3 Jalur Pendaftaran Online ISI 2021/2022

ISI.ac.id - 3 Jalur Pendaftaran Online ISI Yogyakarta 2021/2022 - Cara Melakukan Pendaftaran Institut Seni Idonesia Yogyakarta Pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait dengan cara pendaftaran ISI Yogyakarta, bagi siapa saja yang berminat mengikuti pendaftaran kampus ini kami kira informasi ini akan sangat berguna untuk anda oleh sebab itu simak informasi seperti berikut ini kita akan mulai dari yang pertama.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta adalah sebuah lembaga pendidikan swasta yang menyediakan berbagai pilihan jurusan seni dengan program, baik setingkat D3, S1, dan juga Pasca Sarjana. Adapun program studi yang ditawarkan adalah Pendidikan Musik, Seni Rupa Murni, Desain Interior, Penciptaan Musik, Seni Kriya, Desain Produk, Sendratasik, Desain Komunikasi Visual, Seni Tari, Seni Musik, dan Teater.




FAKULTAS SENI RUPA
  1. Jurusan Seni Murni  merupakan program Studi S1 Seni Rupa Murni yang mengacu pada profil sebagai Seniman, (Pematung, Perupa Intermedia, Pelukis, Pegrafis), Kurator, Peneliti, dan Kritikus di bidang Seni Rupa Murni.
  2. Jurusan Seni Kriya merupakan program studi S1 Kriya Seni yang mengacu pada profil sebagai Desainer Kriya, Peneliti Kriya, Kriyawan, Konsultan Kriya, dan Instruktur Kriya. Untuk Program Studi D3 Batik dan Fashion yang mengacu pada profil sebagai Perancang busana dan batik.
  3. Jurusan Desain yang merupakan program studi S1 Desain Interior, Program Study  S1 Desain Komunikasi Visual, Program Studi S1 Desain Produk.
  4. Jurusan Tata Kelola Seni yang merupakan program studi S1 dengan profil sebagai Kurator Seni (Seni Rupa, Seni Pertunjukan, dan Seni Media Rekam) dan sebagai Manajer Seni.


FAKULTAS SENI MEDIA REKAM
  1. Jurusan Fotografi yang merupakan Program Studi S1 Televisi dengan profil sebagai Produser film dan TV, Sutradara Film dan TV, Penulis Skenario Film dan naskah TV, sinematografer, videographer, Penata Artistik Film dan TV, Penata Suara, Penyunting Gambar.
  2. Bagi Program Studi D3 Animasi profilnya adalah sebagai Animasi Game dan Film Animasi.

Serta seluruh jurusan di Fakultas Seni Pertunjukan yang bisa langsung dilihat di website resmi ISI. Untuk sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta terbuka bagi semua lulusan SMA/SMK atau yang sederajat  yang dilaksanakan secara mandiri di kampus ISI Yogyakarta melalui 2 jalur pilihan, yakni jalur umum seleksi penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta yang diselenggarakan secara mandiri berupa tes ujian seleksi di luar jalur SNMPTN atau SBMPTN. 

Yang kedua bisa juga melalui jalur khusus seperti mendaftar beasiswa BIDIKMISI, ini merupakan bantuan berupa dana pendidikan yang diberikan oleh pemerintah RI kepada para calon mahasiswa yang tergolong tidak mampu secara finansial namun memiliki potensi serta prestasi akademik. Selain itu ada juga jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan)  dimana program ini dikhususkan bagi para lulusan SMA/SMK yang baru lulus dengan beberapa ketentuan syarat seperti 25%.

Masuk dalam ranking tertinggi di kelas pada semester III, IV, V yang juga dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah. Selain itu harus memiliki sertifikat prestasi diberbagai bidang pada tingkat Kabupaten, Propinsi, dan Nasional dalam kurun 3 tahun terakhir,  khususnya dibidang seni sesuai dengan program studi pilihan.

Adapun ketentuan-ketentuan umum sebagai persyaratan Pendaftaran Institut Seni Indonesia Yogakarta adalah:
  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat pada tahun ini dan sebelumnya, harus memiliki Ijazah dan SKHUN serta Ijazah dan nilai hasil ujian bagi lulusan paket C.
  2. Selanjutnya harus memiliki  Surat Keterangan Lulus Pendidikan yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah.
  3. Dan yang terakhir, mengikuti placement tes serta wawancara berdasarkan program studi yang dipilih.

Selain itu ada juga ketentuan-ketentuan khusus sebagai persyaratan yang diwajibkan bagi calon mahasiswa baru berupatingkat kesahatan yang harus dimiliki oleh para calon mahasiswa baru berdasarkan minat studinya, agar kedepannya tidak akan menjadi hambatan selama proses perkuliahan.
  1. Bagi seluruh fakultas studi kecuali pada jurusan Seni Musik, Penciptaan Musik, Pedidikan Musik, Penyajian Musik, Etnomusikologi dan seni karawitan adalah memiliki keterangan tidak buta warna dari Dokter Spesialis.
  2. Bagi Fakultas Sei Pertunjukan tidak boleh memiliki penyakit paru-paru dan THT.
  3. Bagi seluruh program studi Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Media Rekam ialah tidak cacat fisik, gagap dan gagu, yang nantinya akan mengganggu proses studi.

