Cara Pendaftaran Kedokteran Universitas Hang Tuah 2024/2025


Pmb.hangtuah.ac.id - Cara Pendaftaran Kedokteran Universitas Hang Tuah 2024/2025 - Univeritas Hang Tuah Surabaya merupakan alah satu univeritas swasta terbaik di Surabaya. Berlamat di Jalan Arief Rachman Hakim nomor 150 Sukolilo Surabaya, berdiri 6 Fakultas yaitu Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Psikologi.

Untuk menunjang kegiatan mahasiswa, di Universutas Hang Tuah Surabaya terdapat beberapa unit kegiatan mahasiswa yang dapat diikuti. UKM tersebut yaitu UKM KI, UKM K3, UKM Samanza, UKM Penalaran, UKM Jalawira, UKM Teater,UKM Paduan Suara, UKM Tari, UKM Dayung, UKM Musik, UKM Menwa, UKM Selam, UKM Taekwondo, UKM Silat, UKM Futsal, UKM Bola Basket, UKM Bola Voli dan UKM Bulutangkis.



Nah, bagi Anda yang berminat untuk menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Hang Tuah Surabaya, Pendaftaran Universitas Hang Tuah Surabaya tahun ini telah dibuka. Pendaftaran Universitas Hang Tuah Surabaya melalui 6 jalur yaitu jalur PMDK, jalur beasiswa, jalur bidikmisi (DIKTI), jalur prestasi, jalur alih jenjang atau pidahan dan jalur reguler. 

Prosedur pendaftaran mahasiswa baru yaitu:
  1. Pendaftaran dimulai dengan melakukan mengisi form lamaran di website resmi penerimaan mahasiswa baru Universitas Hang Tauh Surabaya https://pmb.hangtuah.ac.id/
  2. Proses registrasi dengan mengisi data diri.
  3. Membayar biaya pendaftaran di bank yang bekerjasama dengan Universitas hang Tuah Surabaya yaitu BTN, Atm BTN, ATM Bersama dengan kode Bank BTN 200. Pembayaran dapat melalui teller maupun ATM dengan Virtual Account yang telah didapatkan saat registrasi.
  4. Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS untuk konfirmasi pembayaran. SMS konfirmasi dikirimkan ke nomor yang tercantum pada saat pendaftaran.
  5. Bila telah melakukan konfirmasi, maka Anda akan mendapat username dan password yang nantinya digunakan untuk login registrasi lanjut.
  6. Selanjutnya, Anda diminta untuk mencetak kartu ujian serta Surat Pernyataan Sumbangan.
  7. Sebaiknya Anda datang ke kampus 2 hari sebelum ujian berlangsung untuk melakukan verifikasi data, pengambilan sampe sidik jari serta pengesahan kartu ujian Anda.


Persyaratan berkas untuk pendaftar jalur PMDK sebagai berikut:

  • Fotokopi legalisir rapor kelas 10-12 semester ganjil, memiliki nilai rata-rata minimal 80.
  • Fotokopi bukti prestasi.
  • Surat rekomendasi dari sekolah sebagai pemegang juara 1, 2 dan 3.
  • Melampirkan pas foto dengan format file JPG, JPEG berukuran 100kb-500kb.
  • Bagi putra maupun putri kandung TNI AL/PNS AL diharuskan melampirkan fotokopi KK dinas serta KTA yang di legalisir.
  • Bagi putra maupun putri kandung Purnawirawan TNI AL/PNS AL batas usia maksimal 23 tahun pada Agustus serta wajib melampirkan fotokopi Kep. KASAL tentang Pemberian Hak Pensiun dan KK.
  • Bagi putra maupun putri kandung Anggota Universitas Hang Tuah harus menyerahkan fotokopi SK Pengangkatan serta KAT UHT.
  • Bagi puyra maupun putri kandung pensiunan Anggota UHT maksimal berusia 23 tahun, harus menyerahkan fotokopi Kep. Ketua Pengurus Yayasan Nala tentang Pemberhentian dengan Hormat.

Adapun untuk jalur reguler, berkas yang wajib untuk syarat pengajuan pendaftaran yaitu:
  1. Forokopi legalisir rapor semester 5 (kelas 12) untuk lulusan taun ini serta fotokopi ijazah yang dilegalisir untuk yang sudah lulus.
  2. Melampirkan pas foto dengan format JPG, JPEG berukuran 100kb-500kb).
  3. Bila anak kandung TNI AL/PNS AL diwajibkan memberikan fotokopi KK dinas yang terbaru serta KTA legalisir untuk kesatuan terakhir.
  4. Bila anak kandung Purnawirawan TNI AL/ONS AL berusia maksimal 23 tahun serta wjaib menyerahkan salinan Kep. KASAL tentang Pemberian Hak Pensiun dan KK.
  5. Bila anak kandung Anggota Universitas Hang Tuah diwajibkan menyerahkan salinan SK Pengangkatan dan KAT UHT.
  6. Bila anak kandung pensiuanan Anggota UHT berusia maksimal 23 tahun serta wajib untuk menyerahkan fotokopi Kep. Ketua Pengurus Yayasan Nala tentang Pemberhentian dengan Hormat.

Biaya pendaftaran Univeristas Hang Tuah Surabaya yaitu untuk satu program studi sebesar Rp. 350.000,-. Untuk 2 prodgram studi pembayaran sebesar Rp.400.000,- dan untk 3 program studi sebesar Rp.450.000,-. Pembayaran dapat dilakukan viat ATM, Bank BTN maupun ATM Bersama. Bila Anda menggunakan ATM BTN gunakan virtual account untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran yang telah di dapatkan pada saat pengisian form pendaftaran.


Tes akademik yang diujiakn pada saat tes ujian tertulis tiap jurusan berbeda-beda.
  • Program diploma pelayaran : Bahan ujian berupa tes akademik (Bahasa Inggris, Matematika) dan Pikotest.
  • Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan : Bahan ujian berupa materi akademik (bahasa inggris, matematika,fisika, kimia).
  • Fakutas kedokteran : Di fakutas Kedokteran terdapat 4 ujian yaitu ujian akademik (bahasan inggris, matematika, fisika, kimia), psikotest, tes kesehatan umum dan kesehatan kejiwaan.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum dan Psikologi : Tes ujian yang dilakukan yaitu ujian akademik (matematika dasar, bahasa ingris dan IPS terpadu) serta ter buta warna dan psikotest.

Demikian beberapa indormasi mengenai pendafataran Universitas Hang Tuah Surabaya yang dapat dismapaikan untyuk Anda. bila ingin informasi lebih lanjut dapat langsung membuka website resmi Universitas Hang Tuah Yogyakarta ataupun langsung pada kantor pusat penerimaan mahasiswa baru.