Cara Cek Kelulusan Pemeringkatan SNMPTN 2020/2021

Cek Kelulusan Pemeringkatan SNMPTN 2020/2021  - Verifikasi PDSS merupakan salah satu langkah dalam mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi SNMPTN. Verifikasi PDSS akan terlebih dahulu dilakukan oleh sekolah dan kemudian dilakukan oleh siswa. 

Setelah sekolah mendaftarkan data-data sekolah dalam PDSS, maka langkah berikutnya adalah siswa melakukan verifikasi terhadap data dari PDSS. Jika tidak melakukan verifikasi, siswa tidak akan melakukan proses pendaftaran untuk SNMPTN. PDSS sendiri merupanan singkatan Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS berisi data nilai serta beberapa hal yang telah dipersiapkan oleh sekolah guna merekomendasikan siswa utusan sekolah. 


Cara Verifikasi Pengisian PDSS SNMPTN


Tanpa adanya proses rekomendasi dan juga verifikasi, maka pendaftaran SNMPTN tidak akan mungkin dilakukan.  Verifikasi data ini akan menentukan siswa apakah ia akan dapat melanjutkan ke proses pendaftaran ataupun tidak. Maka untuk itu, penting agar dilakukan verifikasi sebagai prosedur yang harus dijalankan siswa yang bersangkutan. 


Carnaya adalah dengan melakukan login di halaman PDSS.SNMTPN.ac.id Berikutnya dalam tahap verifikasi oleh siswa, siswa akan mengakses PDSS melalui alamat PDSS.SNMPTN.ac.id guna melakukan login dan proses verifikasi.


Verifikasi PDSS sendiri akan dilakukan melalui beberapa tahap yang sistematis. Berikut adalah urutannya mulai dari yang pertama harus dilakukan hingga yang terakhir. Terdapat beberapa perubahan pada sistem SNMPTN dimana jika sekolah sudah melakukan entri data dan verifikasi. Siswa yang bersangkutan bisa langsung melihat hasil pemeringkatan dengan cara sebagai berikut,


Cek Kelulusan Pemeringkatan
    1. Melakukan login melalui situs resmi SNMPTN.ac.id selanjutnya gunakan akun yang sudah dibuat.
    2. Apabila berhasil masuk artinya lulus verfikasi dan dapat melakukan pendaftaran SNMPTN.
    3. Sementara bagi yang tidak lulus tidak bisa melanjutkan pendaftaran.
    4. LTMPT dan sekolah yang akan menentukan pemeringkatan. 

    Hal ini berbeda dari tahun sebelumnya dimana semua orang bisa melakukan pendaftaran SNMPTN terutama mereka yang mendapat rekomendasi sekolah. Tetapi sekolah hanya yang lulus pemeringkatan saja yang bisa melakukan pendaftaran SNMPTN.

    Semua prosedur yang telah dijelaskan di atas tidak bisa diselesaikan jika salah satunya belum selesai. Umumnya pihak sekolah akan memberitahukan bagaimana cara mengisi PDSS terutama untuk siswa yang belum mengerti mengenai tata cara pengisian serta pendaftarannya. Yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa pengisian PDSS ini menggunakan sistem komputer sehingga tidak diperbolehkan melewati batas waktu yang ditentukan. 

    Apabila proses pengisian data dan verifikasi tidak segera dilakukan hingga melewati batas waktu, maka proses pendaftaran tidak akan bisa dilakukan lagi. Ketepatan waktu menjadi poin penting berikutnya yang harus diperhatikan selain memastikan semua data telah terisi dengan benar. Adanya sistem PDSS dan cara verifikasi PDSS sebenarnya dibuat dengan tujuan agar proses seleksi SNMPTN dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

    Melalui PDSS, akan diketahui dengan mudah mengenai data-data siswa yang mendaftar SNMPTN, mulai dari data-data pribadi hingga data nilai sekolah. Proses pendaftaran SNMPTN akan lebih mudah dilakukan. Namun, sistem PDSS sendiri masih terbilang baru. Alamat websitenya saja masih terbilang asing di telinga. Di sinilah pentingnya sekolah melakukan sosialisasi pada murid-murid terkait apa itu PDSS, cara pengisian dan juga verifikasi yang harus dilakukan.

    Pihak sekolah terutama memiliki peran yang sangat besar dalam pengisian PDSS siswa. Ini karena pengisian PDSS akan terlebih dahulu dilakukan sekolah. Setelah sekolah mendaftar dalam program PDSS dan mengisi berbagai data yang diperlukan, maka langkah selanjutnya adalah mendistribusikan password pada siswa. Password ini akan digunakan siswa agar dapat login di halaman PDSS khusus siswa dan melakukan verifikasi seperti yang dibutuhkan. 

    Apabila sekolah tidak melakukan pengisian data dengan benar dan sesuai waktu yang ditentukan, hal ini akan sangat menghambat siswa dalam melakukan pendaftaran SNMPTN. Siswa juga harus segera melakukan verifikasi data karena ada tenggat waktu yang harus dipenuhi. Penting untuk mengetahui jadwal tiap periode pengisian PDSS dan verifikasi serta pendaftaran SNMPTN agar tidak terlewatkan.

    Demikian adalah informasi terkait cara verifikasi PDSS yang harus diketahui semua siswa. Umumnya guru akan memberitahukan juga terkait pengisian dan verifikasi PDSS. Namun, tak ada salahnya apabila siswa turut mencari tahu agar paham bagaimana cara mengisi dan memverifikasi PDSS. Dengan pemahaman yang memadai terkait PDSS, kita akan dapat meneruskan menuju tahap selanjutnya yaitu Pendaftaran Online SNMPTN. 

    Proses verifikasi PDSS yang lancar juga akan membuat pendaftaran SNMPTN semakin mudah. Semoga uraian di atas dapat membantu kita dalam memverifikasi PDSS secara lebih mudah dan cepat. Selamat mengisi data dan melakukan verifikasi PDSS.  Semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat terima kasih.