14 Form Pendaftaran Online SNBP TA 2024/2025


14 Form Pendaftaran Online SNBP 2024/2025  - Hai Teman-teman kelas 12 tanpa terasa kalian sudah dipenghujung sekolah dimana status pelajar anda akan berganti menjadi status mahasiswa, moment-moment seperti inilah yang akan banyak memberikan dampak positif dalam hidup anda, mulai merasakan arti dari kerja keras, kegagalan dan dianggap orang sekitar anda sudah mulai dewasa.

Moment Kelulusan sekolah seringkali berdampingan dengan proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri secara nasional atau lebih dikenal dengan istilah SNBP, setiap tahun ratusan ribu orang bersaing memperebutkan kuota yang ada di PTN seluruh Indonesia, sistem semakin hari semakin ketat, seperti contoh tahun ini meski tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya tahun ini sisetem seleksi lebih ketat.




Sistem pendaftaran SNBP tidak lagi seperti itu, setiap siswa bisa mendapatkan rekomendasi sekolah, tapi belum tentu siswa tersebut bisa mendaftar karena harus melalui pemeringkatan yang diatur oleh https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ artinya tidak semua siswa lulus verifikasi karena ada batas standar yang harus dilewati.

Lantas apa yang terjadi bagi mereka yang tidak lulus ? mereka yang tidak lulus pada saat login ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ tidak akan bisa mendaftar dan masuk, bisa dibilang tidak terpilih dan harus ikut jalur lain, dengan kata lain meski yang direkomendasikan oleh sekolah adalah siswa terbaik yang ada di sekolah tersebut belum tentu menjamin bisa lulus dan mendaftar.

Sementara siswa yang dinyatakan lulus bisa melakukan vefirikasi pendaftaran dan mulai mengisi form pendaftaran di https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/. Dibalik itu juga ada keuntungannya seperti setiap siswa memiliki kesempatan yang sama dapat direkomendasikan untuk ikut. Biasanya pihak sekolah akan mengisi semua data siswa yang ada hanya saja tidak semua siswa bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran.

Untuk siswa yang sekolahnya bagus mungkin akan memiliki peluang lulus lebih banyak karena biasanya standar sekolah yang lebih bagus akan lebih tinggi menghasilkan nilai selama sekolah yang lebih baik dari pada sekolah biasa, namun hal itu kembali lagi kepada siswa masing-masing biasanya yang memenuhi syarat untuk bisa mendaftar adalah nilai dari kelas 10 sampai kelas 12 naik terus tidak boleh naik turun.

Polanya seperti menanjak, terlepas dari semua itu kita memang sudah melewatinya saat ini tiba saatnya kita melakukan pendaftaran, bagi yang sudah bisa login dan belum tau cara mendaftar berikut kami berikan Update Cara Pendaftaran & Cek Pengumuman seperti berikut ini :


1. Login

Jika kalian salah satu peserta tahun ini artinya kalian membutuhkan informasi mengingat pendaftaran sudah mulai dibuka, bagi yang sudah mendapatkan username dan password silahkan melakukan login  ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ lakukan login siswa. Setelah berhasil masuk anda akan diminta mengganti password pastikan kalian memilih password baru yang mudah diingat.


2. Notif Tidak Bisa Mengikuti.

Apabila pada saat login ternyata terdapat notif merah yang bertuliskan anda tidak dapat mengikuti silahkan mengikuti SBMPTN artinya anda tidak memenuhi syarat bisa dibilang anda tidak bisa melanjutkan pendaftaran, namun jangan berkecil hati masih banyak jalur PTN lainnya yang bisa diikuti.


3. Menyetujui Pernyataan

Pada saat kalian sudah berhasil masuk tertera beberapa pernyataan yang harus dibaca terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran, apabila sudah membaca anda harus menyutujuinya. agar bisa melanjutkan proses pendaftaran.


4. Melakukan Pendaftaran.

Jika kalian ingin mendaftar silahkan memilih menu "Pendaftaran" tahap selanjutnya klik "Formulir Pendaftaran" Jika kalian sudah mengklik pendaftaran didalamnya terdapat 4 bagian yang harus diisi seperti, PTN Pilihan 1, PTN Pilihan 2, Unggah Foto, Formulir Pendaftaran. Jika sudah isi mulai dari awal.


