8 Cara Belajar Anak Sesuai Jenis Kecerdasan Dominan 2024/2025


8 Cara Belajar Anak Sesuai Jenis Kecerdasan Dominan 2024/2025 - Kecerdasan Pernahkah kita merasa bahwa kalau kita belajar lebih cepet ngerti kalau mendengarkan, atau pas mau menjelang tes atau ujian mendengarkan teman yang membaca keras lebih cepet inget dibandingkan dengan membaca buku sendiri, mungkin yang lainnya kalau mau ujian atau tes harus membaca dengan keras biar cepet inget, nah gaya belajar seperti yang dimaksud bisa menjadi salah satu usaha yang saling menguntungkan dalam belajar mereka yang memiliki gaya belajar mendengarkan akan dapat berlajar bersama dengan orang membaca harus keras.

Tahukah anda bahwa setiap manusia di muka bumi ini sejak lahir diberikan kecerdasan masing-masing terdapat 9 kecerdasan yaitu, visual, naturalis, musical, kecerdasan logika matematika, kecerdasan eksistensial, kecerdasan interpersonal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan lingustik, kecerdasan intrapersoanl, mungkin masih banyak yang belum tau semua jenis kecerdasan ini, tapi tenang kita akan bahas satu-satu sabar dan baca sampai akhir biar ngak salah paham ya.



Jika anda salah satu orang yang selalu dapet nilai matematika yang kecil jangan sedih bisa jadi anda bukan salah satu orang yang memiliki kecerdasan matematika, tetapi kenyataan banyak orang yang memaksa untuk belajar dengan pola yang sama dengan orang yang rangking satu umum di sekolah dengan alasan ia menjadi sangat pintar jika menggunakan gaya belajar tersebut.

Akhirnya kita yang tidak dasar meniru gaya belajar seseorang, dan hal itu bukan membuat peringkat kita melesat taham di sekolah tetapi naiknya cuma beberapa saja, seringkali juga orang tua kita atau orang terdekat terus memberikan arahan kepada kita untuk mengikuti cara belajar mereka, tahukah anda bahwa semua itu salah.

Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda tentu kita tidak bisa memaksakan gaya belajar orang lain dan menerapkanya ke kita, malah yang terjadi kita stress sendiri, yang perlu kita sadari adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa kita, saat belajar mana yang lebih dominan dari 9 kecerdasan, seperti contoh apabila kita tipe musical lebih kepada hal berbau musik, jadi bisa dikombinasikan belajar sambil mendengarkan musik.

Lain lagi jika kinestekik mereka biasanya ingin sambil bergrak untuk belajar supaya cepat ingat sesuai denagn kecerdasan atau menghafal sesuatu dengan suara yang lebih keras. Yang paling tau diri kita adalah kita sendiri jadi kita harus betul-betul memahami seperti apa kita dan menentukan gaya belajar seperti apa yang cocok.

Fakta yang lain adalah manusia tidak dilahirkan hanya dengan satu kecerdasan tetapi beraneka ragam kecerdasan, tetapi biasanya hanya ada beberapa yang mendominasi dan 1 kecerdasan yang paling menonjol, jadi dari sekarang kalau kalian kesulitan dalam belajar dari mata pelajar tertentu jangan sedih bukan berarti kalian itu bodoh tetapi mungkin belum saja menemukan cara belajar yang cocok.

Seperti contoh dari pengalaman pribadi admin sendiri saat sekolah dan kuliah dulu, saya merupakan salah satu orang dengan peringkat paling terakhir dikelas karena setiap pelajaran kecil, saat SMA memutuskan untuk mengabil jurusan IPA hal hasil menjadi paling bodoh dikelas, tetapi hal itu tidak membuat saya kecil hati, saya sadar betul bahwa setiap manusia tidak dilahrikan untuk mahir dari semua bidang.

Sehabis lulus SMA saya memutuskan untuk mengabil kuliah bidang Penjaskes karena saya mengetahui saya merupakan orang yang aktiv dan tidak mau diam, mungkin saja saya memiliki kecerdasan kinestetik, ternyata saat kuliah 8 semeter memang benar saya tidak pernah berada di bawah selalu masuk dalam 5 besar bahkan sampai lulus menjadi peringkat lulusan terbaik dari kampus saya dan memiliki berbagai prestasi tingkat nasional.

Citra anak paling bodoh disekolah menjadi seketika berubah di kampus dan disebut sebagai salah satu anak jenius, hal itu menunjukan bahwa kita kita terlahir berbeda begitu juga kecerdasan kita, yang paling penting adalah sebagai siswa kita harus memahami mana yang paling cocok untuk kita dalam belajar, kalian juga seperti itu kemungkinan masih bingung kecerdasan yang dimiliki.

