3 Cara Pendaftaran Online ITK 2021/2022

ITK.ac.id - 3 Cara Pendaftaran Online ITK, Melalui informasi ini kami akan memberikan beberapa informasi terkait dengan pendaftaran terkhusus untuk ITB dimana kampus Institut Teknologi Kalimantan merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kalimantan, bisa dibilang kampus ini masih sangat baru, beberapa jalur masuk kerjasama dengan ITS juga dijalin untuk meningkatkan kwalitas kampus ini.

ITK memiliki tujuan untuk mengembangkan SDM yang ada di Kalimantan agar dapat mengelolah Toknologi untuk kepentingan Kalimantan, tidak heran jika saat ini kampus ini memberikan beberapa peluang besar untuk bisa mengikuti seleksi kampus ini, meski baru sepak terjang dari kampus ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena ada banyak sekali terobosan yang sudah dilakukan.

Terutama ini merupakan kampus Intitut pertama yang ada di Kalimantan meski ada banyak perguruan tinggi negeri yanng tersebar tetapi kampus berbasis teknologi hanya ITK lainnya merupakan Universita Negeri, untuk bisa mengikuti penerimaan dan pendaftaran kampus ini kalian harus memperhatikan beberapa hal seperti mengikuti jalur masuk yang ada.



Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan membahas secara rinci jalur masuk apa saja yang disiapkan untuk bisa mengikuti seleksi pendaftaran ITK untuk itu jangan lewaktan beberapa pendaftaran berkaitan dengan ITK sesuai dengan ketentuan penerimaan sesuai dengan pendaftaran untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini terkait dengan informasi yang anda cari dalam beberapa kesempatan tersebut berikut pembahasanya.



Bagi kalian yang ingin mendaftar jalur mandiri ITK ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain kalian harus mengetahui secara rinci tentang kampus ini disisi lain penerimaan kampus ini memang cukup berbeda dengan jalur masuk nasional hal itu dikarenakan beberapa hal diantaranya adalah seleksi Mandiri ITK merupakan seleksi khusus bagi mereka yang ingin mengikut jalur tertulis mandiri untuk itu kalian harus memperhatikan beberapa hal tersebut. Pendaftaran dilaksanakan melalui online di ww.itk.ac.id ikuti sesuai ketentuan yang berlaku.

Bagi yang ingin mendaftar ke Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Anda bisa mencoba masuk lewat jalur seleksi mandirinya yang dikenal dengan nama Seleksi Mandiri Terpadu Institut Teknologi Kalimantan (SUMMIT ITK). Jalur seleksi ini terbagi menjadi dua yakni jalur reguler dan jalur kemitraan. Bila tertarik untuk mengetahui informasi lebih lengkap, silahkan membaca tahapan-tahapannya di bawah ini. 
  1. Peserta yang bisa mengikuti SUMMIT ITK jalur reguler adalah siswa lulusan SMA/MA/SMK dan Paket C atau sederajat yang sudah memiliki nilai UTBK atau nilai rapor sebanyak enam semester (bagi yang tidak memiliki nilai UTBK)
  2. Bagi peserta yang berminat mengikuti SUMMIT ITK jalur kemitraan diharuskan mengupload nilai UTBK atau rapor enam semester serta merupakan utusan dari instansi mitra Institut Teknologi Kalimantan. Hal itu dibuktikan dengan diperlihatkannya surat undangan kemitraan dari ITK juga surat rekomendasi dari pimpinan instansi mitra
  3. Perlu diinformasikan bahwa selain siswa lulusan tahun ini, siswa SMA/MA/SMK (IPA)/ Sederajat yang sudah lulus 2 tahun terakhir juga bisa mendaftar SUMMIT ITK dengan catatan sudah memiliki ijazah. Bagi siswa lulusan tahun ini yang belum memiliki ijazah bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang memuat informasi diri dan pasfoto berwarna yang telah dibubuhi cap stempel sah dan ditandatangani oleh kepala sekolah
  4. Untuk mendaftar jalur mandiri ini, Anda tinggal mengakses website resminya di laman https://www.summit.itk.ac.id
  5. Isilah formulir pendaftaran secara online seperti yang tertera pada laman resmi SUMMIT ITK tersebut
  6. Pilihlah program studi yang Anda inginkan maksimal tiga program studi. Sebagai informasi, akan ada 17 program studi yang dibuka di ITK melalui jalur mandiri ini. Daftar program studi yang dimaksud bisa dilihat pada laman https://itk.ac.id/catat-itk-membuka-17-program-studi-jalur-mandiri/  
  7. Harap saat memilih program studi di ITK ini, Anda harus menyesuaikannya dengan jurusan yang diambil saat di SMA. Tentunya, Anda yang berasal dari jurusan IPS di SMA tidak bisa mengambil beberapa program studi di ITK yang hanya diperuntukkan bagi yang berasal dari jurusan IPA
  8. Upload dokumen-dokumen yang diperlukan serta nilai rapor Anda sesuai dengan isian formulir online yang sudah diisi sebelumnya
  9. Jangan lupa untuk membayar biaya pendaftaran SUMMIT ITK. Besar biaya pendaftarannya adalah 500 ribu rupiah. Pembayarannya bisa dilakukan melalui bank mitra ITK yakni Bank Mandiri dan BNI
  10. Anda bisa mencetak kartu peserta seleksi Anda di website resminya di https://www.summit.itk.ac.id. Pastikan sebelum mencetak, data Anda seluruhnya sudah lengkap dan benar sesuai dengan yang sebenarnya disesuaikan dengan jalur mandiri yang Anda ikuti, apakah itu SUMMIT ITK jalur reguler atau jalur kemitraan
  11. Pengumuman hasil SUMMIT ITK dapat dilihat di website resmi ITK https://itk.ac.id atau langsung pada laman resmi seleksi di https://www.summit.itk.ac.id.
  12. Untuk pendaftaran ulangnya akan dilaksanakan setelah pengumuman dilaksanakan. Sebagai informasi, besar biaya pendidikan jalur mandiri ITK yang terdiri atas Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) bisa Anda lihat secara langsung di laman resmi SUMMIT ITK pada menu “Pengumuman” lalu pilihan “Informasi Biaya Perkuliahan”
  13. Pantaulah secara berkala website resmi ITK atau SUMMIT ITK untuk mendapatkan informasi lengkap atau pengumuman-pengumuman tanggal penting pelaksanaan yang sekiranya bisa berubah


