Cara Pendaftaran Online UM PTKIN 2018/2019

Um-Ptkin.ac.id - Cara Pendaftaran Online UM PTKIN 2018/2019 simak Cara Pendaftaran secara Online UM PTKIN Pada kesempatan kali ini seperti biasa kita akan membahas secara rinci mengenai cara pendaftaran jalur mausk untuk perguruan tinggi keagmaan islam negeri, terdapat dua jalur seleksi yang bisa diikuti pertama undangan PTKIN dan yang kedua adalah Tertulis khusus PTKIN, untuk perjumpaan kali ini kita akan fokus membahas mengenai pendaftaran Tertulis tergabung dalam UM PTKIN.

UM PTKIN merupakan ujian masuk perguruan tinggi kegamaan islam negeri dimana berkumpulnya seluruh PTKIN yang ada di Indonesia pola pendaftaran yang bisa dilakukan secara perseorangan tanpa harus mempersyaratkan rekomendasi dan lain sebagainya menjadi pilihan banyak peserta karena dinilai lebih terbuka secara umum.

Seperti kita ketahui bahwa ada banyak sekali PTKIN yang tersebar diseluruh Indonesia mulai dari UIN, IAIN maupun STAIN, setiap daerah memiliki setidaknya satu sampai dua PTKIN, setiap tahun angka pendaftar jalur ini juga semakin meningkat meskit tidak sebanyak jalur SBMPTN, seleksi ini bisa menjadi alternatif anda yang ingin mengikuti jalur seleksi PTKIN.

Cara Pendaftaran UM PTKIN
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mendaftar seperti kita ketahui kampus PTKIN memiliki program studi pilihan yang beragam dan berbasis Islami, jika dibandingkan dengan kampus umum pendalaman untuk keagamaan ini cukup baik, ada beberapa pertanyaan seputar UM PTKIN kepada admin lantas apa bedanya dengan SBMPTN.

Jika UM PTKIN merupakan seleksi khusus yang diikuti oleh PTKIN diseluruh Indonesia saja yang di panitiai oleh Kementerian Agama bersifat tes tertulis dan bisa diikuti oleh umum, sedangkan untuk SBMPTN merupakan jalur seleksi untuk PTN se Indonesia, penyelenggara seleksi ini adalah KemenristekDikti, meski ada banyak UIN atau IAIN yang tergabung dalam seleksi masuk ini tidak berbalik pada seleksi UM PTKIN.

Tidak ada satupun yang PTN yang tergabung dalam seleksi UM PTKIN, nah kalian bisa mengikuti seleksi ini setiap tahun karena UM PTKIN terbuka secara umum setiap penerimaan mahasiswa baru peserta bisa mengikuti seleksi, untuk bisa mendaftaran setidaknya para peserta telah memenuhi segala ketentuan atau persyaratan pendaftaran bagi yang belum mengetahui dapat diakses melalui seperti dibawah ini.


Persyaratan Pendaftaran UM PTKIN

Ketentuan Umum
  1. Lulus tahun 2016, 2017 dan 2018 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2016 dan 2017 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2017 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  4. Peserta dapat memilih tipe ujian yang disukai dengan syarat kuota ruangan masih tersedia. Terdapat 2 (dua) macam tipe ujian yaitu : Paper Based Test (PBT) , adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).
  5. Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.
  6. Tipe ujian CBT hanya ada pada PTKIN tertentu dengan kuota peserta terbatas.
Bagi yang ingin mengikuti pendaftaran CBT diharapkan untuk segera mendaftar karena kuota terbas adapun lampiran kuota CBT dapat dilihat melalui situs http://www.um-ptkin.ac.id/home/informasi selanjutnya apabila sudah membaca dengan benar maka langkah selanjutnya mengikuti alur pendaftaran melalui situs  http://www.um-ptkin.ac.id/#daftar jangan lupa untuk membayar uang pendaftaran sebesar 200 rb untuk lebih jelas berikut kami berikan alur pendaftaran seperti berikut.

 
Alur Pendaftaran
  1. Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
  2. Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau Selain BNI dengan ketentuan sebagai berikut : Melalui Bank BNI / BNI Syariah, pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI / BNI Syariah dengan menunjukkan / memasukkan nomor SIP.
  3. Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantor Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI anda. (ada tambahan biaya tergantung mitra).
  4. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  5. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga cetak kartu ujian.
  6. Mengikuti ujian CBT atau PBT di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

Untuk lebih jelas kalian dapt melihat cara pendaftaran UM PTKIN dapat dilihat melalui situs resmi atau melalui gambar mekanisme pendaftaran terlampir secara rinci seputar cara singkat mengenai Pendaftaran UM PTKIN berikut kami berikan informasi lengkap seputar pendaftaran UM PTKIN.


Untuk biaya pendaftaran sekitar 200 rb dan dapat sewaktu-waktu berubah sesuai dengan yang telah disampaikan kalian bisa langsung melihat informasi lengkap  untuk UM PTKIN secara umum penerimaan jalur ini di laksanakan melalui online dengan kerjasama pembayaran BNI sebagai nah silahkan ikuti tata cara pendaftaran yang telah dijelaskaan. Apabila masih bingung silahkan lihat Video Tutorial Pembayaran UM PTKIN dibawah ini :



Proses pendaftaran dan pengisian formulir juga dilakukan melalui online, apa yang telah saya berikan dapat mewakili mekaniseme pendaftaran untuk UM PKIN biasanya seleksi ini dilaksanakan setelah SPAN PTKIN dilaksanakan seringkali berbarangan dengan seleksi SBMPTN untuk itu persiapkan diri anda untuk mengikuti seleksi jangan buang kesempatan ini.

Dari beberapa informasi yang telah dijelasakan diatas mekanisme pendaftaran untuk UM PTKIN sudah bisa dilakukan jika kalian mengikuti prosedur pendaftaran, selain itu faktor persyaratan juga menjadi penentu apakah anda bisa melakukan pendaftaran atau tidak, seleksi ini dilaksanakan online terima kasih salam sukses.

Demkianlah informasi bisa kami jelaskaan melalui prosedur pendaftaran ini diharapakan bisa melakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pelaksanaan kegiatan untuk pendaftaran UM PTKIN langsung oleh kementerian agama yang mempercayakan mandat kepada UIN Ternama yang ada di Indonesia semoga bisa memberikan manfaat selamat mencoba apabila terdapat kekurangan atau perbedaan informasi maka yang digunakan informasi mengacu pada situs www.um-ptkin.ac.id.
GET IT ON Google Play