Dalam pendaftaran Institut Seni Indonesia Yogyakarta untuk menjadi mahasiswa di ISI Yogyakarta, ada 2 prosedur pendaftaran yang bisa kita ikuti, yakni melalui jalur pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN serta melalui seleksi mandiri yang akan dilaksanakan pada jadwal yang sudah ditentukan dan akan diumumkan melalui website resmi ISI Yogyakarta. 

#Jalur SNMPTN

Salah satu kampus seni terbaik di Indonesia adalah ISI Yogyakarta dapat diikuti melalui jalur SNMPTN dimana yang berminat hanya tinggal memilih Kampus ini sebagai tujuan pilihan kampus, jika dinyatakan lulus pemeringkatan, adapun beberapa ketentuan pendaftaran yang harus diselesaikan sebagai berikut.

  1. Buka Portal.Ltmpt.ac.id untuk mendaftar akun LTMPT.
  2. Setelah itu lakukan pengisian form secara lengkap
  3. Validasi ke email terdaftar.
  4. Finalisasi akun LTMPT
  5. Apabila lulus Pemeringkatan yang dilakukan sekolah dapat melanjutkan login.
  6. Isi bidata, data pendidikan, data keuangan dan data prestasi.
  7. Upload foto
  8. Upload file persyaratan dan file bukti restasi.
  9. Ceklist borang
  10. Bagi yang memilih jurusan seni tentu wajib menggupload portopolio
  11. Kirim form
  12. Review Resume
  13. Finalisasi, data tidak bisa dirubah lagi
  14. Pengumuman Kelulusan akan diumumkan melalui link Pengumuman.SNMPTN.ac.id

 

#Jalur SBMPTN

Jika kalian belum berkesempatan mengikuti jalur prestasi ISI Yogyakarta dapat mengikuti jalur Bersama tertulis, setiap siswa/i lulusan tahun ini dan 3 tahun terakhir dan memiliki bukti kelulusan dapat mengikuti jalur SBMPTN, untuk tahapan pendaftaran SBMPTN seperti berikut ini.

  1. Daftar akun LTMPT UTBK melalui Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Klik menu Daftar Disini lakukan proses pengisian data secara lengkap diantaranya data terkait identitas diri.
  3. Apabila semua data sudah di proses secara lengkap lakukan validasi dan finalisasi.
  4. Akun sudah siap digunakan.
  5. Tunggu sampai pembukaan SBMPTN, apabila sudah buka bisa langsung login ke Portal.Ltmpt.ac.id atau ke SBMPTN.ac.id pilih menu UTBK.
  6. Isi biodata, data pendidikan, data keuangan dan data keluarga secara lengkap.
  7. Bagi yang sudah pernah ikut SNMPTN sebelumnya ada beberapa sudah terisi secara otomatis dari singkronisasi pendaftaran sebelumnya, silahkan isi form yang masih kosong.
  8. Untuk yang belum mendaftar jalur SNMPTN semuanya harus diisi secara lengkap.
  9. Kirim Form
  10. Bawa Kode bayar ke Bank BUMN terdekat.
  11. Login kembali untuk menyelesaikan proses pendaftaran 
  12. Pilih PTN ISI dan Prodi yang ada.
  13. Jika dibutuhkan upload persyaratan dan bukti pendidikan.
  14. Pilih Jenis dan kelompok tes yang akan diikuti.
  15. Kirim
  16. akan Muncul resume pendaftaran.
  17. Finalisasi.
  18. Semua jadwal akan tertera di kartu ujian, silahkan donwload dan cetak.
  19. Ikuti Tes
  20. Hasil UTBK akan diumumkan mellaui Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  21. Sedangkan Sertifikat Nilai UTBK dapat didownload melalui web pengumuman yang sama satu hari setelah tes berlangsung.
  22. Nilai UTBK dapat digunakan untuk mendaftar jalur Mandiri PTN.

 

#Jalur Mandiri

Sebagai salah satu Institut Seni terkemuka di Indonesia, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta juga membuka seleksi Jalur Mandiri untuk Program Diploma dan Sarjana Tahun ini. Tahapan-tahapan yang mesti ditempuh adalah sebagai berikut.

