Apakah Kartu KIP Bisa digunakan Untuk Masuk PTS ?

Apakah Kartu KIP Bisa digunakan Untuk Masuk PTS ? - Beberapa pertanyaan yang muncul seputar perguruan tinggi swasta salah satunya adalah apakah kartu KIP yang kita miliki bisa digunakan untuk mendaftar KIP Kuliah (Beasiswa Bidik Misi) disalah satu kampus swasta yang ada di Indonesia, secara umum bisa tidak ada batasan untuk memilih kampus termasuk kampus swasta.

Dikutip dari Medcom Program KIP Kuliah merupakan gabungan dari beasiswa bidik misi dan PPA, nantinya siswa pemegang KIP akan menerima bantuan kuliah berupa KIP Kuliah hanya saja ada prosudur yang harus dilakukan oleh siswa/i yang sudah memiliki KIP pada saat sekolah diantaranya sebagai berikut.



Siswa/i yang barsangkutan mendaftar terlebih dahulu ke salah satu Perguruan tinggi setelah diterima baru kemudian melaporkan bahwa yang bersangkutan memiliki KIP, pemerintah melalui program ini akan membiayai, selanjutnya untuk pertanyaan mengenai apakah bisa kartu KIP digunakan untuk Masuk PTS berikut penjelasannya.

"Bukan punya KIP bisa langsung Kuliah. Kalau dia diterima di kuliah, baru akan kita biayai, berlaku bagi yang diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Kata Nasir."

Sudah jelaskan mereka yang memiki KIP bukan otomatis bisa langsung kuliah tetapi bagi mereka pemegang KIP tetap sama harus melalui proses pendaftaran ke perguruan tinggi nantinya setelah diterima baru melapor bahwa pemegang KIP, nah baru setelah proses selesai mahasiswa yang bersangkutan bisa menerima KIP Kuliah.

Hanya saja meski tidak ada batasan untuk memilih kampus sebaiknya kalian menanyakan terlebih dahulu sebelum mendaftar karena ada banyak perguruan tinggi swasta yang belum siap dengan program ini, karena KIP sendiri adalah program dari pemerintah sedangkangkan swasta tidak terafiliasi secara langsung dengan pemerintah.

Sebagian PTS kecil tidak memfasilitasi mahasiswa dalam program ini, admin akan memberi tips terlebih dahulu agar kalian bisa sukses memilih kampus yang tepat untuk lebih jelas sebagai berikut, tips memilih PTS agar bisa mendapatkan KIP Kuliah.

  1. Pastikan sebelum mendaftar kalian salah satu pemegang KIP Pelajar.
  2. Sebelum mendaftar sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke bagian admin apakah kampus PTS yang kalian pilih menyediakan program Beasiswa Bidik Misi sebelumnya atau sekarang KIP Kuliah, jika tidak ada sebaiknya kalian cari kampus lain.
  3. Biasanya kampus dengan akreditasi minimal B tersedia program ini.
  4. Tidak kalah penting adalah meski PTS tujuan sebelumnya bukan salah satu kampus penyelenggara program bidik misi, apakah mereka mau memfasilitasi untuk mendapatkan KIP Kuliah, seperti membantu melaporkan bahwa kalian adalah salah satu pemegang KIP. Jika bersedia bisa kalian pilih kampus tersebut.

Itulah beberapa pembahasan mengenai jawaban yang sudah kalian tulis di Questions Hub semoga bisa membantu menjawab kebingungan kalian, kesimpulannya adalah KIP bisa digunakan untuk masuk PTS. demikianlah informasi yang kami berikan semoga bermanfaat, kami doakan adik-adik pemegang KIP bisa kuliah dibiayai pemerintah tahun ini amin.

0 Response to "Apakah Kartu KIP Bisa digunakan Untuk Masuk PTS ?"

Posting Komentar