Mengetahui kecerdasan tidak perlu tes kecerdasan karena dengan memahami nilai apa yang paling besar di rapot kita dari mulai SD sampai SMA sudah bisa dan seperti apa diri kita, dan apa yang paling kita sukai dengan kita kuasai itu bisa menjadi indikator seperti apa kecerdasan yang kita miliki. Mungkin waktu admin sekolah dulu masih jadul semua serba manual, seperti yang disebutkan diatas.

Karena admin tipe orang yang malas membaca buku, jadi sering gabung dengan anak-anak yang kalau belajar harus dengan membaca kuat, dengan mendengar admin bisa lebih cepet inget, tetapi sekarang tidak seperti itu, apapun kecerdasan yang kalian miliki dapat di fasilitasi dengan berbagai kecanggihan internet, kita akan bahas satu-satu bagaimana cara unik belajar menggunakan bantuan teknologi.

Smartphone mungkin sudah biasa, tetapi fleksibilitasnya kadang masih terhambat dengan berbagai hal, tahukah anda ada berbagai fasilitas lain yang bisa digunakan untuk belajar seperti Smart Wacth bahkan dengan harga 150 rb saja sekarang bisa dapat jam tangan pintar ini. Bagi kalian yang memiliki Jam tangan pintar baik Andorid atau IOS akan lebih fleksibel jika digunakan belajar.

Bagaiman cara belajar unik menggunakan Jam Tangan Pintar (Smart Wacth) berikut kami akan merangkunya sesuai dengan kecerdasan yang kalian miliki untuk lebih jelas berikut informasinya yang akan terangkung seperti dibawah ini untuk lebih jelas seperti berikut ini :


Kecerdasan Visual dan Spasial

Untuk teman-teman yang memiliki kecerdasan ini menurut para ahli di dunia tipe orang yang memiliki kecerdasan ini adalah berkaitand dengan kemampuan memperhatikan atau melihat secara akurat tentang apa yang mereka amati, gaya belajar yang cocok bagi kalian yang lebih cepat paham pelajaran dengan melihat yang cocok seperti memanfaatkan fasilitas seperti Video yang bisa diakses menggunakan smartphone atau smart wacth yang kalian miliki. 

Caranya kalian cukup membuka google dan mencari materi yang ingin dipelajaran, saat mengakse kan kalian akan mendapatkan banyak hasil pencarian pada panel ada Google Video kalian bisa belajar dari sana dengan memanfaatkan teknologi jadi harus lebih banyak belajar dengan melihat ya tapi tidak boleh mengabaikan lainnya juga karena semua penting.


Kecerdasan Naturalis

Bagi teman-teman yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki kemampuan yang lebih baik memahami lingkungan sekitar dibandingkan dengan orang lain, seperti contoh jika terdapat kasus tertentu yang ada dilingkungan akan dapat diselesaikan dengan baik oleh mereka yang memiliki kecerdasan naturalis, mereka cenderung lebih ke alam, kalau kalian menemukan diri kalian lebih suka mendaki gunung ketimbang main games dirumah bisa jadi anda meliki kecerdasan naturalis.

Tapi ngak selalu naik gunung ya, menyukai alam dan belajar dari alam lebih cepat mengerti, nah kalau dikaitkan dengan gaya belajar kalian bisa memanfaatkan berbagai kondisi yang terjadi seperti contoh jika kalian mendapatkan perkerjaan rumah matematika kalian bisa mengkaitkan dengan lingkungan sekitar jika tidak paham menghitung persegi empat kalian cukup melihat lapangan yang berukuran sama dan diperumakana seperti segi empat kalian bisa menemukan jawaban dari perkerjaan tersebut.

Atau kalian dapat mengkaitkan semua pelajaran dengan kejadian yang sedang viral itu akan membuat anda lebih cepat mengerti dari pada belajar teori, prakteknya adalah dengan lingkunga, kalian juga bisa memanfaatkan teknologi smartphone atau smart wacth untuk mencari berbagai kondisi lingungan dan mengkaitkan dengan pembelajaran disekolah.


