Cara Pendaftaran Online UB 2018/2019

UB.ac.id - Cara Pendaftaran (UBUnivrsitas Brawijaya 2018/2019 atau yang biasa kita sebut dengan singkatan UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Universitas ini berdiri pada tahun 1963 dan kini telah memiliki 15 Fakultas yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Komputer.

Universitas dengan 15 fakultas ini menawarkan sebanyak 70 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Semakin banyak pilihan prodi, semakin mendekatkan pada cita-cita. Itu artinya akan semakin mudah memilih prodi yang akan mengantarkan pada tujuan akhir. Bingung menentukan pilihan?? carilah prodi yang kalian sukai dan selaras dengan tujuan (cita-cita)

Bukan memilih sesukanya tapi memilih yang disukai, ketika kita kuliah di prodi yang kita suka "semangat meningkat prestasi melesat". Karena rasa cinta akan hal yang dikerjakan akan menjadikan kita lebih ringan (merasa ringan) dalam menjalani setiap prosesnya. Bahkan akan gembira dalam menaklukkan setiap tantangan juga memcahkan tiap permasalahan dalam dunia universities.

Cara Pendaftaran UB


Masih  ragu dengan prodi yang dipilih?? mintalah pendapat ahli (bisa guru bimbingan konseling di sekolah masing-masing, atau orang-orang yang paham tentang perkuliahan). Nah, jika kalian telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar UB yaitu.



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UB yang diberikan kepada siswa berprestasi akademik tinggi di sekolahnya (si juara umum) melalui seleksi nasional administrasi. Seleksi administrasi ini berupa penyaringan nilai rapor semester 1-5 untuk SMA/ sederajat dan juga penyaringan portofolio akademik.

Kalian akan diterima di UB melalui jalur SNMPTN jika Nilai rapor masuk perengkingan nasional sesuai kuota prodi dan portofolio akademik memenuhi ketentuan yang diberlakuakan oleh pihak UB. Waktu bukanya pendaftaran ini biasanya paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN, kalian bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UB yang diberikan kepada lulusan SMA/Sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis dalam seleksi ini berupa butir-butir soal pilihan ganda terdiri dari 3 kelompok soal yang harus dikerjakan dengan tepat dan cepat. Bagi nilai hasil pengerjaan soal yang masuk perengkingan sesuai kuota prodi UB akan diterima di UB melalui jalur ini.

Pendaftaran UB melalui seleksi ini biasanya buka setelah SNMPTN, jadi bagi yang tidak lulus/tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN bisa mendaftar UB melalui jalur ini. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN, kalaian bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/



Jalur Mandiri merupakan sebuah kesempatan masuk UB yang diberikan oleh pihak UB kepada lulusan SMA/Sederajat melalui ujian tertulis. Pola ujian sama dengan SBMPTN, hanya saja pada seleksi mandiri, panitia penyeleksi berasal dari pihak UB sendiri. Peluang untuk masuk UB melalui seleksi ini lebih besar karena peserta pendaftar tidak sebanyak jalur SNMPTN atau SBMPTN. Pendaftaran seleksi ini biasanya buka setelah SBMPTN, nah bagi kalian yang tidak lulus atau tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN, kalian bisa mendaftar UB melalui jalur ini. Info selengkapnya tentang Jalur Mandiri bisa diakses melalui laman http://selma.ub.ac.id/pendaftaran/spmk/


#4 Jalur SPKPD

Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas merupakan sebuah kesempatan masuk UB yang diberikan oleh pihak UB khusus untuk penyandang disabilitas yang mempunyai kapasitas sesuai prodi. Tes seleksi ini terdiri dari ujian tertulis dan wawancara. Penyandang disabilitas yang masuk UB melalui seleksi ini juga berkesempatan menadapatkan beasiswa (sesuai ketentua dari masing-maing beasiswa) seperti melalui jalur seleksi lainnnya. Untuk info selengkapnya tentang SPKPD kalian bisa mengakses laman http://selma.ub.ac.id/seleksi-program-khusus-penyandang-disabilitas/



Bidikmisi merupakan sebuah kesempatan melanjutkan pendidikan ke UB yang diberikan oleh pihak pemerintah pusat kepada generasi muda lulusan SMA/sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Melalui bidikmisi ini pemerintah mengadakan pembiayaan terhadap biaya kuliah dan biaya hidup hingga lulus tepat waktu.

Untuk bisa kuliah dengan jalur bidikmisi, mulanya kalian harus mendaftar bidikmisi, setelah menadapat ID selanjutnya menadaftar seleksi (bisa jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, maupun Jalur SPKPD bagi penyandang disabilitas) dengan ID yang telah diperoleh. Untuk info selengkapnya tentang bidikmisi kalian bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara mendaftar UB yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, Jalur SPKPD, dan Bidikmisi. Lakukan yang terbaik di hari ini, berikan yang terbaik di setiap jam yang berlalu, berjuang maksimal disetiap menitnya. Isi setiap tahap dengan perjuangan tulus, baik tahap penddaftaran maupun proses seleksinya. Jika kalian memberikan yang terbaik, berjuang dengan kemampuan terbaik dan memanfaatkan dengan baik tiap waktu yang beralu, "pelangi akan melengkung tepat diatas kepala", dan kabar gembira itu datang tanpa kalian sangka.

"Orang yang sukses adalah si penakluk dirinya sendiri", mereka yang bisa menaklukkan rasa malas dan memegang kendali atas dirinya sendiri. Sehingga bukan waktu yang mengendalikannya tetapi dialah yang mengendalikan waktu. Selamat berjuang! Semoga sukses!
GET IT ON Google Play