5. Memilih PTN dan Program Studi

Sebelum memilih PTN dan Prodi, kalian harus mengetahui ketentuannya terlebih dahulu diman setiap siswa yang mendaftar hanya berhak memilih maksimal 2 PTN dan 2 Program Studi. Satu lagi yang mendaftar melalui jalur beasiswa mereka tidak bisa memilih kampus UIN hanya bisa memilih PTN saja karena beasiswa beasiswa diperuntukan untuk PTN, jika sudah paham klik "Selanjutnya"


6. Mengungah Foto

Meski hanya menggungha foto kalian harus memastikan foto yang kalian masukan nantinya harus resmi kalian bisa membaca mulai dari ketentuan foto yang ada sampai ukuran yang diizinkan, perlu diingat bahwa mengungah foto ini bukan seperti menggungah foto di Instagram ya. Ada ketentuan yang harus dipenuhi. silahkan di baca "Format Foto". Apabila di butuhkan untuk di corp silahkan saja jika sudah selesai klik "Selanjutnya"


7. Mengisi Form Pendaftaran.

Sebelum mengisi form pendaftaran silahkan terlebih dahulu dipersiapkan dokumen identitas anda agar tidak salah nantinya Form Pendaftaran terdiri dari "Data Siswa", "Biaya Pendidikan di Sekolah" "Data Orang Tua/Wali" "Keterangan Keturunan" terakhir "Kompirmasi Siswa Atas Data Yang diberikan".  Disetiap data ada keterangan (*)  artinya kalian harus mengisi data tersebut dengan benar. Jika sudah yakin klik "Selesai & Simpan".


8. Mengisi Prestasi

Sudah pasti setiap siswa pernah memiliki prestasi baik tingkat sekolah sampai tingkat nasional untuk mengisi data prestasi silahkan isi pada bagian atas di menu Pilih  "Prestasi" Isi Tambahkan prestasi dari mulai "Jenis Prestasi" "Tingkat Prestasi" sampai "Bukti Prestasi" berupa dokumen seperti scan sertifikat dan lainnya, anda bisa menggungah maksimal 3 sertifikat/piagam. Kalau sudah selesai klik "Simpan".
 
9. Mengisi Portopolio

Bagi kalian yang memilih jurusan Seni dan Olahraga anda harus melengkapi dan mengisi Portopolio caranya cukup dengan memilih menu "Portopolio" pada bagian atas kemudian upload, biasanya juga harus dilengkapi dengan video dengan matas maksimal ukuran 10-15 Mb tidak boleh lebih, disarankan untuk mengunggah portopolio tidak boleh diujung penutupan pendaftaran karena bisa jadi tidak bisa lagi di unggah, silahkan isi "Jenis Rekaman Video" Keterangan Rekaman Video" "Unggah Rekaman Video". Apabila sudah selesai klik "Simpan".


10. Isi Format Video Portopolio

Sedikit tambahan keterangan akan seperti apa isi dari rekeman portopolio yang harus diunggah karena setiap jurusan berbedabeda berikut informasi sesuai dengan jurusan yang dipilih. Bagi yang memilih jurusan diluar dari ketentuan tersebut tidak perlu bingung karena kalian tidak wajib upload portopolio hanya beberapa jurusan yang tertera saja yang wajib mengisi portopolio sisanya enggak.


11. Verifikasi Peserta Beasiswa

Bagi peserta beasiswa jangan lupa untuk melakukan verifikasi ya caranya cukup mudah pilih menu klik "Bidikmisi" selanjutnya akan tampil verifikasi beasiswa kip kuliah anda tinggal menekan "Verifikasi" sedikit catatan bahwa peserta beasiswa tidak boleh memilih UIN/IAIN. Hanya bisa memilih PTN saja. Sementara untuk peserta jalur reguler tidak perlu diisi.


12. Finaliasasi Pendaftaran

Setelah semua proses pendaftaran selesai, anda harus cek terlebih dahulu apakah semua data yang diisi sudah benar, karena apabila sudah dilakukan finaliasi semua data yang diisi tidak bisa dirubah, untuk finalisasi pendaftaran anda harus klik "Finalisasi Pendaftaran" pada bagian atas foto anda. Jangan lupa ceklist semuanya dan klik "Finalisasi Pendaftaran" kemudian akan mucul kompirmasi klik sekali lagi "Finalisasi Pendaftaran". Proses pendaftaran sudah selesai.


13. Cetak Kartu Peserta.

Untuk mencetak kartu peserta kalian harus melihat kapan jadwal cetak kartu dilakukan, biasanya apabila anda sudah mendapatkan nomor UN bisa dicetak, tinggal tunggu jadwalnya saja, untuk melakukan pencetakan kartu anda login ke portal.ltmpt.ac.id kemudian undah kartu apabila sudah tersedia. Proses selesai tinggal menuggu proses seleksi.


14. Cek Pengumuman.

Sistem seleksi SNBP setiap tahun mengalami perbaikan sama seperti tahun sebelumnya sistem pemeringkatan yang diatur oleh https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ akan dilaksanakan nah jika hasil sudah keluar para peserta dapat cek pengumuman melalui situs https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/ apabila ada notif merah artinya anda tidak lulus jika lulus maka data diri anda akan tampil dengan keterangan lulus.