Daftar Akun Portal.Ltmpt.ac.id Error Begini Solusinya

Info Penting CPNS

Daftar Akun Portal.Ltmpt.ac.id Error Begini Solusinya - Terdapat error saat awal pembukaan daftar akun LTMPT terutama bagi siswa, setelah siswa mengakses menu daftar, mengisi NISN dan NPSN ternyata tidak bisa daftar, hal ini mengakibatkan banyak siswa/i yang panik dengan alasan takut ketinggalan buat akun LTMPT. Periode pendaftaran akun LTMPT memang dibatasi beberapa minggu saja bisa dipastikan masalah selesai sebelum jadwal pendaftaran berakhir.
 
Beberapa hari sejak awal pendaftaran admin selalu mendapatkan pertanyaan mengapa masalah itu terjadi, banyak siswa/i yang ingin mendaftar bingung permasalahan ini datang dari mana, apakah dari web resmi LTMPT atau dari sekolah, biasanya sekolah juga tidak memberikan jawaban yang pasti mengenai kendala yang muncul.
 

 
 
Seperti contoh di beberapa sekolah hanya mendata siswa/i yang ingin kuliah nantinya akan di informasikan jika proses pendaftaran selesai, beberapa waktu lalu LTMPT sebagai lembaga resmi mengumumkan bahwa masalah tidak bisa mendaftar dikarenakan terdapat masalah pada situs yang mengakibatkan tidak bisa mendaftar meski pendaftaran akun LTMPT sudah dibuka.

Hanya saja meski sudah diperbaiki permasalahan tersebut masih tetap muncul di beberapa sekolah yang ada di Indonesia, terus pertanyaan mendasarnya adalah bagaimana siswa/i bisa tetap mendaftar tanpa kwatir ketinggalan jadwal, dan jika masalah dari situs resmi sudah selesai kenapa siswa/i tidak bisa mendaftar LTMPT.

Terdapat beberapa keterangan masalah saat mendaftar sebaiknya setiap siswa/i memperhatikan dan baca apabila keterangan error semua sama artinya permasalahan terjadi dari pusat untuk lebih jelasnya admin akan membahas beberapa permasalahan error yang timbul saat daftar akun LTMPT untuk lebih seperti dibawah ini :

 

Error Daftar Akun LTMPT Pusat  

  1. Periode pendaftaran akun LTMPT berlangsung 2-3 minggu setiap tahun, diawal pendaftaran akun biasanya data belum tersingkronisasi dengan baik akibatnya jika kita input data data tidak muncul hal ini diperburuk oleh lalu lintas kunjungan melalui web resmi akan lambat menyebabkan data yang di input tidak muncul biasanya akan muncul keterangan error "Terjadi Masalah dengan API Pusdatin Kemdibud" biasanya terjadi setelah kita mengisi data NISN dan NPSN dan mengklik menu Daftar.  1-5 hari pertama biasanya masalah itu muncul namun tidak berlangsung lama sudah normal dan siswa/i yang bersangkutan dapat melakukan pendaftaran kembali.
  2. Treffik yang padat pada portal.ltmpt.ac.id menyebabkan data yang di input akan lebih lambat diterima server menyebabkan siswa tidak bisa digunakan untuk mendaftar akun, solusi masalah ini mendaftar di jam malam seperti jam 23.00-02.00 malam biasanya pada jam tersebut web akan lancar.
  3. Gunakan Laptop untuk mendaftar akun LTMPT dengan email dari gmail untuk menghindari error yang tidak diinginkan.

 

Error Daftar Akun LTMPT Dari Sekolah  

  1. Sekolah diwajibkan untuk mendaftar ulang atau mengkompirmasi kembali akun LTMPT yang lama sebelum siswa/i melakukan pendaftaran akun LTMPT secara pribadi, seringkali sekolah yang belum melakukan pendaftaran ulang siswanya tidak bisa membuat akun LTMPT, solusinya adalah kompirmasi ke sekolah apakah sudah bisa mendaftar LTMPT atau belum nantinya sekolah akan memberikan arahan terkait hal tersebut.
  2. Dibeberapa kota dan kabupaten setiap tahun ada saja nama sekolah yang berubah baik sekolah negeri maupun sekolah swasta biasanya siswa/i dari sekolah tersebut tidak bisa mendaftar sebelum sekolah membuat akun baru sesuai nama sekolah dan NPSN yang baru. Sekeras apapun mencoba untuk mendaftar sebelum sekolah mendaftar tidak akan bisa mendaftar.
  3. Pada sekolah baru biasanya terdapat perubahan NPSN dan data Pusdatin Kembdikbud baru yang lama sudah tidak digunakan sebaiknya siswa/i yang ingin mendaftar harus bertanya terlebih dahulu kepada sekolah apakah NPSN lama berubah atau tidak karena data NPSN akan error apabila tidak sama dengan data yang sebenarnya.
  4. Lantas bagaimana jika kita sebagai seorang siswa/i apabila mengalami kendala membuat akun LTMPT dari sekolah, untuk lebih aman kita harus menunggu sampai batas akhir pembuatan akun LTMPT oleh sekolah biasanya ada selisih beberapa hari kemudian baru ditutup untuk pendaftaran akun ltmpt Siswa, siswa yang bersangkutan bisa mendaftar pada waktu jeda hari tersebut karena dipastikan sekolah sudah meregistrasi akun LTMPT.
  5. Jangan lupa lapor ke pihak sekolah bahwa kita berencana kuliah di PTN dan ingin membuat akun dan disampaikan kepada sekolah nantinya pihak TU atau operator akan mendata siswa/i yang ingin kuliah tahun ini dan memberikan arahan apabila terdapat kendala.
  6. Pendaftaran SNMPTN mengharuskan siswa/i berkordinasi dengan sekolah mulai dari pembuatan akun sampai pemilihan jurusan harus berkonsultasi ke sekolah kecuali untuk jalur UTBK bisa dilakukan sendiri tanpa melibatkan pihak sekolah.
  7. Sekali lagi tanya ke sekolah untuk NPSN bagi sekolah yang ganti nama apakah berubah atau tidak.

 

Awalnya admin juga bingung dengan masalah yang timbul saat daftar akun Portal LTMPT banyak adik kelas yang bertanya kenapa bisa terjadi  masalah dengan keterangan terjdai masalah dengan API pusdatin kemdikbud biasa keselahan dari pusat kita hanya harus menunggu sampai kembali normal sedangkan untuk keterangan isian registrasi tidak sesuai data isian yang anda masukan tidak sesuai dengan data yang tercatat di kemdikbud/Kemenag periksa kembali secara seksama padahal data yang dimasukan sudah benar tetapi terdapat keterangan error biasanya karena ada perubahan data sekoah seperti ganti nama atau NPSN.

Paling sederhananya adalah pihak sekolah belum melakukan registrasi untuk nama sekolah baru tersebut di akun LTMP saat ini, intinya masalah ini harus di kordinasikan kepada pihak sekolah untuk tindakan selanjutnya, semoga informasi yang admin berikan bisa membantu memberikan pencerahan bagi siswa/i yang ingin mendaftar akun ltmpt tapi masih error.