2.  Jalur SNMPTN ITK


Sebagai kampus negeri ITK memiliki beberapa jalur masuk seperti SNMPTN dimana jalur ini diikuti oleh seluruh PTN yang ada di Indonesia terutama yang populer maka dari itu untuk bisa melakukan penerimaan pendaftaran diharapkan para peserta mengikuti segala macam terkait pendaftaran hanya saja untuk bisa melakukan pendaftaran peserta harus mendapatkan rekomendasi dari sekolah untuk mereka yang berprestasi. Seleksi mengikuti jalur undangan dan verifikasi nilai rapot setelah mendapatkan rekomendasi siswa akan diberikan login untuk mendaftar di http://web.snmptn.ac.id secara online. Berikut mekanisme pendaftaran.
  1. Diawali dengan membuat akun LTMPT melalui Portal.Ltmpt.ac.id 
  2. Cari menu Daftar dan isi form pembuatan akun LTMPT.
  3. Isi data identitas, validasi ke email terdaftar, dan finalisasi.
  4. Pemeringkatan akan diumumkan oleh sekolah, siswa yang dinyatakan lulus dapat langsung login.
  5. Kunjungi situs SNMPTN.ac.id atau Portal.Ltmpt.ac.id masukan username dan password yang telah di daftarkan.
  6. Pilih SNMPTN jika kalian melakukan login dari Portal LTMPT.
  7. Selanjutnya silahkan isi biodata, data keluarga, data keuangan, dan data pendidikan.
  8. Untuk beberapa data seperti data persyaratan dan pendidikan wajib mengupload bukti fisik berupa sertifkat atau piagam penghargaan.
  9. Upload juga foto.
  10. Ada beberapa borang yang harus di ceklist terlebih dahulu.
  11. Proses berikutnya yang harus dilakukan adalah memilih PTN dan Prodi yang ada di ITK.
  12. Khusus jurusan seni dan olahraga wajib upload portopolio.
  13. Setelah semua selesai langkah selanjutnya kirim form.
  14. Akan muncul resume pendaftaran.
  15. Jika tidak ditemukan masalah silahkan finalisasi.
  16. Cetak kartu bukti pendftaran.
  17. Tunggu Pengumuman dan bisa dicek melalui situs resmi Pengumuman.SNMPTN.ac.id

