam bulan pelaksanaan dan waktu pelaksanaan pukul 15.00-16.00 WIB kecuali pada hari Minggu dilaksanakan pukul 08.00-09.00 WIB lokasi di kampus Dinoyo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Bagi Anda yang membutuhkan beasiswa untuk menunjang proses akademik Anda, Universitas Katolik Widya Mandala juga menyediakan fasilitas beasiswa untuk berbagai kriteria dan juga syarat berlaku. Adapun jenis-jenis beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yaitu beasiswa bidikmisi, beasiswa prestasi ujian akhir nasional, beasiswa prestasi prodi, beasiswa keuskupan, beasiswa karyasiswa, beasiswa aktifis organisasi mahasiswa,

beasiswa yayasan, beasiswa wisudawan, beasiswa PPA (peningkatan prestasi akademik), beasiswa alumni, beasiswa penghargaan prestasi akademik, beasiswa anak karyawan UKWMS dan jenis-enis beasiswa lainnya. Selain beasiswa, mahasiswa juga ditunjang dengan bimbingan karir untuk membantu mengenalkan dunia kerja bagi mahasiswa agar mereka telah mahir pada saat terjun ke dunia kerja. Fasilitas lain yang ada di Kampus Widya Mandala adalah perpustakaan yang lengkap dan mudah diakses oleh kalangan mahasiswa.

Perpustakaan ini bisa berbasis online dan juga offline dan semuanya meliputi informasi untuk kebutuhan ilmu mahasiswa. Demikian informasi mengenai pendaftaran Univeristas Katolik Widya Mandala Surabaya. Informasi lebih lanjut dapat Anda dapatkan di website resmi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.