Cara Pendaftaran Online UMSU 2018/2019

Penmaru.umsu.ac.id - Informasi Lengkap Cara Pendaftaran Online (UMSU) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 2018/2019, Medan Beragam perguruan tinggi berdiri dan tersebar di daerah-daerah Indonesia. Setiap perguruan tinggi memiliki kelebihan dan keunggulan, dari segi jenisnya pun berbeda. Mulai dari perguruan tinggi nasional, sampai perguruan tinggi swasta yang juga dibagi menjadi beberapa macam. 

Seperti perguruan tinggi yang berdiri di Sumatera Utara. Dari sekian banyak perguruan tinggi swasta, pendaftaran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan merupakan informasi yang banyak dicari, khususnya bagi mereka yang berencana melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi. Universitas Muhammadiyah memang tidak hanya berdiri di Medan atau Sumatera Utara saja, perguruantinggi yang dinaungi oleh Yayasan Muhammadiyah ini juga berdiri di daerah lainnya di Indonesia.

Cara Pendaftaran Online UMSU


Memiliki nama perguruan tinggi swasta yang cukup populer dengan menomersatukan pendidikan berbasis nilai Islami, peminat Universitas Muhammadiyah tidak sedikit. Kalau Anda salah satunya, berikut informasi lengkap seputar perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Medan dan informasi tentang pendaftaran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan terbaru.


Profil Singkat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan

Sejarah singkat berdirinya Universitas Muhammadiya Sumatera Utara adalah beralaskan gerakan yang dibuat oleh Persyarikatan Muhammadiyah di Indonesia, khususnya di daerah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau biasa juga disebut dengan UMSU pertama kali diresmikan pada 27 Februari 1957. 

Pada dasarnya perguruan tinggi ini awalnya berupa ide dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Karena dinaungi oleh persyarikatan besar, UMSU berkembang cukup pesat seiring waktu. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara memiliki visi dan misi yaitu mengembangkan teknologi, ilmu pengetahuan, serta sumber daya manusia yang berdasarkan Al-Islam juga Kemuhammadiyahan.

Disertai penyelenggaraan pendidikan yang juga berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.Program studi di perguruan tinggi satu ini dibagi menjadi dua ketgori yaitu Program Sarjana dan Program Pascasarjana. Keduanya memiliki ragam fakultas dengan aneka macam pilihan jurusan yang bisa Anda pilih dan menjadi referensi untuk mengikuti pendaftaran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medantahun ini.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan Fakutas yang ditawarkan ada delapan fakultas dengan masing-maisng pilihan jurusan terdiri dari:

1. Fakultas Agama Islam
  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  • Perbankan Syariah
  • Bisnis Manajemen Syariah

2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Akuntansi
  • Bimbingan dan Konseling

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Ilmu Administrasi Negara
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Kesejahteraan Sosial

4. Fakultas Pertanian
  • Agroteknologi
  • Agribisnis
  • Teknologi Hasil Pertanian

5. Fakultas Ekonomi
  • Studi Manajemen
  • Studi Akuntansi
  • Studi Ekonomi Pembangunan
  • Studi Manajemen Perpajakan

6. Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum

7. Fakultas Teknik
  • Teknik Mesin
  • Teknik Sipil
  • Teknik Elektro

8. Fakultas Kedokteran
  • Ilmu Kedokteran

Setiap jurusan memiliki nilai akreditasi berbeda dan sebagia merupakan jurusan unggulan. Informasi lebih mendalam mengenai jurusan pada setiap fakultas, kunjungi situs resmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendaftaran dan Penerimaan Mahasiswa Baru Univeritas Muhammadiyah Medan

Pada pendaftaran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medanbiasanya dibuka mulai dari bulan Maret sampai September untuk jurusan non-kedokteran dengan jenis ujian computer based test setiap tahunnya. Sementara untuk paper based test, biasanya dibuka mulai bulan Juli hingga bulan Oktober setiap tahunnya. Pendaftaran program jurusan kedokteran dibuka mulai mulai Agustus hingga bulan September setiap tahunnya. Lalu, untuk pendaftaran program pascasarjana, dibuka mulai bulan Desember hingga bulan Januari setiap tahunnya.


Berikut persyaratan pendaftaran calon mahasiswa baru UMSU:
  1. Melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi di http://penmaru.umsu.ac.id/. Isi seluruh formulir data pribadi untuk mendapatkan akun pendaftaran resmi, password, dan informasi biaya pendaftaran.
  2. Membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran terbaru ialah Rp 400.000,- untuk program sarjanan non-kedokteran, Rp 1.500.000,- untuk program sarjana kedokteran, serta Rp 1.000.000,- untuk program pascasarjana.
  3. Melengkapi data dan kebutuhan pendaftaran calon mahasiswa lainnya.
  4. Mencetk kartu uijian khusus.
  5. Mengikuti tes kesehatan yang dilakukan di Poliklinik UMSU sebelum mengikuti ujian.
  6. Mengikuti sejumlah ujian tertulis, mau pun computer based.


Ujian dengan berbasis komputer atau computer based test dalam pendaftaran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medanberupa ujian one day service yang proses ujian dan pengumuman hasil ujiannya dilakukan dalam satu hari saja. Setiap calon mahasiswa mampu mengikuti maksimal tiga kali ujian berbasis komputer. Jenis ujian ini memiliki kuota tertentu.


Biaya Kuliah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan

Biaya pendidikan setiap program dan jurusan berbeda, pada jurusan kedokteran, biaya pendidikan berkisar Rp 300.000.000,- per-tahun. Pada program sarjana jurusan non-kedoteran biaya pendidikannya mulai dari Rp 7.000.000,- hingga Rp 12.000.000,- per-tahun.


Fasilitas, Layanan, dan Jadwal Kuliah

Fasilitas dan layanan yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tergolong sangat lengkap. Jadwal kuliahnya dibagi menjadi dua macam yaitu kelas pagi dan kelas sore. Pastikan Anda melakukan pendaftaran di waktu yang tepat, serta memenuhi persyaratan seperti mengisi formulir dan data kelengkapan sebagai calon mahasiswa baru secara benar juga sesuai. 

Perhatikan juga poin wajib yang harus dilakukan seperti melakukan pembayaran biaya pendaftaran. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medanbeserta informasi tentang kampus, kegiatan mahasiswa, dan lain sebagainya bisa Anda lihat di situs resminya yaitu http://www.umsu.ac.id/

Atau datang langsung ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berlokasi di Jalan Kapt. Mukhtar Basri No. 3, Medan, Sumatera Utara. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat selamat mencoba dan semoga berhasil.