Cara Pendaftaran Online UNIDA 2024/2025


UNIDA.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNIDA 2024/2025 - Profil dan Mekanisme Pendaftaran Universitas Djuanda Bogor (UNIDA Bogor) Universitas Djuanda (UNIDA ) adalah kampus swasta yang terletak di Provinsi Jawa Barat dan terkenal dengan julukan perguruan tinggi bertauhid. Universitas yang terletak di Jalan Tol Ciawi, Kabupaten Bogor ini berdiri pada 21 Maret 1987. Visi dari kampus UNIDA Bogor adalah menjadi universitas riset yang menyatu dengan tauhid dan diakui dunia. 

Sejak awal berdiri hingga sekarang, Universitas Djuanda sudah memiliki 8 fakultas, antara lain Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Pangan Halal, Fakultas Ekonomi Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Sekolah Pascasarjana. Oleh karena itu bagi teman-teman yang baru saja lulus sekolah menengah atas atau sederajat, kampus ini dapat Anda jadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan Anda.




Syarat Pendaftaran Universitas Djuanda

Bagi Anda yang ingin mendaftar di Universitas Djuanda, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan. Agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal, Anda perlu menyiapkan berkas-berkas berupa :

  1. fotokopi ijasah atau surat tanda kelulusan SMA/MA sederajat sebanyak 3 lembar yang telah dilegalisir, 
  2. fotokopi nilai UN dan UAS sebanyak 3 lembar yang telah dilegalisir, 
  3. pas foto ukuran 3x4 berwarna sebanyak 5 lembar, 
  4. surat keterangan catatan kelakuan dari kepolisian,
  5. surat pernyataan sehat dari dokter. 
  6. Bagi Anda yang ingin transfer dari D3 maupun untuk melanjutkan pendidikan S2, Anda juga harus menyiapkan ijazah D3 dan S1 Anda sebelumnya. 

Jangan lupa untuk membawa materai 6000, untuk disematkan dalam form pendaftaran nantinya. Kabar baiknya, kampus ini membuka 3 kali pendaftaran atau 3 gelombang pendaftaran. Bagi yang mungkin baru mengetahui informasi mengenai kampus ini serta ketinggalan pendaftaran pada gelombang pertama, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan kesempatan pada gelombang-gelombang selanjutnya.


Pendaftaran gelombang 1 biasanya dibuka pada awal bulan Januari sampai  bulan Juni. Untuk pendaftaran gelombang 2 biasanya dibuka pada periode bulan Juni sampai dengan bulan Agustus. Dan untuk gelombang terakhir dibuka pada pertengahan bulan Agustus sampai awal bulan September. Semakin cepat mendaftar semakin murah biaya yang Anda keluarkan. 

Untuk pendaftar pada gelombang 1 akan mendapatkan potongan SPS/uang gedung sebesar 50%. Terlebih jika Anda masuk dalam peringkat 10 besar pendaftaran pada gelombang 1, Anda akan mendapatkan beasiswa senilai Rp 4.000.000,- dalam bentuk voucer. Namun jika mendaftar pada gelombang 2, Anda hanya akan mendapatkan potongan uang SPS/uang gedung sebesar 25%. Sedangkan untuk pendaftaran pada gelombang 3 tidak akan mendapatkan potongan apapun.


Pendaftaran Onilne dan Offline Universitas Djuanda

Mekanisme pendaftaran Universitas Djuanda dilakukan melalui 2 sistem, yaitu secara langsung maupun online. Bagi calon mahasiswa yang bertempat tinggal sekitar kampus ini, 

  1. Anda dapat mendaftar secara langsung dengan datang ke kampus dan melakukan pendaftaran di Sekretariat PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) Universitas Djuanda Gedung A lantai 1. Selanjutnya, 
  2. Anda harus mengisi formulir atau form pendaftaran yang telah disediakan  oleh panitia. 
  3. Setelah mendapatkan nomor registrasi, Anda harus mengikuti ujian seleksi di waktu yang sama pada saat pendaftaran. Jika Anda dinyatakan lolos maka Anda harus melakukan daftar ulang dengan melengkapi persyaratan yang ada dan membayar sesuai dengan program studi yang dipilih. 
  4. Namun, jika rumah Anda relatif jauh dari lokasi kampus, Anda dapat melakukan pendaftaran dan ujian seleksi mahasiswa baru secara online. 
  5. Anda dapat mengakses pendaftaran melalui web resmi www.unida.ac.id dan klik bagian PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Ikuti alur pendaftaran dengan mengisikan biodata pada formulir online yang tersedia. 
  6. Kemudian Anda akan mendapat nomor pendaftaran, yang selanjutnya digunkanan untuk membayar biaya pendaftaran di bank. 
  7. Setelah itu Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi (biasanya lewat email) yang berisikan password dan username yang nantinya digunakan untuk ujian seleksi online. 
  8. Tahap terakhir, jika dinyatakan lulus seleksi, Anda harus melakukan registrasi online.


Pendaftaran Universitas Djuanda akan dikenai biaya Rp 250.000,- baik pendaftaran langsung maupun pendaftaran online. Mekanisme pembayaran pendaftaran langsung, dapat dilakukan bersamaan dengan pengisian formulir, sedangkan pembayaran pendaftaran online dilakukan dengan datang ke bank dan membayarkannya ke teller. Anda harus pergi ke salah satu bank yang telah ditentukan oleh pihak kampus, oleh karena itu baca petunjuk secara teliti agar tidak terjadi kesalahan.

Universitas swasta memang terkenal lebih mahal dibandingkan dengan universitas negeri. Namun jangan khawatir, Universitas Djuanda menawarkan banyak beasiswa seperti beasiswa Pendidikan Kader Dakwah, beasiswa Prestasi, Bidikmisi, beasiswa Pemerintahan Provinsi Jawa Barat dan Kemenristek, beasiswa Kemenag RI, beasiswa Kabupaten Bogor, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya beasiswa yang disuguhkan UNIDA, uang buakanlah penghalang bagi seseorang yang ingin belajar. Selain itu, dikotomi perguruan tinggi dan swasta akan menjadi sama saja.

Menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Bagi Anda calon mahasiswa yang jauh dari rumah, persiapan mental harus ekstra dimiliki. Suasana akan berubah, Anda harus mulai hidup mandiri dan mengerjakan semuanya sendiri. Terlebih Anda akan jauh dari orang tua, jadi tidak akan ada seseorang yang selalu mengingatkan dan menyiapkan segala kebutuhan Anda. 

Oleh karena itu, Anda harus teliti dalam menyiapkan kebutuhan Anda sendiri. Bagi semua calon mahasiswa, kehidupan kampus tidak semudah bangku SMA/MA. Anda harus mulai siap dengan tugas yang timbul tenggelam setiap harinya. Pola belajar di perguruan tinggi tidaklah selalu didekte oleh dosen, terkadang Anda harus mencari bahan ajar sendiri.