3. Jalur SBMPTN ITK.


SBMPTN merupakan jalur masuk untuk ujian tertulis hanya saja penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia melalui panitia seleksi SBMPTN, ujian tertulis dimana para peserta bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi www.sbmptn.ac.id hanya saja peserta akan dikenakan biaya pendaftaran, langkah untuk melakukan pendaftaran cukup mudah melalui Login 1 anda bisa cetak pembayaran, kemudian bayar dibank setelah itu login 2 untuk mendaftar dan ikuti sampai selesai.
  1. Rincian pendaftaran SBMPTN diawali dengan membuat akun LTMPT UTBK terlebih dahulu.
  2. Setelah itu kunjungi situs Portal.Ltmpt.ac.id pilih menu pendaftaran.
  3. Khusus untuk yang sudah pernah ikut jalur SNMPTN tidak perlu mendaftar dari awal cukup validasi dan finalisasi akun.
  4. Sedangkan mereka yang baru ikut SBMPTN harus melengkapi form online dari awal, termasuk melakukan validasi dan finalisasi akun.
  5. Ketika akun sudah siap baru bisa mendaftar.
  6. Untuk melanjutkan proses pendaftaran silahkan kunjungi situs Portal.ltmpt.ac.id atau melalui SBMPTN.ac.id 
  7. Klik menu login gunakan akun yang sudah dibuat.
  8. Pilih menu UTBK untuk mulai mendaftar.
  9. Login pertama melakukan pengisian biodata secara lengkap termasuk data orang tua, data keuangan serta data keluarga.
  10. Pastikan semua data diinput secara lengkap.
  11. Setelah selesai kirim form secara online.

Pembayaran

  1. Akan muncul kode pembayaran silahkan bawa kode tersebut ke bank BUMN terdekat.
  2. Lakukan pembayaran dan simpan bukti pembayaran.
  3. Login kembali ke situs SBMPTN.ac.id 

  Login ke Dua

  1. Wajib melakukan login untuk kedua kalinya melalui portal yang sama yaitu SBMPTN.ac.id karena proses pendaftaran belum selesai.
  2. Pada tahap ini wajib mengisi PTN dan Prodi yang ada di ITK.
  3. Setiap peserta dapat memilih minimal 2 prodi yang berbeda setiap tes.
  4. Termasuk memilih jenis dan bentuk tes yang akan diikuti sesuai kelompok tes yang kalian pilih tentuanya singkronisasi dari pemilihan Prodi.
  5. Pemilihan kelompok tes bukan berdasarkan jurusan SMA melainkan sesuai pilihan Prodi yang akan diikuti, seperti jika memilih rumpun ilmu IPA wajib memilih saintek, sementara jika memilih rumpun IPS wajib memilih soshum, namun jika kalian ingin memilih IPA di pilihan pertama dan IPS di pilihan kedua wajib memilih kelompok tes campuran.
  6. Kirim Form
  7. Review
  8. Finalisasi
  9. Cetak kartu ujian UTBK
  10. Pada kartu tersebut tertera jadwal tes.
  11. Pastikan cek lokasi h-1 sebulum tes atau minimal 1 jam sebelum tes dilaksanakan.
  12. Ikuti tes.
  13. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  14. Untuk cetak sertifikat UTBK dapat dilakukan satu hari setelah pengumuman.
  15. Informasi tambahan sertifikat nilai UTBK digunakan sebagai syarat untuk mendaftar jalur Mandiri PTN.
  16. Jika kalian ingin kuliah di PTN pastikan mengikuti UTBK. tanpa serfitikat nilai UTBK sulit untuk ikut tes Jalur Mandiri PTN dan SBMPTN.


Dari beberapa informasi terkait dengan pendaftaran ITK maka dapat ditarik sebuah kesimpulan sederhana untuk bisa melakukan pendaftaran secara online seperta harus memenuhi persyaratan berdasarkan jenisnya pula para peserta dapat mengikuti pendaftaran untuk yang berpresasi bisa melalui undangan dengan syarat mendapatkan rekomendasi sekolah. Sedangkan untuk yang tidak mendapatkan bisa ikut jalur Mandiri dan SBMPTN yang bisa dilaksanakan secara online dan bisa dilakukan secara sendiri-sendiri.

Demikianlah informasi pendaftaran ITK semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update penerimaan dan info pendaftaran lainnya semua informsi yang telah anda baca dapat diakses melalui situs resmi ITK dalam kesempatan yang berbahagia ini kami sudah memberikan beberapa informasi pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku selebihnya kembali pada peserta selamat mencoba.