Kecerdasan Logika Matematika

Jika kalian memiliki kecerdasan dimana belajar angka-angka akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar kata-kata berarti anda salah satu memiliki kecerdasan dominan logika matematika, ada cara belajar yang untuk bisa anda lakukan seperti membiasakan melakukan riset membuat semua kata-kata menjadi angka, seperti contoh A bagi anda adalah angka 1 dan begikut seterusnya, jika ada tulisan aku berarti 1,11,22 satu diibartkan A angka 11 diibartkan K dan 22 adalah U berarti saat melihat aku seolah 1,11,22 begitu seterusnya tergantung anda sendiri maka belajar kata-kata akan menjadi menyenangkan.

Kalian dapat memanfaatkan smartphone dan jam tangan pintar anda menulis kata-kata tersebut dan menggunakan google translet voic sebagai asisten anda untuk belajar sudah pasti akan menyenangkan meski pelajaran tersebut tidak kita sukai. Kalian juga bisa download games matematika menggunakan teknologi mobile kalian.


Kecerdasan Eksistensial

Salah satu kecerdasan dimana seseorang mampu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi meski itu dihadapi orang lain, biasanya mereka yang memiliki kecerdasan ini akan mampu dengan baik memahami lingkungan keadaan sekitar dan lebih peka terhadap apa yang terjadi. Mereka yang bisa memiliki kecerdasan ini akan lebih cepat mengerti jika menggunakan gaya belajar diskusi, kalian bisa memanfaatkan jam tangan pintar kalian atau ponsel untuk membuat group diskusi membahas mengenai materi yang ada disekolah seperti WA dan lainnya.


Kecerdasan Interpersonal

Kalian adalah orang yang lebih suka bergaul dengan lingkungan dibandingkan berdiam diri dikamar, bahkan disekolah kalian lebih banyak memiliki teman tidak hanya teman satu geng saja berarti kalian memiliki kecerdasan sosial dimana ngumpul bareng dan ketemu banyak orang menjadi hal yang sangat menyenangkan, gaya belajar kecerdasan ini salah satunya adalah bisa memafaatkan fasilitas video konfenes dengan teman meski lagi dirumah tetap bisa berkomunikasi, apliasi Live Video bisa digunakan, instal di ponsel atau jam tangan pintar kalian ya, manfaatkan instagram live untuk belajar bersama teman atau apliakasi lainnya.


Kecerdasan Kinestetik

Admin sudah membas sedikit diatas kalau kalian memiliki kecerdasan ini berarti sama dengan admin, gaya belajar yang bisa digunakan dan memanfaatkan smartphone atau jam tangan pintar adalah menggunakan word atau note pen kalian untuk membuat rangkuman dan diketik di ponsel, dipastikan kalian akan mengingat walau hanya satu kali mengetik tanpa membaca, jadi jangan cuma main games aja di ponse atau jam tangan pintar kalian manfaatkan untuk belajar ya.


Kecerdasan Linguistik

Kalau ada teman yang hobinya ngomel atau kami lebih suka berbicara dibandingkan diem aja bisa jadi anda memiliki kecerdasan ini, salah satu yang bisa dilakukan bagi siapa saja yang memiliki kecerdasan ini adalah memanfaatkan smarphone dan jam tangan pintar untuk merekam suara atau memvideokan apa yang anda baca kemudian menyimpannya sewaktu-waktu dibutuhkan ditinggal diputar saja di ponsel atau smart wacth anda.


Kecerdasan Intrapersonal

Setiap manusia tentu memiliki perbedaan dominan dari kecerdasan jika kalian salah satunya memiliki kecerdasan intrapersonal mungkin akan cocok jika belajar ditempat yang tenang sendirian dan tidak banyak gangguan ketenangan menjadi fokus anda dalam belajar. Gunakan smartphone anda untuk belajar ataupun jam tangan pintar anda jangan cuma buka medosos aja ya manfaatkan untuk kepentingan belajar supaya prestasi kita meningkat.


Bagaimana apakah kalian sudah memiliki bayangan seperti apa gaya belajar anda, pada dasarnya manusia memiliki multi kecerdasan namun yang dominan biasanya hanya satu, kenali diri anda dan kebiasaan anda jadikan belajar dengan nyaman tanpa meniru gaya belajar orang lain, yang terpenting adalah agar kita selalu bisa menyadari dimana titik kelemahan kita dan dimana kelebihan kita.

Manfaatkan kelebihan untuk menutupi kekurangan pada akhirnya kita akan mendapatkan hasil yang maksimal, pembelajaran disekolah memang banyak namun tidak semua pembelajaran yang kaku cocok bagi anda maka dari itu tidak cukup hanya belajar mengikuti disekolah tetapi dirumah juga tetap harus belajar, demikianlah semoga bisa memberikan manfaat sampai jumpa dilain kesempatan.