Pendaftaran

  1. Lakukan pendaftaran secara daring (online) pada laman resmi pendaftaran mahasiswa baru ISI Yogyakarta di  https://pmb.isi.ac.id 
  2. Klik tombol berwarna biru “Booking”untuk melakukan booking pendaftaran awal akun Jalur Mandiri Anda
  3. Anda akan diarahkan ke laman “Booking Pendaftaran” yang berisi formulir pendaftaran yang harus diisi dengan lengkap
  4. Hal-hal yang harus diisi pada laman “Booking Pendaftaran” adalah Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat Email Anda yang masih aktif, Gelombang Masuk serta Jalur Masuk Anda ke ISI, Kelompok Ujian Anda apakah IPA atau IPS, Fakultas dan Program Studi yang Anda inginkan. Ketik Kode Verifikasi yang tertera dan klik tombol “Daftar”
  5. Perlu diperhatikan bahwa data-data yang Anda isi pada laman ini wajib benar adanya karena tidak akan bisa diubah-ubah atau diedit lagi di kemudian hari
  6. Setelah booking pendaftaran, sekarang saatnya Anda bisa login kembali ke laman PMB ISI Yogyakarta
Login
  1. Klik laman https://pmb.isi.ac.id 
  2. Tekan tombol biru “Login” 
  3. Pada laman login portal, isilah username dan password yang sudah diberikan 
  4. Klik tombol berwarna kuning “Login” 
  5. Isi formulir pendaftaran mengenai biodata diri Anda dengan benar dan lengkap 
  6. Unggah karya atau portofolio Anda secara online
  7. Jadwal unggah ini akan dilakukan di laman portofolio dalam akun pendaftaran atau dengan alamat web https://portofoliopmb.isi.ac.id 
  8. Anda akan mendapatkan nomor tes untuk melakukan transaksi pembayaran nantinya. Simpan dan catat baik-baik nomor tes tersebut
  9. Tunggu proses seleksi yang akan dilaksanakan oleh Panitia PMB ISI Yogyakarta secara daring (online)
Pengumuman.
  1. Hasil seleksi akan diumumkan di laman resmi ISI Yogyakarta https://isi.ac.id atau laman pendaftaran penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta di https://pmb.isi.ac.id pada kolom pengumuman 
Registrasi Ulang
  1. Setelah Anda dinyatakan lulus, harap melihat besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang harus dibayar secepatnya. Jumlah nominalnya akan diumumkan
  2. Masa pembayaran akan dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  3. Lakukan pembayaran UKT dan SPI Anda pada bank BNI baik itu melalui ATM, Mobile/ Internet Banking, maupun Teller Bank secara langsung. Perlu diperhatikan, bila Anda memilih membayar melalui ATM, Anda harus melakukan input kode Perguruan Tinggi tempat Anda akan mendaftar, dalam hal ini kode ISI Yogyakarta adalah 8060. 
  4. Apabila Anda memiliki aplikasi Mobile Banking Bank BNI, Anda tinggal membayarnya lewat aplikasi pada smartphone Anda
  5. Jika via internet banking, masuk terlebih dahulu ke www.bni.co.id lalu pilih Internet Banking Personal, dan input User ID dan Password Anda. Tekan “Transaksi”, lalu “Pembelian/ Pembayaran”, dan “Pembayaran Tagihan”. Langkah terakhir adalah tinggal pilih “Biaya Pendidikan”, “Perguruan Tinggi” dan Isi Nomor Tagihan (NIM). Pada layar web akan muncul layar konfirmasi maka selanjutnya input delapan digit nomor yang tampil ke BNI e-secure. Klik “Bayar”. Bila transaksi Anda berhasil, maka akan muncul layar konfirmasi. Pilih format file yang harus Anda cetak atau unduh bukti pembayaran Anda
  6. Untuk Anda yang lebih memilih pembayaran melalui Teller, datanglah ke kantor cabang BNI dan informasikan kode Perguruan Tinggi dan Nomor Tes Anda. Teller Bank akan memberitahu Anda berapa tagihan yang harus Anda bayar. Lakukan transaksi pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan maka Anda akan mendapatkan bukti pembayaran atau receipt-nya. 
  7. Unggah bukti slip pembayaran yang Anda dapatkan baik melalui ATM, mobile/ internet banking maupun Teller Bank. Ingat bahwa pengunduran diri setelah pembayaran tidak akan mampu menarik kembali semua biaya yang sudah Anda bayarkan
  8. Lebih lengkapnya mengenai pendaftaran, cara pembayaran dan upload portofolio, dapat langsung Anda download di laman https://pmb.isi.ac.id dalam menu “Informasi”.
  
Ujian Mandiri ISI Yogyakarta

1. Fakultas Seni Rupa dan Fakultas Seni Pertunjukan
  • Tes praktik uji keterampilan berdasarkan program studi yang dipilih
  • Tes wawancara

2. Fakultas Seni Media Rekam
  • Tes tertulis tentang seberapa luas wawasan tentang Televisi dan Fotografi
  • Tes keterampilan Program Studi D3 Animasi.
  • Tes wawancara dan disertai dengan portofolio atau hasil karya yang sesuai dengan program studi yang dipilih antara Animasi, Fotografi, dan Televisi.

Itulah ulasan proses pendaftara di ISI Yogyakarta. Informasi pendaftaran ISI silahkan kunjungi situs isi.ac.id anda tingga melengkapi berkas dan melakukan pendaftaran secara online sesuai dengan ketentuan yang berlaku, jika terdapat pertanyaan seputar pendaftaran dapat di informasi melalui situs resmi dan contak panitia semoga bisa memberikan manfaat terima kasih.